Skip to main content

Putusan Komite Etik Dipaksakan

Komite Etik memberikan sanksi teguran tertulis kepada Ketua KPK Abraham Samad dan pimpinan KPK, Adnan Pandu Praja. Sanksi keras ditujukan kepada Wiwin Suwandi, Sekretaris KPK yang membocorkan sprindik.

Hanya saja putusan itu tidak diterima baik Abraham. Tokoh asal Sulsel ini bahkan mengaku kecewa berat. Ia menilai, putusan tersebut harusnya dipisahkan hubungan dia sebagai ketua KPK dan Wiwin Suwandi selaku sekretaris dan pribadi. 

"Kalau bicara profesional harusnya dipisahkan saya dan dia (Wiwin, red) sebagai pribadi yang sudah dewasa. Terus terang saya kecewa. Putusan komite etik ini seolah dipaksakan," kata Abraham Samad di Jakarta, Rabu 3 April.

Aktivis antikorupsi ini menguraikan, untuk memberantas hukum di negeri ini bukan dengan cara-cara biasa. Tetapi harus dilakukan dengan cara luar biasa. "Sejak saya pertama bergabung di KPK saya orangnya progresif dan aktif. Kalaupun ada, karena etika atau kesalahan administrasi itu bukan substansi," beber Abraham kepada FAJAR kemarin.

Ketua KPK yang sudah membongkar sejumlah kasus besar ini juga menambahkan, dibutuhkan tekad lebih untuk membongkar kasus korupsi. Dia menceritakan, luar biasa intrik dan pergulatan di lembaga superbodi tersebut. "Saya tetap harus semangat menghadapinya," ungkapnya.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPR-RI Sarifuddin Sudding yang dihubungi terpisah juga menilai, putusan komite etik tidak singkron dan cenderung mengada-ada. Dalam putusan disebutkan secara jelas, Abraham Samad tidak terbukti melakukan pembocoran. 

"Konsideran komite etik menyebut Abraham "tidak terbukti". Lucunya disebut tidak terbukti, tetapi ada sanksi. Itu kan aneh! Komite etik ini ngawur," kata mantan pengacara ini.

Dia pun menguraikan pimpinan KPK dalam hal ini Abraham Samad diminta oleh komite etik berperilaku dan melakukan komunikasi dengan unsur pimpinan KPK. "Sekali lagi putusan itu juga tidak relevan dengan persoalan sprindik bocor. Apa kaitan antara perilaku, komunikasi seorang diri Abraham dan bocornya sprindik? Ini juga logika yang tidak nyambung," tambahnya.

Atas putusan tersebut, Syarifuddin meminta komite etik dibubarkan saja. Sejak awal kehadirannya dinilai oleh politisi asal Partai Hanura ini tidak membawa semangat pemberatasan korupsi. "Kinerja mereka kami ragukan!. Ada usaha untuk selalu membelokkan usaha pemberatasan korupsi dari subtansinya," tuturnya.  

Komite Etik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memang telah merampungkan investigasi terhadap kasus bocornya dokumen sprindik Anas Urbaningrum kemarin. Ketua Komite Etik, Anies Baswedan mengungkapkan meski ada unsur kesengajaan, namun tidak ada pelanggaran pidana.

"Soal pelanggarannya, kita tak menemukan unsur pidana," tegas Anies Baswedan di Kantor KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta, Rabu, 3 April.
Sebelum pengumuman resmi ini, komite etik juga sudah menemui seluruh pimpinan. Namun pertemuan itu bukan untuk memberitahu hasil investigasi mereka.

"Bahwa telah terbukti terjadi pembocoran dokumen KPK berupa konsep Surat Perintah Penyidikan atas nama Anas Urbaningrum dengan pelaku pembocoran Wiwin Suwandi yang wewenang untuk memeriksa dan menjatuhkan sanksinya berada di tangan Majelis Dewan Pertimbangan Pegawai KPK," kata Anies.

Komite Etik memutuskan telah terbukti terjadi pembocoran dokumen KPK berupa konsep Surat Perintah Penyidikan atas nama Anas Urbaningrum dengan pelaku pembocoran Wiwin Suwandi yang wewenang untuk memeriksa dan menjatuhkan sanksinya berada di tangan Majelis Dewan Pertimbangan Pegawai KPK. 

Meski begitu Abraham Samad disebut tidak terbukti secara langsung membocorkan dokumen Sprindik, tetapi perbuatan dan sikapnya dianggap tidak sesuai dengan Kode Etik Pimpinan KPK. Pimpinan KPK lainnya, Adnan Pandu Praja juga tidak terbukti telah ikut melakukan pembocoran dokumen.

Komite Etik juga menemukan berbagai masalah yang perlu mendapat perhatian dan demi perbaikan internal KPK, Komite Etik perlu menyampaikan beberapa Rekomendasi yang harus ditindaklanjuti oleh Pimpinan KPK. Di antaranya merekomendasikan agar nilai-nilai dasar pribadi pimpinan yang tercermin dan diwujudkan dalam bentuk sikap, pandangan, ucapan, tindakan dan perilaku Pimpinan KPK yang sekarang sedang disempurnakan KPK harus segera dilaksanakan dalam waktu selambatnya 3 (tiga) bulan sejak rekomendasi ini ditetapkan.     

Komite Etik merekomendasikan agar segera diimplementasikan hal-hal yang ditujukan untuk menjamin zero tolerance perwujudan nilai dasar, kode etik dan perilaku, yaitu pelaksanaan sistem manajemen keamanan informasi, penguatan pengawas internal, serta mengadopsi prinsip pemberian sanksi yang lebih berat atas pengulangan pelanggaran kode etik dan kode perilaku.
   
Protes Tersangka
Raut wajah Abraham Samad tegang saat mendengarkan hasil investigasi Komite Etik. Tidak seperti tiga pimpinan KPK lainnya, ekspresi tegang lebih banyak terlihat pada raut wajah Ketua KPK ini saat Komite Etik membacakan hasil investigasinya. Selain Abraham Samad, ada tiga pimpinan lainnya yang dijadikan 'terdakwa' dalam sidang terbuka komite etik. Mereka adalah Busyro Muqoddas, Adnan Pandu Praja dan Zulkarnain.

Dua pimpinan yang menjadi sorotan dalam kasus bocornya sprindik Anas Urbaningrum adalah Samad dan Adnan. Namun reaksi mereka berdua sangat bertolak belakang.

Selama pembacaan putusan, Adnan terlihat lebih santai. Salah satu kakinya sesekali diangkat. Sesekali juga ia tampak tersenyum sambil menutup mulut dengan tangannya. Nah beda dengan Samad. Dia memperhatikan setiap pertimbangan yang dibacakan dengan seksama. Ketegangan jelas sekali terpancar dari wajahnya.

Bahkan Samad sempat geleng-geleng kepala saat salah satu anggota komite etik, Abdullah Hehamahua keselip lidah. Kalimat yang seharusnya dibacakan Abdullah adalah terperiksa, namun yang tersebut justru tersangka. Namun ketegangan akhirnya mencair setelah Ketua Komite Etik, Anies Baswedan menutup sidang. Anies memberi apresiasi atas kehadiran seluruh pimpinan dalam sidang terbuka in

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo