Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya).
"Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP.
RINCIAN MINGGU EFEKTIF
Mata Pelajaran : Muatan Lokal Pertanian
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas/Semester : IX/II
Tahun Pelajaran : 2011/2012
1. Jumlah Minggu Efektif
No
|
Bulan
|
Banyaknya Minggu
|
1
|
Januari
|
4
|
2
|
Februari
|
4
|
3
|
Maret
|
4
|
4
|
April
|
4
|
5
|
Mei
|
4
|
6
|
Juni
|
4
|
Jumlah
|
24
|
2. Jumlah Minggu Tidak Efektif
No
|
Uraian
|
Banyak Minggu
|
1
|
Uji Kompetensi I dan IV
|
1
|
2
|
Uji Kompetensi III
|
1
|
3
|
Uji Kompetensi IV
|
1
|
4
|
Penerimaan Rapor
|
1
|
Jumlah
|
4
|
Banyak minggu efektif :
24 minggu – 4 minggu = 20 minggu
24 minggu – 4 minggu = 20 minggu
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Muatan Lokal Pertanian
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas/Semester : IX/II
Tahun Pelajaran : 2011/2012
SMT
|
No.
|
Materi Pokok/Kompetensi
|
Banyaknya Minggu
|
1
|
1
|
Menyiapkan lahan / pembersihan
|
2 x 40’
|
2
|
Menggemburkan tanah
|
2 x 40’
| |
3
|
Membedeng tanah
|
2 x 40’
| |
4
|
Menanam Palawija
|
2 x 40’
| |
5
|
Mendangir
|
2 x 40’
| |
6
|
Menyiang
|
2 x 40’
| |
7
|
Memupuk
|
2 x 40’
| |
8
|
Membumbum
|
2 x 40’
| |
9
|
Mengendalikan HPT
|
2 x 40’
| |
Jumlah
|
22 x 40’
|
SMT
|
No.
|
Materi Pokok/Kompetensi
|
Banyaknya Minggu
|
2
|
10
|
Menyiapkan lahan / pembersihan
|
2 x 40’
|
11
|
Menggemburkan tanah
|
2 x 40’
| |
12
|
Membedeng tanah
|
2 x 40’
| |
13
|
Menanam Palawija
|
4 x 40’
| |
14
|
Mendangir
|
4 x 40’
| |
15
|
Menyiang
|
1 x 40’
| |
16
|
Memupuk
|
2 x 40’
| |
Jumlah
|
17 x 40’
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Mulok : Pertanian Sekolah :
Kelas : VII Semester : Ganjil
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
2.
3.
4.
|
Merencanakan dan membuat tempat pembibitan
Menyeiapkan media semai
Mencampur dan memasukkan media semai
Membiakan/memperbanyak tanaman secara vegetatif tanpa perbaikan sifat
|
1.1 Merencanakan pembibitan
1.2 Menyiapkan lahan pertanian
1.3 Membuat bagunan pembibitan
2.1 Menyiapkan media tanah
2.2 Menyeiapkan media pasir
2.3 Menyiapkan media pupuk alami
2.4 Menyiapkan media sekam
3.1 Mencampur media semai
3.2 Memasukkan media semai dan
menata polybag/pot di dalam
pembibitan
4.1 Mencangkok
4.2 Menyetek
4.3 Merunduk
4.4 Menyapih/menyeplit
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Mulok : Pertanian Sekolah :
Kelas : VII Semester : Genap
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
2.
3.
|
Membiakan tanaman secara generatif
Memelihara bibit asal biji
Membiakan/memperbanyak tanaman secara vegetatif dengan perbaikan sifat
|
1.1 Menyipkan tempat penyemaian
1.2 Menyemai benih bunga/tanam-
an hias
1.3 Menyemai benih buah-buahan
1.4 Menyemai benih tanaman perkebuanan
2.1 Menyiram bibit
2.2 Seleksi bibit
2.3 Memupuk bibit
2.4 Mengendalikan hama
2.5 Menyiang gulma di sekitar bibit
3.1 Mengokulasi
3.2 Menyambung (Grafting)
3.3 Menyusukan tanaman
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Mulok : Pertanian Sekolah :
Kelas : VIII Semester : Genap
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
2.
3.
|
Membudidayakan Tanaman Sayur Daun
Membudidayakan Tanaman Tanaman Sayur Buah
Membudidayakan Tanaman Sayuran akar dan batang
|
1.1 Membudidayakan bayam
1.2 Membudidayakan Sayur Sawi
1.4 Membudidayakan Tanaman Kangkung
2.1 Membudidayakn Terong
2.2 Membudidayakan kacang
Panjang
2.3 Membudidayakan Timun
2.4 Membudidayakan Waluh
2.5 Membudidayakan Cabe
3.1 Membudidayakan Talas
3.2 Membudidayakan Tanaman
Saledri
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Mulok : Pertanian Sekolah :
Kelas : VIII Semester : Ganjil
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
2.
3.
|
Membudidayakan Tanaman Pepaya
Membudidayakan Tanaman Jeruk
Pengembangan Tumbuhan Pot
|
1.1 Pembibitan
1.2 Persiapan lahan
1.3 Pembuatan lubang tanaman
1.4 Penanaman
1.5 Pemeliharaan tanaman
1.6 Panen dan pasca panen
2.1 Pembibitan jeruk
2.2 Pembersihan lahan
2.3 Membuat lubang tanaman
2.4 Penanaman
2.5 Pemeliharaan
2.6 Panen dan pasca panen
3.1 Memasukkan media dalam pot
3.2 Menanam tanaman buah dalam
pot
3.3 Merawat Tumbuhan Pot
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Mulok : Pertanian Sekolah :
Kelas : IX Semester : Genap
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
2.
3.
|
Membudidayakan Tanaman Semangka
Membudidayakan Tanaman Tomat dalam Polybag
Membudidayakan Tanaman Melon dalam Polybag
|
1.1 Membersihkan lahan
1.2 Membuat lubang tanaman
1.3 Memeberikan pupuk dasar
1.4 Menanam biji/bibit semangka
1.5 Merawat tanaman
1.6 Memanen
2.1 Mengumpulkan tanah lapisan atas
2.2 Mencampur tanah dengan pupuk
kandang
2.3 Memasukkan campuran media ke dalam
polybag
2.4 Menata polybag
2.5 Menanam bibit Tomat
2.6 Merawat tomat dalam Polybag
2.7 Memanen Tomat
3.1 Menggemburkan media dalam poly
bag
3.2 Menanam melon dalam polybag
3.3 Memberi ajir/turus pada tanaman
3.4 Merawat tanaman
3.5 Memanen
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas
|
:
:
:
| SMPN 5 Banjarbaru
Mulok Pertanian
VII
|
Standar Kompetensi : 1. Merencanakan dan membuat tempat pembibitan
Kompetensi Dasar : 1.1 Merencanakan pembibitan
Indikator : 1. Menyebutkan alat dan bahan untuk membuat
pembibitan.
2. Menyusun proposal sederhana mengenai pembibit
an
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan Pembelajaran : 1 Siswa dapat menyebutkan alat dan bahan yang
dipakai untuk membuat pembibitan.
2. Siswa dapat menyusun proposal sederhana menge-
nai pembibitan.
B. Materi Pembelajaran : 1. Alat yang digunakan untuk membuat pembibitan.
2. Bahan yang dipakai untuk membuat pembibitan
3. Teknik penyusunan proposal.
C. Metote Pembelajaran : 1. Diskusi
2. Tanya Jawab
3. Tugas Kelompok
D. Langkah-langkah Kegiatan Pelajaran
- Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan pembibitan.
- Guru menyebutkan poin-poin yang harus ada dalam proposal secara sederhana.
- Tanya jawab / diskusi kelompok berkaitan dengan pembibitan dan pembuatan proposal.
- Siswa berdiskusi secara berkelompok / membuat proposal
E. Sumber Belajar
Dokumen dan Literatur yang mendukungF. Penilaian
- Hasil kerja (hasil unjuk kerja ) membuat proposal berupa laporan kelompok.
- Kuis / Tes
1. Sebutkan beberapa alatyang dipakai untuk membuat tempat pembibitan !
2. Sebutkan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat tempat pembibitan ?
3. Tuliskan poin-poin di dalam pembuatan proposal secara sederhana !
Jawaban :
- Beberapa alat yang dipakai ialah : Gergaji, palu, parang dan linggus.
- Bahan yang digunakan ialah : Kayu, atap (ilalang), paku dan bamboo.
- Poin penting dalam pembuatan proposal yaitu : I. Pendahuluan, (Latar Belakang dan Tujuan ), II. Teknik Pelaksanaan (Waktu, Keperluan Bahan, Tenaga Kerja, Harga Bahan, Strategi Pelaksanaan ) III. Penutup
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas
|
:
:
:
|
Standar Kompetensi : 1. Merencanakan dan membuat tempat pembibitan
Kompetensi Dasar : 1.2 Membersihkan lahan dan menggemburkan tanah
untuk pembibitan
Indikator : 1. Lahan bebas dari gulma dan sisa-sisa kayu
2. Lahan untuk pembibitan diharapkan gembur dan
rata
Alokasi Waktu : 4 x 40 Menit
A. Tujuan Pembelajaran : 1 Siswa dapat membersihkan lahan dari gulma dan
sisa-sisa kayu.
2. Siswa dapat menggemburkan tanah untuk pembibit-
an.
B. Materi Pembelajaran : 1. Membersihkan lahan dan menggemburkan tanah
untuk pembibitan
C. Metote Pembelajaran : 1. Penjelasan Singkat
2. Praktek di lapangan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pelajaran
- Guru memberikan penjelasan pentingnya pembersihan dan penggemburan lahan serta teknis pelaksanaanya.
- Siswa melaksanakan praktek pembersihan dan pengemburan lahan.
- Siswa membuat laporan mengenai pembersihan dan penggemburan lahan.
E. Sumber Belajar
Dokumen dan Literatur yang mendukungF. Penilaian
1. Skil / Psikomotor
a. Cara memegang dan menggunakan alat
b. Hasil pembersihan dan penggemburan lahan
c. Ukuran lahan yang dibersihkan dan digemburkan.
Kriteria : Lahan bebas rumput, sisa tanaman dan gembur, serta rata dengan ukuran 1,5 x 3 Meter
2. Tes Pengetahuan
1. Mengapa lahan harus bebas dari rumput dan sisa-sisa kayu/tanaman ?
2. Mengapa tanah perlu digemburkan dan diratakan ?
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
|
Standar Kompetensi : 1. Merencanakan dan membuat tempat pembibitan
Kompetensi Dasar : 1.3 Membuat bangunan pembibitan
Indikator : 1. Bedengan diolah dengan ukuran 1,5 x 3 Meter
2. Bangunan pembibitan dibuat menghadap kearah
timur
Alokasi Waktu : 4 x 40 Menit
A. Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat membuat bedengan pembibitan
2. Siswa dapat membuat bangunan pembibitan.
B. Materi Pembelajaran : 1. Bedengan pembibitan.
2. Bangunan pembibitan
C. Metote Pembelajaran : 1. Penjelasan singkat
2. Praktek langsung di lapangan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pelajaran
- Guru menjelaskan fungsi dan cara membuat bangunan pembibitan.
- Siswa membuat/mendirikan bangunan pembibitan.
- Siswa membuat bedengan pembibitan.
- Siswa membersihkan dan membereskan alat yang telah dipakai.
E. Sumber Belajar
Dokumen dan Literatur yang MendukungF. Penilaian
- Skil / Psikomotor
a. Cara menggunakan alat untuk pembibitan : Linggis, palu, cangkul dan gergaji
b. Ukuran bangunan pembibitan Barat : 50 Cm Timur : 75 Cm.
c. Ukuran bedengan pembibitan : Panjang 3 m dan Lebar : 1,5 m.
- Kerjasama
- Kerjasama dalam kelompok dan antar kelompok.
- Tes Pengetahuan :
- Apa fungsi bangunan pembibitan ?
- Mengapa bangunan pembibitan lebih baik menghadap ketimur ?
Jawab : 1. Melindung bibit yang baru ditanam dari terik matahari dan hujan.
2. Mendapatkan sinar matahari pagi lebih banyak
SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Muatan Lokal Pertanian
Kelas : VII
Semester : 1 (satu)
Strandar Kompetensi : Merencanakan dan membuat tempat pembibitan
1. Merencanakan dan Membuat Tempat Pembibitan
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Strategi Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Bahan
| |
Tatap Muka
|
Pengalaman Belajar
| ||||
1.1 Merencanakan Pembibitan
1.2. Menyiapkan
lahan
pembibitan
1.2 Membuat
bangunan
pembibitan
|
- Membuat Perencanaan
Pembibitan
- Membersihkan lahan dan
menggemburkan tanah.
- Membuat bedengan
- Mendirikan bangunan
pembibitan
|
Diskusi kelas dan tugas rumah
Praktik di lapangan
Praktik
|
1. Siswa menyusun perencanaan pembibitan dan membuat proposal sederhana
2. Siswa membersihkan lahan
3. Siswa menggemburkan tanah
4. Membuat bedengan pembibitan
5. Mendirikan bangunan pembibitan
|
2 x 40 mnt
4 x 40 mnt
4 x 40 mnt
|
2. Menyiapkan Media Semai
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Strategi Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Bahan
| |
Tatap Muka
|
Pengalaman Belajar
| ||||
2.1 Menyiapkan
media tanah
2.2 Menyiapkan
media pasir
2.3 Menyiapkan
media pupuk
alami
2.4 Menyiapkan
media sekam
|
- Tanah yang baik untuk
pembibitan
- Media untuk persemaina
- Media untuk hidroponik
- Media pupuk alami
- Media pupuk kompos
- Media sekam
|
Praktik
Praktik
Praktik
Praktik
|
1. Siswa memilih dan menyediakan media
tanah
2. Siswa menyiapkan media pasir untuk
persemaian dan hidroponik
3. Siswa menyiapkan media pupuk alami dan
kompos
4. Siswa menyiapkan media sekam dan arang
sekam
|
2 x 40 mnt
4 x 40 mnt
4 x 40 mnt
4 x 40 mnt
|
SISTEM PENILAIAN
Nama Sekolah : SMPN 5 Banjarbaru
Mata Pelajaran : Muatan Lokal Pertanian
Kelas/ Semester : VII / Ganjil
Strandar Kompetensi : Merencanakan dan membuat tempat pembibitan
Komptensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Penilaian
| ||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instru
|
Instumen
| |||
1.1 Merencanakan Pembibitan
|
- Menyebutkan alat
dan bahan untuk
membuat pembibitan
- Membuat proposal
secara sederhana
|
- - Membuat perencanaan
pembibitan
|
Non Test
Test
|
-Laporan pembuatan
Proposal
- Uraian / Essy
|
A. Poin dalam proposal :
I. Pendahuluan
a. Latar belakang
b. Tujuan
II. Teknik Pelaksanaan
a. Waktu
b. Kebutuhan bahan
c. Kebutuhan Tenaga Kerja
d. Break even poin
e. Strategi Pelaksanaan
III. Penutup
B. Essay
(Terlampir dalam RPP 1)
|
SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Muatan Lokal Pertanian
Kelas : VII
Semester : Ganjil
Aspek : Teknologi
Strandar Kompetensi : 2.1 Menyiapkan Media Semai
Kompetensi
Dasar
|
Materi pokok/Materi
pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Bahan
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
2.1 Menyiapkan media tanah dan pupuk alami
2.2 Menyiapkan
media pasir
dan sekam
|
- Media tanam :
a. Tanah
b. Pupuk
- Media tanam :
a. Media pasir
b. Media sekam
|
- Siswa menyiapkan media tanah
- Siswa menghaluskan tanah
- Siswa menyiapkan media
pupuk alami
- Siswa mencuci pasir
- Siswa membakar sekam sampai
menjadi arang
|
- Tanah lapisan atas
terkumpul dan halus
- Media pupuk siap
pakai
- Pasir bersih dari
kotoran
- Sekam menjadi
arang
|
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
|
Uji prosedur dan prodak
Uji prosedur dan prodak
|
- Kumpulkan tanah
lapisan atas dan
haluskan
- Siapkan media
pupuk alam (pupuk
kandang )
- Cucilah pasir dengan
air yang mengalir
- Bakarlah sekam
sampai berwarna
hitam
|
2 x 40 mnt
2 x 40 mnt
|
- Drs Hendras
- Drs. Hendras
|
SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Muatan Lokal Pertanian
Kelas : VII
Semester : 1 (satu)
Aspek : Teknologi
Strandar Kompetensi : 3.1 Mencampur Media Semai
Kompetensi
Dasar
|
Materi pokok/Materi
pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Bahan
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
3.1 Mencampur
media semai
3.2 Memasukkan
media semai
dan menata
polybag/pot
|
- Media Semai :
a. Tanah
b. Sekam
c. Pupuk kandang
d. Pasir
– Cara me-
masukkan dan
menata poly
bag
|
- Siswa mencampur media semai
1 terdiri dari : tanah, pasir, pupuk
kandang
- Siswa mencampur media semai
2 terdiri dari : pasir, pupuk
kandang dan sekam
- Siswa memasukkan media yang
telah dicampur
- Siswa menata polybag
|
- Mencampur media
semai 1 sampai
merata
- Mencampur media
semai 2 sampai
merata
- Memasukkan media
semai kedalam
polybag sampai
penuh dan sempurna
- Menata polibag yang
sudah terisi penuh
tanah dengan baik
|
Tes unjuk kerja
Tes
ujnuk
kerja
Tes unjuk kerja
|
Pengamatan
proses dan hasil
Pengamatan
proses dan hasil atau uji prosedur dan hasil
Uji prosedur dan prodak
|
- Campurkanlah media
: tanah, pasir, pupuk
kandang dengan
perbandingan 1:1:1
- Campurkan media :
pasir pupuk kandang
dan sekam
- Masukkan media
sekam kedalam
polybag sampai
penuh sempurna
- Susun polybag
secara teratur dan
sempurna
|
2 x 40 mnt
2 x 40 mnt
|
SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Muatan Lokal Pertanian
Kelas : VII
Semester : Ganjil
Aspek : Teknologi
Strandar Kompetensi : 4. Membiakkan/memperbanyak tanaman secara Vegetatif tanpa perbaikian sifat
Kompetensi
Dasar
|
Materi pokok/Materi
pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Bahan
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
4.1 Mencangkok
|
- Syarat pohon
induk
- Syarat cabang
yang dicing-
kok
- Cara mencang-
kok
- Memelihara
cangkokan
|
- Menelaah buku untuk mencari
syarat pohon induk dan cabang
yang baik
- Mencangkok tanaman
- Memelihara hasil cangkokkan
|
- Menjelaskan pohon
induk yang bisa dan
baik untuk dicing
kok
- Menjelaskan cabang
yang baik untuk
dicangkok
- Teknik mencangkok
- Memelihara cangkok
an dengan baik
|
Tes ter
Tulis
Tes
unjuk
kerja
|
Tes uraian
Uji prosedur dan produk
|
- Sebutkan syarat
pohon induk yang
dapat dan baik untuk
dicangkok.
- Bagaimana cabang
yang baik untuk
dicangkok ?
- Cangkoklah cabang
tanaman Rambutan,
Jambu, Jeruk dll.
- Peliharalah cangkok
an yang telah dibuat
|
4 x 40 mnt
|
SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Muatan Lokal Pertanian
Kelas : VII
Semester : Ganjil
Aspek : Teknologi
Strandar Kompetensi : 4. Membiakkan/memperbanyak tanaman secara Vegetatif tanpa perbaikian sifat
Kompetensi
Dasar
|
Materi pokok/
Materi
pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Bahan
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
4.2 Menyetek
|
- Syarat tanaman
yang dapat di
stek
- Cara menyetek
- Cara menanam
stek-an
- Cara memeli-
hara stekan
|
- Memilih tanaman yang dapat di
stek.
- Memilih bagian tanaman yang
akan di stek
- Menyetek tanaman
- Menanam hasil stekan
- Memelihara stekan
|
- Memilih tanaman
dan bagian tanaman
yang dapat di stek
- Menyetek tanaman
- Menanam hasil
stekan
- Merawat tanaman
hasil stekan
|
Tes
unjuk
kerja
|
Uji prosedur dan produk
|
- Pilihlah tanaman
yang dapat di stek
- Pilihlah bagian
tanaman yang bisa
di stek
- Steklah bagian tanam
an
- Tanamlah stekan
tanaman
- Rawatlah tanaman
hasil stekan
|
2 x 40 mnt
|
SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Muatan Lokal Pertanian
Kelas : VII
Semester : Ganjil
Aspek : Teknologi
Strandar Kompetensi : 4. Membiakkan/memperbanyak tanaman secara Vegetatif tanpa perbaikian sifat
Kompetensi
Dasar
|
Materi pokok/Materi
pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Bahan
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
4.3 Merunduk
4.4 Menyapih /
menyeplit
|
- Syarat pohon
induk yang
dapat dirunduk
- Syarat cabang
yang akan
dirunduk
- Cara merunduk
tanaman
- Memelihara
hasil rundukan
Menyapih tanam
an
- Waktunya me-
nya pih
- Cara menyapih
- Menanam sapi
han
- Merawat sapi
han
|
- Menelaah buku untuk mencari
tanaman yang dapat di runduk
- Memilih cabang yang baik untuk
dirunduk
- Teknik merundukan tanaman
- Merawat hasil rundukan
- Menelaah buku Teknik menya-
pih/menyeplit
- Menyapih tanaman
- Menanam tanaman hasil sapihan
- Merawat tanaman hasil sapihan
|
- Menjelaskan jenis
tanaman yang dapat
dirunduk
- Menentukan cabang
yang baik untuk
dirunduk
- Merunduk tanaman
- Memelihara hasil
rundukan
- Menjelaskan jenis
tanaman yang dapat
sapih
- Menyapih tanaman
hias
- Menanam tanaman
hasil sapihan
- Merawat tanaman
yang telah di sapih
|
Tes ter
Tulis
Tes
unjuk
kerja
Tes ter
Tulis
Tes
unjuk
kerja
|
Tes uraian
Tes prosedur dan hasil
Tes uraian
Tes prosedur dan hasil
|
- Sebutkan tanaman
apa yang dapat
dirunduk
- Bagaimana cabang
yang baik untuk
runduk ?
- Runduklah tanaman
tersebut
- Peliharalah tanaman
yang telah dirunduk
- Jenis tanaman apa
saja yang dapat di
sapih
- Sapihlah salah satu
tanaman hias
- Tanamlah hasil
sapihan tersebut
- Rawatlah tanaman
hasil sapihan tsb.
|
2 x 40 mnt
2 x 40 mnt
|