Skip to main content

Pro dan Kontra Kurikulum 2013



kurikulum 2013
Pro dan Kontra Kurikulum 2013. Perubahan kurikulum lama (KTSP) menjadi Kurikulum 2013 akan diberlakukan pada tahun ajaran 2013/2014 mendatang. Perubahan kurikulum ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa terhadap materi pembelajaran dan mendorong siswa agar lebih aktif dalam mengikuti pelajaran.
Pada kurikulum baru ini, siswa tidak hanya dipandang sebagai obyek tetapi siswa dijadikan sebagai subyek dan ikut mengembangkan pengetahuan pembelajaran yang ada.
Standar penilaian pada kurikulum 2013 ini tentu tidak sama dengan kurikulum yang digunakan saat ini. Mengingat tujuan perubahan kurikulum ini adalah mendorong siswa terlibat aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran, salah satu komponen penilaian siswa adalah memberikan penilaian lebih jika anak banyak bertanya,
Selain menilai keaktifan siswa bertanya, komponen lainnya yang akan dimasukkan ke dalam standar penilaian siswa dalah penilaian proses dan hasil pengamatan siswa terhadap permasalahan yang diberikan oleh guru. Setelah itu, kemampuan siswa dalam menalar masalah juga menjadi bagian dari komponen penilain sehingga siswa terus diajak untuk dapat berpikir logis. Aspek penilaian terakhir adalah kemampuan siswa berkomunikasi dengan melakukan presentasi tentang materi pelajaran yang dibahas.
Namun, permasalahan yang muncul adalah kurikulum 2013 yang akan menggantikan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ini masih pro dan kontra. Menurut para pakar pendidikan, kurikulum 2013 (buku gratis) ini hanya cocok untuk anak – anak yang berasal dari golongan menengah ke atas. Padahal, tujuan dari penerapan kurikulum 2013 ini adalah agar metode pembelajaran yang digunakan di sekolah internasional bisa dirasakan semua sekolah di Indonesia.
Tetapi, kurikulum baru ini nanti akan sulit jika dikembangkan di sekolah di seluruh wilayah Indonesia. Untuk sekolah yang kebanyakan siswanya berasal dari kalangan menengah ke atas, kurikulum 2013 ini masih bisa berjalan. Namun, tidak sebaliknya. Metode pengajaran pada kurikulum 2013 yang mengandalkan metode observasi ini sejatinya telah diterapkan di sekolah internasional. Tidak hanya sekolah internasional saja, tetapi juga sekolah – sekolah yang dikelola yayasan atau perorangan dan hasil pembelajarannya ternyata lebih baik.
Tapi pada kenyataannya, saat ini kenyataan di Indonesia, kesejahteraan gurunya masih belum terjamin dan kualitasnya juga beragam. Di kota, seperti Jakarta, pendidikan seperti ini mungkin masih bisa dilakukan, namun bagaimana untuk sekolah – sekolah yang ada di daerah pelosok? Siswa berangkat sekolah saja sulit, jumlah guru kurang memadai, dan fasilitasnya juga tidak lengkap.

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo