Skip to main content

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya).

"Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP.



RINCIAN MINGGU EFEKTIF
                                                Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian
                                                Satuan Pendidikan : SMP
                                                Kelas/Semester       : IX/II
                                                Tahun Pelajaran    : 2011/2012 


1.      Jumlah Minggu Efektif
No
Bulan
Banyaknya Minggu
1
Januari
4
2
Februari
4
3
Maret
4
4
April
4
5
Mei
4
6
Juni
4
Jumlah
24

2.      Jumlah Minggu Tidak Efektif
No
Uraian
Banyak Minggu
1
Uji Kompetensi I dan IV
1
2
Uji Kompetensi III
1
3
Uji Kompetensi IV
1
4
Penerimaan Rapor
1
Jumlah
4

Banyak minggu efektif :
24 minggu – 4 minggu = 20 minggu



PROGRAM TAHUNAN
                                          Mata Pelajaran             : Muatan Lokal Pertanian
                                          Satuan Pendidikan       : SMP
                                          Kelas/Semester             : IX/II
                                          Tahun Pelajaran          : 2011/2012

SMT
No.
Materi Pokok/Kompetensi
Banyaknya Minggu
1
1
Menyiapkan lahan / pembersihan
2 x 40’
2
Menggemburkan tanah
2 x 40’
3
Membedeng tanah
2 x 40’
4
Menanam Palawija
2 x 40’
5
Mendangir
2 x 40’
6
Menyiang
2 x 40’
7
Memupuk
2 x 40’
8
Membumbum
2 x 40’
9
Mengendalikan HPT
2 x 40’
Jumlah
22 x 40’

SMT
No.
Materi Pokok/Kompetensi
Banyaknya Minggu
2
10
Menyiapkan lahan / pembersihan
2 x 40’
11
Menggemburkan tanah
2 x 40’
12
Membedeng tanah
2 x 40’
13
Menanam Palawija
4 x 40’
14
Mendangir
4 x 40’
15
Menyiang
1 x 40’
16
Memupuk
2 x 40’
Jumlah
17 x 40’





STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR



Mulok                     : Pertanian                 Sekolah                         :   
Kelas                      : VII                          Semester                       : Ganjil


No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.



2.




3.





4.
Merencanakan dan membuat tempat pembibitan



Menyeiapkan media semai




Mencampur dan memasukkan media semai





Membiakan/memperbanyak tanaman secara vegetatif tanpa perbaikan sifat
1.1  Merencanakan pembibitan
1.2  Menyiapkan lahan pertanian
1.3  Membuat bagunan pembibitan

2.1 Menyiapkan media tanah
2.2 Menyeiapkan media pasir
2.3 Menyiapkan media pupuk alami
2.4 Menyiapkan media sekam

3.1 Mencampur media semai
3.2 Memasukkan media semai dan  
      menata polybag/pot di dalam 
      pembibitan


4.1 Mencangkok
4.2 Menyetek
4.3 Merunduk
4.4 Menyapih/menyeplit

















STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR



Mulok                     : Pertanian                 Sekolah                         :   
Kelas                      : VII                          Semester                       : Genap


No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.







2.






3.




Membiakan tanaman secara generatif







Memelihara bibit asal biji






Membiakan/memperbanyak tanaman secara vegetatif dengan perbaikan sifat
1.1  Menyipkan tempat penyemaian
1.2  Menyemai benih bunga/tanam-
       an hias
1.3  Menyemai benih buah-buahan
1.4  Menyemai benih tanaman perkebuanan


2.1 Menyiram bibit
2.2 Seleksi bibit
2.3 Memupuk bibit
2.4 Mengendalikan hama
2.5 Menyiang gulma di sekitar bibit


3.1 Mengokulasi
3.2 Menyambung (Grafting)
3.3 Menyusukan tanaman


















STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR



Mulok                     : Pertanian                 Sekolah                         :   
Kelas                      : VIII                         Semester                       : Genap


No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.




2.






3.





Membudidayakan Tanaman Sayur Daun




Membudidayakan Tanaman Tanaman Sayur Buah





Membudidayakan Tanaman Sayuran akar dan batang





1.1 Membudidayakan bayam
1.2 Membudidayakan Sayur Sawi
1.4  Membudidayakan Tanaman Kangkung

2.1 Membudidayakn Terong
2.2 Membudidayakan kacang
      Panjang
2.3 Membudidayakan Timun
2.4 Membudidayakan Waluh
2.5 Membudidayakan Cabe

3.1 Membudidayakan Talas
3.2 Membudidayakan Tanaman
      Saledri





















STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR



Mulok                     : Pertanian                 Sekolah                         :   
Kelas                      : VIII                         Semester                       : Ganjil


No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.






2.






3.





Membudidayakan Tanaman Pepaya






Membudidayakan Tanaman Jeruk






Pengembangan Tumbuhan Pot





1.1 Pembibitan
1.2 Persiapan lahan
1.3 Pembuatan lubang tanaman
1.4 Penanaman
1.5  Pemeliharaan tanaman
1.6  Panen dan pasca panen

2.1 Pembibitan jeruk
2.2 Pembersihan lahan
2.3 Membuat lubang tanaman
2.4 Penanaman
2.5 Pemeliharaan
2.6 Panen dan pasca panen

3.1 Memasukkan media dalam pot
3.2 Menanam tanaman buah dalam 
      pot
3.3 Merawat Tumbuhan Pot


















STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR



Mulok                     : Pertanian                 Sekolah                         :   
Kelas                      : IX                            Semester                       : Genap


No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.









2.













3.





Membudidayakan Tanaman Semangka









Membudidayakan Tanaman Tomat dalam Polybag












Membudidayakan Tanaman Melon dalam Polybag




1.1 Membersihkan lahan
1.2 Membuat lubang tanaman
1.3 Memeberikan pupuk dasar
1.4 Menanam biji/bibit semangka
1.5  Merawat tanaman
1.6  Memanen

2.1 Mengumpulkan tanah lapisan atas
2.2 Mencampur tanah dengan pupuk
      kandang
2.3 Memasukkan campuran media ke dalam
      polybag
2.4 Menata polybag
2.5 Menanam bibit Tomat
2.6 Merawat tomat dalam Polybag
2.7 Memanen Tomat

3.1 Menggemburkan media dalam poly    
       bag
3.2 Menanam melon dalam polybag
3.3 Memberi ajir/turus pada tanaman
3.4 Merawat tanaman
3.5 Memanen


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Sekolah

Mata Pelajaran
Kelas
:
:
:

SMPN 5 Banjarbaru

Mulok Pertanian
VII

Standar Kompetensi                  : 1Merencanakan dan membuat tempat pembibitan
Kompetensi Dasar                      : 1.1 Merencanakan pembibitan
Indikator                                     : 1. Menyebutkan alat dan bahan untuk membuat      
                                                                   pembibitan.
                                                       2. Menyusun proposal sederhana mengenai pembibit
                                                            an
Alokasi Waktu                            : 2 x 40  Menit

A. Tujuan Pembelajaran           : 1 Siswa   dapat   menyebutkan   alat  dan   bahan  yang
                                                           dipakai untuk membuat pembibitan.
                                                           2. Siswa dapat menyusun proposal sederhana menge-
                                                            nai pembibitan.
                                                          
B. Materi Pembelajaran            : 1. Alat yang digunakan untuk membuat pembibitan.
                                                       2. Bahan yang dipakai untuk membuat pembibitan
                                                       3. Teknik penyusunan proposal.

C. Metote Pembelajaran            : 1. Diskusi
                                                       2. Tanya Jawab
                                                        3. Tugas Kelompok

D. Langkah-langkah Kegiatan Pelajaran

  1. Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan pembibitan.
  2. Guru menyebutkan poin-poin yang harus ada dalam proposal secara sederhana.
  3. Tanya jawab / diskusi  kelompok berkaitan dengan pembibitan dan pembuatan proposal.
  4. Siswa berdiskusi secara berkelompok / membuat proposal

E. Sumber Belajar

Dokumen dan Literatur yang mendukung 

F. Penilaian

  1. Hasil kerja (hasil unjuk kerja ) membuat proposal berupa laporan kelompok.
  2. Kuis / Tes
1.   Sebutkan beberapa alatyang dipakai untuk membuat tempat pembibitan !
2.   Sebutkan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat tempat pembibitan ?
3.       Tuliskan poin-poin di dalam pembuatan proposal secara sederhana !
Jawaban :
    1. Beberapa alat yang dipakai ialah : Gergaji, palu, parang dan linggus.
    2. Bahan yang digunakan  ialah : Kayu, atap (ilalang), paku dan bamboo.
    3. Poin penting dalam pembuatan proposal yaitu : I. Pendahuluan, (Latar Belakang dan Tujuan ), II. Teknik Pelaksanaan (Waktu, Keperluan Bahan, Tenaga Kerja, Harga Bahan, Strategi Pelaksanaan ) III. Penutup













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)




Sekolah

Mata Pelajaran
Kelas
:
:
:


Standar Kompetensi                  : 1Merencanakan dan membuat tempat pembibitan
Kompetensi Dasar                      : 1.2  Membersihkan  lahan  dan menggemburkan  tanah  
                                                               untuk pembibitan
Indikator                                     : 1. Lahan bebas dari gulma dan sisa-sisa kayu
                                                       2. Lahan  untuk  pembibitan   diharapkan gembur   dan 
                                                            rata
Alokasi Waktu                            : 4 x 40  Menit

A. Tujuan Pembelajaran           : 1         Siswa   dapat   membersihkan  lahan dari gulma dan   
                                                                   sisa-sisa kayu.                                      
                                                           2. Siswa dapat menggemburkan tanah untuk pembibit-
                                                            an.
                                                          
B. Materi Pembelajaran            : 1. Membersihkan  lahan  dan   menggemburkan   tanah
                                                            untuk pembibitan

C. Metote Pembelajaran            : 1. Penjelasan Singkat
                                                       2. Praktek di lapangan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pelajaran


  1. Guru memberikan penjelasan pentingnya pembersihan dan penggemburan lahan serta teknis pelaksanaanya.
  2. Siswa melaksanakan praktek pembersihan dan pengemburan lahan.
  3. Siswa membuat laporan mengenai pembersihan dan penggemburan lahan.

E. Sumber Belajar

Dokumen dan Literatur yang mendukung




F. Penilaian

1. Skil / Psikomotor
a.       Cara memegang dan menggunakan alat
b.       Hasil pembersihan dan penggemburan lahan
c.       Ukuran lahan yang dibersihkan dan digemburkan.
Kriteria : Lahan bebas rumput, sisa tanaman dan gembur, serta rata dengan ukuran 1,5 x 3 Meter
2. Tes Pengetahuan
1.       Mengapa lahan harus bebas dari rumput dan sisa-sisa kayu/tanaman ?
2.       Mengapa tanah perlu digemburkan dan  diratakan ?


                                                                                       




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)




Sekolah

Mata Pelajaran
Kelas
:
:
:




Standar Kompetensi                  : 1Merencanakan dan membuat tempat pembibitan
Kompetensi Dasar                      : 1.3  Membuat bangunan  pembibitan
Indikator                                     : 1. Bedengan diolah dengan ukuran 1,5 x 3 Meter
                                                       2. Bangunan  pembibitan  dibuat   menghadap   kearah
                                                            timur
Alokasi Waktu                            : 4 x 40  Menit

A. Tujuan Pembelajaran           : 1. Siswa dapat membuat bedengan pembibitan
                                                           2. Siswa dapat membuat bangunan pembibitan.
                                                           
B. Materi Pembelajaran            : 1. Bedengan pembibitan.
                                                       2. Bangunan pembibitan
                                                      
C. Metote Pembelajaran            : 1. Penjelasan singkat
                                                       2. Praktek langsung di lapangan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pelajaran

  1. Guru menjelaskan fungsi dan cara membuat bangunan pembibitan.
  2. Siswa membuat/mendirikan bangunan pembibitan.
  3. Siswa membuat bedengan pembibitan.
  4. Siswa membersihkan dan membereskan alat yang telah dipakai.

E. Sumber Belajar

Dokumen dan Literatur yang Mendukung 

F. Penilaian

  1. Skil / Psikomotor
a.       Cara menggunakan alat untuk pembibitan : Linggis, palu, cangkul dan gergaji
b.       Ukuran bangunan pembibitan Barat : 50 Cm  Timur : 75 Cm.  
c.       Ukuran bedengan pembibitan : Panjang 3 m  dan  Lebar : 1,5 m.

  1. Kerjasama
- Kerjasama dalam kelompok dan antar kelompok.
  1. Tes Pengetahuan :
    1. Apa fungsi bangunan pembibitan ?
    2. Mengapa bangunan pembibitan lebih baik menghadap ketimur ?
Jawab : 1. Melindung bibit yang baru ditanam dari terik matahari dan hujan.
             2. Mendapatkan sinar matahari pagi lebih banyak


                                                                                      




SILABUS

Nama Sekolah                                 :
Mata Pelajaran                                : Muatan Lokal Pertanian
Kelas                                               : VII
Semester                                          : 1 (satu)

Strandar Kompetensi                   : Merencanakan dan membuat tempat pembibitan

1Merencanakan dan Membuat Tempat Pembibitan
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Strategi Pembelajaran
Alokasi
Waktu
Sumber
Bahan
Tatap Muka
Pengalaman Belajar
1.1  Merencanakan Pembibitan


1.2. Menyiapkan
       lahan
       pembibitan


1.2  Membuat
      bangunan
pembibitan
Membuat Perencanaan  
  Pembibitan


- Membersihkan lahan dan 
   menggemburkan tanah.



- Membuat bedengan
Mendirikan bangunan 
  pembibitan
Diskusi kelas dan tugas rumah


Praktik di lapangan




Praktik
1. Siswa menyusun perencanaan pembibitan dan membuat proposal sederhana

2. Siswa membersihkan lahan
3. Siswa menggemburkan tanah



4. Membuat bedengan pembibitan
5. Mendirikan bangunan pembibitan
2 x 40 mnt





4 x 40 mnt






4 x 40 mnt



2. Menyiapkan Media Semai

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Strategi Pembelajaran
Alokasi
Waktu
Sumber
Bahan
Tatap Muka
Pengalaman Belajar
2.1 Menyiapkan 
      media tanah



2.2 Menyiapkan
      media pasir


2.3 Menyiapkan
      media pupuk
      alami

2.4 Menyiapkan  
      media sekam
Tanah yang baik untuk
   pembibitan



- Media untuk persemaina
- Media untuk hidroponik


- Media pupuk alami
Media pupuk kompos


- Media sekam
Praktik




Praktik



Praktik



Praktik
1. Siswa memilih dan menyediakan media
    tanah



2. Siswa menyiapkan media pasir untuk
    persemaian dan hidroponik


3. Siswa menyiapkan media pupuk alami dan
    kompos


4. Siswa menyiapkan media sekam dan arang
    sekam

2 x 40 mnt




4 x 40 mnt



4 x 40 mnt



4 x 40 mnt




SISTEM PENILAIAN
Nama Sekolah                                 : SMPN 5 Banjarbaru
Mata Pelajaran                                : Muatan Lokal Pertanian
Kelas/ Semester                               : VII / Ganjil      
Strandar Kompetensi                      : Merencanakan dan membuat tempat pembibitan

Komptensi
Dasar
Indikator
Materi Pokok
Penilaian
Jenis Tagihan
Bentuk Instru
Instumen
1.1  Merencanakan Pembibitan
Menyebutkan alat 
  dan bahan untuk  
  membuat pembibitan

- Membuat proposal
   secara sederhana
-                          - Membuat perencanaan 
     pembibitan
Non Test




Test
-Laporan     pembuatan
   Proposal
- Uraian / Essy
A. Poin dalam proposal :
I.  Pendahuluan
a.     Latar belakang
b.      Tujuan

II. Teknik Pelaksanaan
a.       Waktu
b.      Kebutuhan bahan
c.       Kebutuhan Tenaga Kerja
d.      Break even poin
e.       Strategi Pelaksanaan

III. Penutup
B. Essay
     (Terlampir dalam RPP 1)






SILABUS

Nama Sekolah                                 : 
Mata Pelajaran                                : Muatan Lokal Pertanian
Kelas                                               : VII
Semester                                          : Ganjil
Aspek                                              : Teknologi
Strandar Kompetensi                   : 2.1 Menyiapkan Media Semai
Kompetensi
Dasar
Materi pokok/Materi
pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Bahan
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen
2.1  Menyiapkan media tanah dan pupuk alami




2.2  Menyiapkan
      media pasir 
      dan   sekam


Media tanam :  
a.       Tanah
b.      Pupuk





- Media tanam :
a.       Media pasir
b.      Media sekam

- Siswa menyiapkan   media tanah
- Siswa menghaluskan   tanah
- Siswa menyiapkan  media
   pupuk alami
  
- Siswa mencuci pasir
- Siswa membakar sekam sampai
   menjadi arang
Tanah lapisan atas
   terkumpul dan halus
- Media pupuk siap
   pakai




- Pasir bersih dari  
   kotoran
- Sekam menjadi 
   arang
Tes unjuk kerja





Tes unjuk kerja
Uji prosedur dan prodak






Uji prosedur dan prodak
- Kumpulkan tanah
   lapisan atas dan
   haluskan
- Siapkan media
   pupuk alam (pupuk 
   kandang )


- Cucilah pasir dengan
   air yang mengalir
- Bakarlah sekam
   sampai berwarna
   hitam
2 x 40 mnt










2 x 40 mnt
- Drs Hendras










- Drs. Hendras






SILABUS

Nama Sekolah                                 : 
Mata Pelajaran                                : Muatan Lokal Pertanian
Kelas                                               : VII
Semester                                          : 1 (satu)
Aspek                                              : Teknologi
Strandar Kompetensi                   : 3.1 Mencampur Media Semai

Kompetensi
Dasar
Materi pokok/Materi
pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Bahan
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen
3.1 Mencampur
      media semai







3.2 Memasukkan
      media semai 
      dan menata
       polybag/pot


Media Semai :  
a.       Tanah
b.      Sekam
c.       Pupuk kandang
d.      Pasir



– Cara me-
   masukkan dan
   menata poly
   bag

- Siswa mencampur  media semai 
  1 terdiri dari : tanah, pasir, pupuk
   kandang
- Siswa mencampur media semai


  2 terdiri dari : pasir, pupuk
  kandang dan sekam

- Siswa memasukkan media yang
  telah dicampur
- Siswa menata polybag
Mencampur media
   semai 1 sampai
   merata
- Mencampur media
   semai 2 sampai 
   merata



- Memasukkan media
   semai kedalam
   polybag sampai 
   penuh dan sempurna
- Menata polibag yang
   sudah terisi penuh
   tanah dengan baik 
Tes unjuk kerja
Tes
ujnuk
kerja



Tes unjuk kerja
Pengamatan
proses dan hasil
Pengamatan
proses dan hasil atau uji prosedur dan hasil

Uji prosedur dan prodak
- Campurkanlah media
   : tanah, pasir, pupuk
   kandang dengan
   perbandingan 1:1:1
- Campurkan media :
   pasir pupuk kandang
   dan sekam


- Masukkan media
   sekam kedalam
   polybag sampai
   penuh sempurna
- Susun polybag 
  secara teratur dan
  sempurna
2 x 40 mnt








2 x 40 mnt









SILABUS

Nama Sekolah                                 : 
Mata Pelajaran                                : Muatan Lokal Pertanian
Kelas                                               : VII
Semester                                          : Ganjil
Aspek                                              : Teknologi
Strandar Kompetensi                   : 4. Membiakkan/memperbanyak tanaman secara Vegetatif tanpa perbaikian sifat
Kompetensi
Dasar
Materi pokok/Materi
pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Bahan
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen
4.1  Mencangkok










Syarat pohon   
    induk
- Syarat cabang
   yang dicing-
   kok
- Cara mencang-
   kok
- Memelihara
   cangkokan
- Menelaah buku untuk mencari
   syarat pohon induk dan cabang
   yang baik 
- Mencangkok tanaman
- Memelihara hasil cangkokkan


  


Menjelaskan pohon
   induk yang bisa dan
   baik untuk dicing
   kok
- Menjelaskan cabang
   yang baik untuk
   dicangkok
- Teknik mencangkok
Memelihara cangkok
   an dengan baik
Tes ter
Tulis





Tes
unjuk
kerja



Tes uraian






Uji prosedur dan produk
- Sebutkan syarat
  pohon induk yang
  dapat dan baik untuk
  dicangkok.
- Bagaimana cabang
  yang baik untuk 
  dicangkok ?
- Cangkoklah cabang
   tanaman Rambutan,
   Jambu, Jeruk dll.
- Peliharalah cangkok
  an yang telah dibuat
4 x 40 mnt


















SILABUS


Nama Sekolah                                 : 
Mata Pelajaran                                : Muatan Lokal Pertanian
Kelas                                               : VII
Semester                                          : Ganjil
Aspek                                              : Teknologi
Strandar Kompetensi                   : 4. Membiakkan/memperbanyak tanaman secara Vegetatif tanpa perbaikian sifat
Kompetensi
Dasar
Materi pokok/
Materi
pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Bahan
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen
4.2  Menyetek









Syarat tanaman
   yang dapat di
   stek
- Cara menyetek
- Cara menanam
   stek-an
- Cara memeli- 
   hara stekan
- Memilih tanaman yang dapat di
   stek.
- Memilih bagian tanaman yang
   akan di stek
- Menyetek tanaman
- Menanam hasil stekan
- Memelihara stekan


Memilih tanaman
   dan bagian tanaman
   yang dapat di stek
- Menyetek tanaman
- Menanam hasil
   stekan
Merawat tanaman
   hasil stekan
Tes
unjuk
kerja



Uji prosedur dan produk
- Pilihlah tanaman
  yang dapat di stek
- Pilihlah bagian  
  tanaman yang bisa
  di stek
- Steklah bagian tanam
   an
- Tanamlah stekan
   tanaman
- Rawatlah tanaman
   hasil stekan
2 x 40 mnt



















SILABUS

Nama Sekolah                                 : 
Mata Pelajaran                                : Muatan Lokal Pertanian
Kelas                                               : VII
Semester                                          : Ganjil
Aspek                                              : Teknologi
Strandar Kompetensi                   : 4. Membiakkan/memperbanyak tanaman secara Vegetatif tanpa perbaikian sifat
Kompetensi
Dasar
Materi pokok/Materi
pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Bahan
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen
4.3 Merunduk










4.4 Menyapih /
      menyeplit
Syarat pohon   
    induk yang
   dapat dirunduk
- Syarat cabang
   yang akan  
   dirunduk
- Cara merunduk
   tanaman
- Memelihara
   hasil rundukan

Menyapih tanam
an
Waktunya me-
   nya pih
- Cara menyapih
- Menanam  sapi
   han
- Merawat sapi
   han
- Menelaah buku untuk mencari
   tanaman yang dapat di runduk
- Memilih cabang yang baik untuk
  dirunduk
- Teknik merundukan tanaman
- Merawat hasil rundukan

- Menelaah buku Teknik menya-
   pih/menyeplit
- Menyapih tanaman
Menanam tanaman hasil sapihan
Merawat tanaman hasil sapihan
Menjelaskan jenis
   tanaman yang dapat
   dirunduk
- Menentukan cabang
   yang baik untuk
   dirunduk
- Merunduk tanaman
Memelihara hasil
   rundukan


Menjelaskan jenis
   tanaman yang dapat
   sapih
- Menyapih tanaman
   hias
- Menanam tanaman
   hasil sapihan
- Merawat tanaman
   yang telah di sapih
Tes ter
Tulis




Tes
unjuk
kerja


Tes ter
Tulis

Tes
unjuk
kerja

Tes uraian





Tes prosedur dan hasil


Tes uraian


Tes prosedur dan hasil

- Sebutkan tanaman
  apa yang dapat
  dirunduk
- Bagaimana cabang
  yang baik untuk 
  runduk ?
- Runduklah tanaman
   tersebut
- Peliharalah tanaman
   yang telah dirunduk

- Jenis tanaman apa
   saja yang dapat di
   sapih
- Sapihlah salah satu
   tanaman hias
  - Tanamlah hasil 
     sapihan tersebut
  - Rawatlah tanaman 
     hasil sapihan tsb.
2 x 40 mnt









2 x 40 mnt



Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo