Kamis, 16 Mei 2013

Pengertian Glikolisis


Glikolisis adalah proses biologis yang kompleks yang terjadi untuk mengubah glukosa menjadi piruvat untuk memberikan energi untuk setiap sel hidup. Karena siklus glikolisis melibatkan konversi gula darah menjadi anion asam piruvat (piruvat), glikolisis juga disebut sebagai siklus asam sitrat.
Karena peristiwa ini juga melibatkan pelepasan energi bebas, glikolisis dianggap sebagai reaksi termodinamika. Hasil akhirnya adalah sintesis adenosin trifosfat-5′-(ATP) dan mengurangi dinukleotida nicotinamide adenin (NADH), dua nukleotida yang merupakan komponen kunci dari DNA dan penting untuk fungsi metabolisme yang tepat. Glikolisis adalah contoh sederhana dari respirasi selular anaerobik dan fermentasi, ada sepuluh langkah reaktif terjadi yang melibatkan antara beberapa enzim katalis dan senyawa .
Peristiwa pertama yang terjadi dalam glikolisis menggunakan energi yang disediakan oleh heksokinase enzim glikolisis untuk mengkonversi gula (glukosa) dengan enam molekul atom karbon menjadi dua senyawa yang mengandung tiga atom karbon, atau glukosa 6-fosfat. Zat ini kemudian mengalami penataan ulang molekuler untuk “laktat,” atau menghasilkan anion asam laktat. Untuk konsumsi energi dalam tahap awal glikolisis adalah produksi berikutnya dari dua dinucleotides nicotinamide adenin (Nads), diikuti oleh kelompok fosfat mengikat setiap molekul 3-karbon, yang menghasilkan 1,3-bisphosphoglycerate. Sementara itu, hidrogen dalam reaksi digunakan untuk mengurangi NAD, menghasilkan NADH. Akhirnya, glikolisis enzim piruvat kinase digunakan untuk menghasilkan dua ATP untuk setiap molekul glukosa yang terlibat dalam reaksi glikolitik.