Skip to main content

Soal Jawaban Biologi Kelas X Semester Genap


A. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d atau e, di depan jawaban yang benar!
1. Penyebab adanya keanekaragaman adalah . . . .
a. adanya variasi dari faktor genetik
b. adanya variasi lingkungan yang berbeda-beda
c. interaksi faktor genetik dan faktor lingkungan
d. interaksi antara sesama faktor genetik
e. interaksi antara sesama faktor lingkungan
2. Keanekaragaman atau kekayaan jenis dapat diukur dari . . . .
a. indeks keanekaragaman
b. habitat keanekaragaman
c. spesies yang telah punah
d. laju keanekaragaman
e. populasi penyusun ekosistem
3. Dua individu yang menempati daerah yang sama dapat disebut satu spesies apabila . . . .
a. penyusun gennya sama
b. makanan dan tingkah lakunya sama
c. dapat saling kawin dan keturunannya fertil
d. habitat dan makanannya sama
e. cara reproduksinya sama
4. Variasi jenis makhluk hidup yang terjadi secara buatan atau rekayasa genetika dapat dihasilkan melalui persilangan atau mutasi. Contohnya adalah . . . .
a. kelapa gading
b. kelapa hibrida
c. kelapa hijau
d. kelapa kopyor
e. kelapa sawit
5. Yang merupakan aspek pencirian ekosistem adalah perbedaan . . . .
a. faktor biotiknya
b. energitika, pendauran hara, dan produktivitasnya
c. faktor-faktor fisiknya
d. faktor-faktor kimianya
e. lama hidup makhluk hidup penyusunnya
6. Di bawah ini adalah penyebab biodiversitas di Indonesia sangat unik, kecuali . . . .
a. keanekaragaman tinggi
b. memiliki hewan tipe oriental, Australian, dan peralihana
c. Indonesia kaya akan hewan dan tumbuhan impor dari negara lain
d. terdapat berbagai hewan dan tumbuhan langka
e. Indonesia kaya akan flora Malesiana
7. Keunikan hewan-hewan yang termasuk daerah Australian, yaitu . . . .
a. banyak hewan berkantung
b. terdapat berbagai jenis hewan primata
c. terdapat berbagai hewan endemik
d. spesies mamalia berukuran tubuh besar
e. terdapat berbagai jenis burung yang bersuara merdu
8. Di bawah ini adalah nama-nama hewan:
1) Harimau jawa
2) Ular sawah
3) Tikus
4) Burung maleo
5) Komodo
6) Badak bercula satu
Adapun yang termasuk hewan endemik di Indonesia adalah . . . .
a. 1 – 2 – 3 – 4
b. 2 – 3 – 4 – 5
c. 3 – 4 – 5 – 6
d. 1 – 4 – 5 – 6
e. 2 – 3 – 5 – 6
9. Hewan endemik adalah hewan yang . . . .
a. ada pada berbagai wilayah
b. selalu berpindah-pinah
c. menampakkan diri pada waktu tertentu
d. ada pada wilayah tertentu
e. berada pada wilayah perbatasan
10. Kegiatan manusia yang dapat menurunkan keanekaragaman hayati adalah . . . .
a. introduksi spesies eksotik
b. reboisasi
c. pemuliaan
d. pembuatan taman-taman kota
e. konservasi plasma nutfah
11. Tumbuhan lumut disebut sebagai peralihan dari tumbuhan berthallus ke tumbuhan berkormus karena . . ..
a. mengalami pergiliran keturunan
b. bereproduksi dengan spora
c. tidak berkambium
d. tidak memiliki berkas pembuluh
e. termasuk tumbuhan tingkat rendah
12. Pada tumbuhan paku, daun yang berfungsi menghasilkan spora adalah . . . .
a. tropofil
b. sporofil
c. sporofit
d. makrofil
e. mikrofil
13. Suatu tumbuhan dengan ciri-ciri berkayu, daun majemuk, dan bunga dengan mahkota seperti kupu-kupu termasuk . . . .
a. Orchidaceae
b. Myrtaceae
c. Papilionaceae
d. Rubiaceae
e. Arecaceaew
14. Daur hidup tumbuhan lumut diawali dari spora yang jatuh di tempat yang lembap akan tumbuh menjadi . . .
a. protalium
b. protonema
c. sporofit
d. sporogonium
e. tumbuhan lumut
15. Padi, jagung, rumput, alang-alang termasuk ke dalam famili . . . .
a. Poaceae
b. Malvaceae
c. Papilionaceae
d. Euporbiaceae
e. Zingiberaceae
16. Berikut ini yang bukan merupakan bagian dari keanekaragaman hayati, yaitu ….
a. variasi bentuk d. variasi jumlah
b. variasi kromosom e. variasi sifat
c. variasi penampilan
17. Berikut ini adalah pasangan spesies yang dapat menghasilkan keturunan fertil, yaitu ….
a. ayam dan itik
b. kuda dan keledai
c. kucing dan harimau
d. kucing anggora dan kucing persia
e. keledai dan zebra
18. Organisme yang hanya memiliki persebaran di suatu daerah saja dinamakan ….
a. ex situ d. organisme khas
b. in situ e. endemik
c. peralihan
19. Berikut adalah contoh hewan endemik dari daerah bagian timur, yaitu ….
a. macan kumbang d. badak jawa
b. orangutan e. burung merak
c. bekantan
20. Pelestarian yang dilakukan di habitat aslinya disebut pelestarian ….
a. in situ d. khusus
b. ex situ e. cagar alam
c. alami
21. Berikut adalah vegetasi khas yang terdapat pada ekosistem gurun, yaitu ….
a. tanaman semak d. lumut
b. kaktus e. tanaman paku
c. rumput
22. Berikut ini adalah nama ilmiah beberapa organisme.
1. Felix tigris
2. Gallus gallus domestica
3. Felix domestica
4. Oryza sativa
Dari keempat organisme tersebut manakah yang memiliki kekerabatan paling dekat adalah ….
a. 1 dan 2 d. 3 dan 4
b. 1 dan 4 e. 2 dan 4
c. 1 dan 3
23. Upaya pelestarian keanekaragaman hayati harus mulai dilakukan dari sekarang. Berikut ini yang bukan alasan mengapa upaya pelestarian harus dilakukan adalah ….
a. semakin berkurangnya jumlah suatu spesies
b. terganggunya habitat
c. rusaknya suatu ekosistem
d. rendahnya kesadaran manusia untuk menjaga kelestarian suatu organisme
e. keanekaragaman hayati memiliki nilai komersial tinggi
24. Adanya variasi dalam satu jenis atau spesies makhluk hidup menunjukkan bukti keanekaragaman hayati.
Keanekaragaman ini berdasarkan pada ….
a. tingkat gen d. tingkat filogenik
b. tingkat jenis e. tingkat ekologi
c. tingkat eksositem
25. Salah satu contoh hewan peralihan di Indonesia adalah ….
a. anoa d. kadal berjumbai
b. orangutan e. kangguru pohon
c. macan kumbang
26. Berikut bukan ciri dari Regnum Plantae, yaitu ….
a. memiliki kloroplas
b. dinding sel tersusun atas selulosa
c. memiliki alat reproduksi berupa bunga
d. uniseluler prokariot
e. memiliki ikatan pembuluh
27. Pada Bryophyta, gamet jantan dihasilkan oleh ….
a. antheridia d. sel telur
b. sel sperma e. spora
c. arkegonia
28. Perhatikan bagan berikut.
bagan
X, Y, dan Z berturut-turut adalah ….
a. sperma, sel telur, protalium
b. protalium, sel telur, sperma
c. protalium, sperma, sel telur
d. sel telur, sperma, protalium
e. sporofit, sel telur, sperma
29. Tumbuhan tidak berbiji yang menghasilkan spora dengan ukuran sama disebut juga ….
a. homospora d. mikrospora
b. heterospora e. makrospora
c. paku peralihan
30. Berikut adalah contoh spesies divisio Psilophyta, yaitu ….
a. Asplenium nidus d. Psilotum
b. Marchantia e. Equisetum
c. Lycopodium
31. Berikut bukan merupakan divisio dari tumbuhan Gymnospermae adalah ….
a. Coniferophyta d. Cycadophyta
b. Ginkgophyta e. Gnetophyta
c. Lycophyta
32. Selaginella merupakan paku heterospora karena ….
a. menghasilkan spora yang sama
b. menghasilkan gamet yang sama
c. menghasilkan gamet yang berbeda jenis
d. menghasilkan spora yang berbeda
e. menghasilkan spora yang berbeda jenis
33. Tumbuhan berbiji telah memiliki suatu bahan yang berfungsi dalam proses pembuatan makanan. Bahan yang dimaksud adalah ….
a. air d. biji
b. mineral e. zat hara
c. klorofil
34. Perhatikan gambar berikut.
Benang sari ditunjukan oleh nomor
Benang sari ditunjukan oleh nomor
a. 1 d. 4
b. 2 e. 5
c. 3
35. Arkegonia ditunjukan oleh nomor
Arkegonia ditunjukan oleh nomor
a. 1 d. 6
b. 3 e. 8
c. 4
35. Salah satu bentuk sporofit pada tumbuhan tidak berbiji adalah ….
a. tropofil d. sporangium
b. sorus e. indusium
c. strobilus
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar dan jelas!
  1. Apakah yang dimaksud dengan:
    a. plasma nutfah
    b. komunitas
    c. ekosistem
  2. Berilah contoh masing-masing 5 spesies hewan maupun tumbuhan langka di Indonesia!
  3. Jelaskan mengapa tumbuhan melinjo dan pinus dikatakan sebagai tumbuhan berumah dua!
  4. Jelaskan perbedaan antara hewan yang berada di Indonesia bagian barat dan Indonesia bagian timur. Sebutkan contohnya.
  5. Manfaat apa saja yang bisa didapat oleh manusia dari keanekaragaman hayati di Indonesia.
KUNCI JAWABAN
1.C 2.A
3.C 4.B
5.B 6. C
7. A 8. D
9. D 10. A
11. D 12. B
13. C 14. B
15. A 16. c 21. b
17. d 22. c
18. e 23. e
19. e 24. a
20. a 25. a
26. d 33. c
27. a 34. b
28. c 35. d
29. a 30. d 31. c 32. e
  1. a. Flasma nutfah adalah kisaran keanekaragaman genetika yang menyangkut individu-individu liar sampau bibit unggul yang ada pada masa kini. Manusia memanfaatkan flama nutfah sebagai bahan baku untuk pemulihan tanaman dan hewan.
    b. komunitas adalah populasi semua macam spesies yang menduduki suatu habitat
    c. ekosistem adalah sistem yang dibentuk di suatu daerah dimana komponen makhluk hidup dengan lingkungannya terdapat hubungan timbal balik atau saling mempengaruhi atau sebagai satu kesatuan yang utuh.
  2. a. Contoh hewan langka diantaranya harimau jawa, komodo, banteng, , cendrawasih, burung maleo
    b. contoh tumbuhan langka diantaranya, bedah, kepuh, burung nangka celeng, mundu, sawo kecik
  3. Tumbuhan melinjo dan tumbuhan pinus dikatakan sebagai tumbuhan berumah dua karena bunga jantan dan bunga betina berada pada tanaman yang berlainan.
  4. Hewan Indonesia bagian barat memiliki kemiripan hewan dari asia, dengan ciri banyak terdapat mammalia
  5. besar. Hewan Indonesia bagian timur memiliki kemiripan dengan hewan dari Australia dengan ciri banyak terdapat hewan marsupialia.
  6. Beberapa keanekaragaman hayati dapat dimanfaatkan sebagai bahan sandang, pangan, papan, dan obato-batan.

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo