Sabtu, 17 Agustus 2013

MATERI IPA KELAS VII


Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan dan
sikap secara utuh. Proses pencapaiannya melalui pembelajaran sejumlah mata pelajaran yang dirangkai
sebagai suatu kesatuan yang saling mendukung pencapaian kompetensi tersebut. Bila pada jenjang SD/
MI, semua mata pelajaran digabung menjadi satu dan disajikan dalam bentuk tema-tema, maka pada
jenjang SMP/MTs pembelajaran sudah mulai dipisah-pisah menjadi mata pelajaran.
Sebagai transisi menuju ke pendidikan menengah, pemisahan ini masih belum dilakukan sepenuhnya
bagi siswa SMP/MTs. Materi-materi dari bidang-bidang ilmu Fisika, Kimia, Biologi, dan Ilmu Bumi dan
Antariksa masih perlu disajikan sebagai suatu kesatuan dalam mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan
Alam). Hal ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan yang utuh bagi siswa SMP/MTs tentang
prinsip-prinsip dasar yang mengatur alam semesta beserta segenap isinya.
Buku IPA Kelas VII SMP/MTs ini disusun dengan pemikiran di atas. Bidang ilmu Biologi dipakai sebagai
landasan (platform) pembahasan bidang ilmu yang lain. Makhluk hidup digunakan sebagai obyek untuk
menjelaskan prinsip-prinsip dasar yang mengatur alam seperti objek alam dan interaksinya, energi dan
keseimbangannya, dan lain-lain. Melalui pembahasan menggunakan bermacam bidang ilmu dalam
rumpun ilmu pengetahuan alam, pemahaman utuh tentang alam yang dihuninya beserta benda-benda
alam yang dijumpai di sekitarnya dapat dikuasai oleh peserta didik SMP/MTs.
Sebagai salah satu rumpun ilmu yang digunakan untuk mengukur kemajuan pendidikan suatu negara,
pemahaman peserta didik suatu negara terhadap IPA dibandingkan secara rutin sebagai mana dilakukan
melalui TIMSS (the Trends in International Mathematics and Science Study) dan PISA (Program for
International Student Assessment). Melalui penilaian internasional seperti ini kita bisa mengetahui kualitas
pembelajaran IPA dibandingkan dengan negara lain. Materi IPA pada Kurikulum 2013 ini telah disesuaikan
dengan tuntutan penguasaan materi IPA menurut TIMSS dan PISA.
Sesuai dengan konsep Kurikulum 2013, buku ini disusun mengacu pada pembelajaran IPA secara terpadu
dan utuh, sehingga setiap pengetahuan yang diajarkan, pembelajarannya harus dilanjutkan sampai
membuat siswa terampil dalam menyajikan pengetahuan yang dikuasainya secara konkret dan abstrak,
dan bersikap sebagai makhluk yang mensyukuri anugerah alam semesta yang dikaruniakan kepadanya
melalui pemanfaatan yang bertanggung jawab.
Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang
diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diberanikan
untuk mencari dari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru
sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan
pada buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang
sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.
Sebagai edisi pertama, buku ini sangat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan.
Untuk itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan
dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami ucapkan terima kasih.
Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka
mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).
Jakarta, Mei 2013
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Mohammad Nuh
iv Buku Guru Kelas VII SMP/MTs
PETUNJUK UMUM PEMBELAJARAN IPA SMP/MTs..................................
BAB 1 OBJEK IPA DAN PENGAMATANNYA.............................................
BAB 2 KLASIFIKASI BENDA........................................................................ 
BAB 3 KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP.....................................................
BAB 4 SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN................................................
BAB 5 PERUBAHAN BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA.........................
BAB 6 ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN..........................................
BAB 7 SUHU DAN PERUBAHANNYA......................................................... 
BAB 8 KALOR DAN PERPINDAHANNYA.................................................
BAB 9 INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN...........
GLOSARIUM....................................................................................................
INDEKS............................................................................................................ 
DAFTAR PUSTAKA ........................................................................................