Skip to main content

KEBUDAYAAN ORGANISASI


A. Arti Budaya Organisasi

Budaya akan memberikan suatu ciri khas tersendiri pada suatu organisasi. Budaya organisasi akan memberikan karakteristik dan identitas pada suatu organisasi. Budaya organisasi ini masuk kedalam setiap bagian dan tertanam didalam organisasi. Budaya organisasi inilah yang akan membedakan dari organisasi satu dengan yang lainya. Dimana budaya akan mempengaruhi organisasi dan organisasi akan dikelola oleh organisasi.

Pengertian budaya organisasi tersendiri meiliki arti sesuatu yang dapat mengikat organisasi tersebut dalam satu kesatuan. Menurut Pfister, budaya organisasi memiliki empat karakteristik yaitu : pemahaman bersama di antara anggota kelompok;  interaksi para anggota suatu kelompok; bersifat implisit ataupun eksplisit; dan didasarkan sejarah serta tradisi. (Heidelberg: Springer, 2009), disini nilai dan norma adalah yang terpenting dalam organisasi. Nilai bagi organisasi ini sangat di junjung tinggidan sangat diyakini dalam setiap anggota-anggotanya, sedangkan norma inilah akan mengatur setiap nilai-nilai dan perilaku pada organisasi.

Selain itu Geert H. Hofstede mengemukakan Budaya organisasi merupakan pemrograman pikiran yang bersifat kolektif, dalam mana budaya organisasi ini membedakan anggota (manusia) di satu organisasi dengan organisasi lainnya. Budaya organisasi dapat didefinisikan sebagai perangkat sisitem nilai (values), keyakinan, asmsi-asumsi, norma yang telah lama berlaku, disepakati dan diikuti oleh para anggotanya dalam organisasi sebagai pedoman perilaku dan pemecahan masalah-masalah organisasinya. Dalam budaya Organisasi terjadi sosialisasi nilai-nilai dan menginternalisasi dalam diri para anggota-anggotanya , menjiwai orang per orang di dalam organisasi . Denagn demikian, maka budaya organisasi merupakan jiwa organisasi dan jiwa para anggota organisasi (Kilmann dkk, 1988).

Pada dasarnya setiap konsep dalam budaya organisasi mementingkan adanya nilai, norma dan asumsi yang berlaku didalam organisasi, diamana konsep tersebut akan mengatur pola perilaku, pola pikir dan merasuk kedalam organisasi dalam rangka beradaptasi dengan lingkungan eksternal maupun membangun integrasi didalam organisasi.

Dalam mengkaji lebih dalam Kebudayaan Organisasi terdapat lapisan-lapisan budaya organisasi dimana menelaah setiap konsep dari budaya organisasi. Schein membagi lapisan budaya organisasi menjadi 3 tingkat yaitu Artifak, Keyakinan dan Nilai; dan Asumsi-asumsi.


Artifak

Artifak sesuatu paling mudah untuk dipahami, karena artifak ini merupakan seluruh fenomena yang bisa dilihat, didengar, dan diserap saat  seseorang memasuki organisasi baru yang budayanya masih asing  baginya. Artifak dapat dilihat dan bersifat nyata. Artifak ini berupa symbol-simbol, kebiasan-kebiasaan, norma-norma, bahasa, atribut. Misalnya : logo organisasi, seragam atau pakaian yang digunakan,  aturan-aturan yang ditetapkan, jargon-jargon dan sebagainya.


Norma

Norma diartikan cara seseorang atau kelompok untuk berhubungan dan berperilaku dalam kegiatan yang rutin. Norma adalah hasil dari nilai, yaitu  seputar bagaimana organisasi harus bertindak. Nilai termasuk pula cara seperti apa yang seharusnya digunakan dalam menggapai tujuan organisasi serta bagaimana kriteria pengalokasian kuasa dan status di dalam organisasi. Sebab itu, norma berupa aturan formal maupun informal di mana norma tidak dibakukan secara tertulis tetapi tetap mengatur bagaimana orang seharusnya berbuat ataupun berkomunikasi.

Nilai dan Kepercayaan

Nilai merupakan hubungan didalam organisasi untuk saling berinteraksi satu dengan yang lainya. Setiap anggota saling berinteraksi maka akan timbul kepercayaan, selanjutnya kepercayaan akan membentuk pemahaman akan seseorang mengenai organisasinya tersebut.

Asumsi-asumsi

Asumsi adalah konsep yang paling abstrk dalam lapisan budaya organisasi yang sifatnya implisit. Asumsi yakni kepercayaan yang diterima dan merasuk kedalam individu tanpa perlu dipertanyakan. asumsi terkadang bersifat tidak disadari dan meliputi persepsi, pemikiran, dan perasaan yang bersifat “taken-for-granted.”

B. Fungsi Budaya Organisasi

1.      Fungsi Pembeda

Budaya Organisasi memiliki suatu peran pembeda, Hal ini berarti budaya kerja menciptakan pembedaan yang jelas antara satu organisasi dengan yang lainya. Menurut Robbins budaya organisasi membatasi peran yang membedakan antara organisasi yang satu dengan organisasi yang lainya. Setiap Organisasi mempunyai peran yang berbeda sehingga perlu memiliki akar budaya yang kuat dalam system dan kegiatan yang ada dalam organisasi.

2.      identitas diri

menimbulkan rasa memiliki identitas bagi para anggota organisasi. Dengan budaya organisasi yang kuat, anggota organisasi akan merasa memiliki identitas yang merupakan cirri khas organisasi.

3.      Mementingkan tujuan bersama

Mementingkan tujuan bersama, didalam anggota-anggota organisasi tumbuh komitmen pada kepentingan bersama daripada kepentingan individu.

4.      Meningkatkan kemantapan system social

Dapat menjaga kestabilan organisasi yang direkatkan oleh pemahaman budaya yang sama akan membuat kondisi organisasi relative stabil.

Dengan demikan , fungsi budaya organisasi adalah sebagai perekat mempersatukan anggota-anggota dalam mencapai tujuan berupa ketentuan-ketentuan atau nilai-nilai yang harus dikatakan dan dilakukan oleh para anggota. Hal ini dapt berfungsi pula sebagai control atas perilaku anggota. Budaya organisasi yang kuat mendukung tujuan-tujuan organisasi, sebaliknya yang lemah menghambat tujuan-tujuan organisasi.

Daftar Pustaka



Hasibuan, Malayu. 2003. Organisasi dan Motifasi. Jakarta : Bumi Aksara

Miftah thoha.2009. Perilaku Organisasi (Konsep dasar dan perilakunya). Jakarta :  rajawali press.

Sutrisno, Edy. 2010. Budaya Organisasi. Jakarta : kencana.

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo