Skip to main content

PLASMA DARAH




Plasma darah adalah komponen darah berbentuk cairan berwarna kuning yang menjadi medium sel-sel darah, dimana sel darah ditutup, yang berbentuk butiran-butiran darah. Di dalamnya terkandung benang-benang fibrin/fibrinogen yang berguna untuk menutup luka yang terbuka.

Plasma darah merupakan komponen terbesar dalam darah, dimana besar volume nya 55% dari volume darah yang terdiri dari 90% berupa air dan 10% berupa larutan protein, glukosa, faktor koagulasi, ion mineral, hormon dan karbon dioksida. Karena dinding kapiler permiabel bagi air dan elektrolit maka plasma darah selalu ada dalam pertukaran zat dengan cairan interstisial. Dalam waktu 1 menit sekitar 70% cairan plasma bertukaran dengan cairan interstisial.

Fungsi plasma darah adalah mengangkut sari makanan ke sel-sel serta membawa sisa pembakaran dari sel ke tempat pembuangan serta menghasilkan zat kekebalan tubuh terhadap penyakit atau zat antibodi.

Isi Kandungan Plasma Darah Manusia :
1. Gas oksigen, nitrogen dan karbondioksida
2. Protein seperti fibrinogen, albumin dan globulin
3. Enzim
4. Antibodi
5. Hormon
6. Urea
7. Asam urat
8. Sari makanan dan mineral seperti glukosa, gliserin, asam lemak, asam amino, kolesterol, dan sebagainya.

Plasma darah dapat dipisahkan di dalam sebuah tuba berisi darah segar yang telah dibubuhi zat anti-koagulan yang kemudian diputar sentrifugal sampai sel darah merah jatuh ke dasar tuba, sel darah putih akan berada di atasnya dan membentuk lapisan buffy coat, plasma darah berada di atas lapisan tersebut dengan kepadatan sekitar 1025 kg/m3.

Serum darah adalah plasma tanpa fibrinogen, sel dan faktor koagulasi lainnya. Fibrinogen menempati 4% alokasi protein dalam plasma dan merupakan faktor penting dalam proses pembekuan darah.

Protein plasma juga mempunyai peran yang penting dalam pengaturan distribusi air antara plasma dan ruang interstisial, karena sebagai protein ia tidak dapat melewati dinding kapiler. Dengan demikian, tekanan osmotik koloidnya akan menahan air dalam sirkulasi darah. Peran yang terbesar dilakukan albumin (±80%). Albumin juga mempunyai arti yang besar untuk ikatan protein obat. 


Plasma darah sebagian besar terkomposisi oleh air , namun tentu bukan air saja maka ia disebut plama mengingat ada bahan organik , anorganik , asam , basa , garam dan senyawa lain
Plasma darah adalah cairan pengisi sela sel darah yang renggang .  Dengan ada sela , tidak rapat , ada matriks itulah kesempatan plasma darah yang berupa cairan masuk mengitari sel mencelup sel , melindungi sel dan memberikan fasilitas yang diberikan ke sel
Di Plasma itulah juga segala sesuatu sel menumpahkan isinya, getahnya sehingga Plasma darah benar benar tempat tumpahan sel darah dan tentu juga sel tubuh lainnya di luar pembuluh darah yang dimasukkan ke darah

Plasma darah karena terkandung senyawa organik berupa protein darah misalnya globulin , aglutinin dan juga produk produk pelindung untuk sel maka plasma banyak ditemui Antibody  yang kemudian kita mengenalnya dengan serum sehingga tubuh kita menjadi kebal
Berikut disertakan teori apa saja kira kira yang ada di plasma yang melindungi tubuh dari serangan kuman patogen sehingga kita Immun  OK

 Protein anti mikroba meningkatkan pertahanan dalam tubuh dengan melawan mikroorganisme secara langsung atau dengan menghalangi kemampuannya untuk bereproduksi. Protein anti mikroba yang penting adalah interferon dan protein komplemen.
Interferon merupakan suatu protein yang dihasilkan oleh sel tubuh yang terinfeksi virus untuk melindungi bagian sel lain di sekitarnya. Interferon mampu menghambat perbanyakan sel-sel yang terinfeksi, namun dapat meningkatkan diferensiasi sel-sel.
Protein komplemen adalah sekelompok plasma protein yang bersirkulasi di darah dalam keadaan tidak aktif. Protein komplemen dapat diaktifkan oleh munculnya ikatan antigen dan antibody atau jika protein komplemen bertemu dengan molekul polisakarida di permukaan tubuh mikroorganisme.

2. imunitas adaptif
System ini diaktifkan oleh system imunitas bawaan. Imunitas adaptif mampu mengenali dan mengingat patogen spesifik sehingga dapat bersiap bila infeksi pathogen yang sama terjadi di kemudian hari. Contoh system imunitas adaptif yang penting adalah limfosit.

Limfosit
Limfosit akan berkembang menjadi dua jenis sel, sel T dan sel B.

Sel T umumnya bekerja melawan antigen sel eukariot, misalnya jamur atau sel manusia hasil transplantasi. Sel T juga dapat menghancurkan sel tubuh yang terinfeksi virus atau patogen lainnya dan dapat membunuh sel kanker. Sel B bekerja melawan antigen berupa bakteri dan racun yang masuk ke dalam tubuh.
Limfosit telah matang sebelum bertemu antigen yang akan di lawannya. Tetapi bukan antigen yang menentukan benda asing yang akan dilawan oleh limfosit, melainkan gen kitalah yang menentukan benda asing yang akan dilawan oleh limfosit. Antigen hanya akan menentukan jenis sel B atau T yang akan melawan benda asing tersebut.
Jika ada protein asing (antigen) masuk ke dalam tubuh, sel B yang telah terspesialisasi akan menghasilkan protein yang disebut antibody.
Zat antibody merupakan protein jenis immunoglobulin (Ig) yang bekerja dengan cara merespon antigen. Antibody hanya dibuat oleh plasma sel limfosit B. antibody terdiri atas rantai berat dan rantai ringan yang pada ujungnya terdapat tempat pengikatan antigen yang spesifik.
Antibody terdapat di dalam darah dan cairan tubuh yang dibentuk sebagai respons system kekebalan terhadap antigen asing. Antigen yang dikenali oleh sel limfosit B, limfosit T, dan makrofag akan merangsang pelepasan antibody ke dalam darah. Respons sel yang pertama terhadap antibody adalah pembentukan antibody IgM oleh sel, setelah itu baru pembentukan antibody tipe lain seperti IgG, IgA, IgD, dan IgE.
a. IgM
adalah antibody yang dihasilkan pada pemaparan awal oleh suatu antigen, contohnya jika seorang anak menerima vaksinasi tetanus i, maka 10-14 hari kemudian akan terbentuk antibody antitetanus IgM (respons antibody primer). IgM banyak terdapat di dalam darah, tetapi dalam keadaan normal tidak ditemukan di dalam organ maupun jaringan.
b. IgG
adalah jenis antibody yang dihasilkan pada pemaparan antigen berikutnya. Contohnya, setelah mendapatkan suntikan tetanus ii (booster), maka 5-7 hari kemudian seorang anak akan membentuk antigen IgG. Respons antibody sekunder ini lebih cepat dan lebih berlimpah dibandingkan dengan respons antibody primer. IgG di temukan dalam darah dan jaringan.
c. IgA
adalah antibody yang memegang peranan penting pada pertahanan tubuh terhadap masuknya mikroorganisme melalui permukaan yang dilapisi selaput lendir, yaitu hidung, mata, paru-paru, dan anus. IgA ditemukan di dalam darah dan cairan tubuh (pada saluran pencernaan, hidung, mata, paru-paru, dan ASI).
d. IgE
adalah antibody yang menyebabkan reaksi alergi akut (reaksi alergi cepat).
e. IgD
adalah antibody yang terdapat dalam jumlah yang sangat sedikit di dalam darah.

Zat antibody menghentikan aktivitas antigen penyebab penyakit dengan cara sebagai berikut.
a. menetralisir : mengikat antigen dan mencegahnya agar tidak mempengaruhi aktivitas sel-sel normal.
b. opsonisasi : menyiapkan antigen agar dapat dicerna oleh makrofag dengan cara melapisi permukaan antigen dengan antibody.
c. fiksasi komplemen : melubangi dan menghancurkan membran sel bakteri oleh antibody.

Zat antibody dapat keluar dari darah menuju ke cairan tubuh lainnya untuk mencegah infeksi pada permukaan mukosa, seperti pada usus halus dan paru-paru. Zat antibody juga dapat ditemukan pada air susu ibu.

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo