Skip to main content

2016, Lahan Kereta Api 11 KM Dibebaskan

Ilustrasi.

Rencana pembangunan rel kereta api di Kota Parepare sepanjang 11 kilometer (Km) dari perbatasan Kabupaten Barru (Lumpue) hingga perbatasan Kabupaten Pinrang terus berjalan. Tahun 2016, sebanyak 200 bidang lahan yang akan dilalui rel kereta api dibebaskan.
Kepala Bagian Pemerintahan Pemkot Parepare Hj Andi Nurhatinah yang dihubungi di ruang kerjanya, Rabu, 30 Desember, mengatakan, persiapan pembebasan lahan kereta api di Kota Parepare sepanjang 11 km dan lebar 50 meter sudah dilakukan sosialisasi kepada pemilik lahan. 
Dikatakan Andi Nurhatinah,  lahan  yang akan dilalui rel kereta telah dilakukan pengukuran dan pemasangan patok di lokasi. Menurut data, sekitar 200 bidang tanah terkena proyek lahan kereta api di antaranya ada lahan milik pemerintah seperti bangunan SMA Negeri 3 Parepare di Soreang.
"Sebelum dilakukan pembebasan, pihak kami minta dilakukan pencarian lokasi yang baru, agar nantinya lokasi SMA Negeri 3 Parepare bisa terhindar dari jalur kereta api," katanya.
Menurutnya, pembayaran lahan kereta api menggunakan anggaran dari pemerintah  pusat melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). "Jumlah anggaran yang disiapkan sampai sekarang kami tidak tahu. Kami  hanya mempersiapkan datanya, pembayaran ganti rugi dilakukan tahun 2016 mendatang oleh pemerintah pusat," katanya.
Kepala Bappeda Kota Parepare Ir H Zahrial Djafar MM yang dihubungi terpisah mengatakan, lahan kereta api di Kota Parepare sudah dilakukan pengukuran dan pemasangan patok sepanjang   11 kilometer. 
"Pembebasan dan pembayaran lahannya dilakukan tahun 2016 mendatang menggunakan anggaran APBN. Pemkot Parepare hanya  memfasilitasi saja," katanya. 
Sementara itu, pembangunan rel kereta api Trans Sulawesi di Kabupaten Barru, memasuki tahap kedua, setelah pembangunan tahap I sekitar 30 kilometer hampir rampung. Progresnya saat ini masih terus berjalan, seperti terlihat di Kelurahan Mangempang dan beberapa titik lainnya. 
Sebelumnya, Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang mengatakan, progres pembebasan lahan pembangunan kereta api Trans Sulawesi sudah hampir rampung. Penanganannya  dilakukan langsung tim appraisal  yang sebelumnya dibentuk Pemerintah Provinsi Sulsel.
Sejumlah daerah yang sudah diselesaikan proses pembebasan lahannya terletak di Kabupaten Pangkep hingga Barru. Pembebasan lahan di Kabupaten Maros sedang diupayakan segera rampung, mengingat kenaikan harga tanah di daerah tersebut cukup signifikan. Anggaran pembangunan kereta api Trans Sulawesi diperkirakan mencapai Rp 60 triliun.
Di Kabupaten Barru, pemerintah harus membebaskan  lahan  sepanjang 40 kilometer untuk pembangunan rel kereta api tahap kedua. Pembebasan lahan tahap pertama sepanjang 30 KM
Kereta Shinkansen
Masyarakat di Sulawesi Selatan patut berbangga karena moda transportasi darat kereta api akan segera direalisasikan. Tahap pertama pembangunannya baru melintasi rute Makassar ke Parepare disebut-sebut sebagai kereta api tercepat pertama di Indonesia. 
Jika benar, kereta cepat adalah seperti jenis kereta cepat di Jepang yang bernama "Shinkansen". Selain di Sulsel, kereta ini rencananya juga akan digunakan di rute Jakarta-Bandung.
Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) saat ini tengah merampungkan penyelesaian pembangunan rel kereta api di Sulawesi Selatan. Rel kereta yang tengah dibangun  memiliki lebar 1,435 meter yang mampu dilewati dengan kecepatan 200 km per jam.
Sampai saat ini,  sudah dibangun dengan progres mencapai 80 persen. Diharapkan untuk tahap pertama akan kelar pada 2016. Dengan begitu pengoperasian kereta cepat ini bisa menjadi yang pertama dibangun, sebelum kereta cepat Jakarta-Bandung rampung dibangun. 

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo