Skip to main content

Perbedaan Struktur Tubuh Chilopoda Diplopoda Arachnida


Perbedaan Struktur Tubuh Chilopoda Diplopoda Arachnida- Supa mudah membedakannya disini akan dibahas ciri-ciri dari chilapoda, diploda dan arachnida, setelah memahami ciri-cirinya anda bisa dengan mudah membedakan masing-masingnya.
a. Ciri-ciri Chilopoda
Hewan chilapoda hidupnya di darat sebagai hewan karnivor. Tubuhnya chilapoda terdiri atas kepala dan badan. Bentuk hewan ini agak pipih/gepeng dan beruas-ruas. Pada tiap ruas terdapat sepasang kaki. Pada bagian kepala chilapoda terdapat sepasang antena yang panjang, dua kelompok mata tunggal, dan alat mulut. Contoh Chilopoda yang sering kita temukan adalah kelabang atau lipan seperti terlihat pada Gambar 8.27.
Gambar 8.27 Seekor kelabang.Gambar 8.27 Seekor kelabang.
Kelabang adalah arthropoda uniramian yang tubuhnya terdiri dari banyak rantai (hingga 177) segmen yang rata. Kaki kelabang telah dimodifikasi untuk sehingga berbentuk lebih besar, taringnya beracun yang digunakan untuk menangkap mangsanya. bagaimanapun, Gigitan kelabang besar, dapat menyakitkan untuk orang dewasa dan berbahaya bagi anak kecil.
Kelabang adalah predator, makanannya berupa hewan invertebrata seperti cacing tanah dan serangga terestrial. kelabang memeriluakn habitat mikro yang lembab. telur kelabang yang menetas bentuknya akan menyerupai kelabang dewasa. dalam beberapa kasus ukuran kelabang bisa mencapai hingga 10 inchi. kelabang merupakan hewan kelompok yang sangat beragam ada sekitar 20 keluarga kelabang yang terdiri lebih dari 2500 spesies.
b. Ciri-ciri Diplopoda
kaki seribu (Kelas Diplopoda, sebelumnya disebut Chilognatha) merupakan artropoda panjang yang memiliki tubuh silindris juga mempunyai dua pasang kaki ditiap ruas tubuhnya (antara 20 sampai 100 ruas). Hewan ini termasuk hérbivora, lambat, juga tidak berbisa; berbeda dengan kerabat dekatnya, kelabang (Kelas Chilopoda), yang terlihat di bagian kakinya yang sapasang dari tiap ruas. Kaki seribu kebanyakan memakan tumbuhan yang sudah membusuk dan sisa-sisa tumbuhan mati lainnya. Sebelum dimakan kaki seribu menyekresikeun cairan untuk membasahi makanannya. Kelas artropoda ini dianggap sebagai hewan pertama yang mejelajahi daratan dalam periode geologi Silurian. Keanehan utama hewan ini adalah dalam jumlah kakinya, sehingga disebut kaki seribu atau dalam bahasa inggris disebut millipede dari bahasa latin milli (ribuan) dan pede (kaki). jumlah kaki kaki seribu sebenarnya tidak mencapai seribu, rata-rata 40-200 pasang, meskipun ada juga spesies langka yang jumlah kakinya sampai 375 pasang.
Dikarenakan jumlah kakinya yang banyak juga pendek, kaki seribu ini berjalannya terbilang lambat, tetapi mereka begitu ahli dalam membut lubang. Dikarenakan begitu pelan dalam berjalannya, kaki seribu ini tidak bisa lepas kalau ada hewan lain yang akan memangsanya. Untuk mempertahankan dirinya dengan cara menggulung badannya menjadi bentuk koil dan kakinya bersembunya di bagian dalam, dikelilingi oleh ruas tubuh yang keras. Ada juga beberapa spesien yang mensekresikan cairan berbisa, atau gas hidrogen sianida dari pori mikroskopis sepanjang tubuhnya. Cairan sekresinya ada yang mengandung asam yang dapat membakar eksoskeleton semut dan predator serangga, serta kulit dan mata predator yang lebih besar. Bagi manusia cairan sekresi ini tidak berbahaya, tetapi harus berhati-hati kalau mengenai mata atau tertelan. Biasanya cairan sekresi ini digunakan untuk menolak serangga yang biasa mengganggu, juga untuk tujuan psikoaktif. Kaki seribu ini juga ada yang ampibi. Contoh yang sering kita temukan adalah kaki seribu yang dapat diamati pada Gambar 8.28. Diplopoda bersama dengan Chilopoda, umumnya dikelompokkan dalam kelompok Myriapoda.
Gambar 8.28 Seekor kaki seribu.Gambar 8.28 Seekor kaki seribu.
c. Ciri-ciri Arachnida
Hampir semua arachnida dewasa memiliki delapan kaki, dari kenyataan ini arachnida dapat dengan mudah dibedakan dengan serangga, karena serangga memiliki enam kaki. Namun, arachnida juga memiliki dua pasang kaki pelengkap yang telah menjadi disesuaikan untuk makan, pertahanan, dan persepsi sensorik. Pasangan pertama, chelicerae, digunakan dalam makan dan pertahanan. Pasangan berikutnya dari pelengkap, pedipalpus yang telah disesuaikan untuk makan, penggerak, dan / atau fungsi reproduksi. Dalam Solifugae, yang palps cukup mirip seperti kaki, sehingga hewan-hewan ini tampaknya memiliki sepuluh kaki. Larva tungau dan Ricinulei hanya memiliki enam kaki, pasangan keempat muncul ketika mereka rontok menjadi nimfa. Namun, ada juga tungau dewasa dengan enam, atau bahkan empat kaki.
Arachnida lebih lanjut dibedakan dari serangga dengan kenyataan mereka tidak memiliki antena atau sayap. Tubuh mereka diatur menjadi dua tagma disebut prosoma, atau cephalothorax, dan opisthosoma, atau perut. Cephalothorax berasal dari fusi dari Cephalon (kepala) dan dada, dan biasanya ditutupi oleh karapas, tunggal tidak bersegmen. Perut adalah tersegmentasi dalam bentuk lebih primitif, tetapi berbagai tingkat fusi antara segmen terjadi dalam banyak kelompok. Hal ini biasanya dibagi menjadi preabdomen dan postabdomen, meskipun ini hanya jelas terlihat dalam kalajengking, dan dalam beberapa pesanan, seperti Acari, bagian perut benar-benar menyatu. Seperti semua arthropoda, Arachnida memiliki exoskeleton, dan mereka juga memiliki struktur internal dari tulang rawan-seperti jaringan yang disebut endosternite, yang kelompok otot tertentu yang melekat. Para endosternite bahkan kalsifikasi dalam beberapa Opiliones.
Tubuh hewan ini mempunyai kepala yang bersatu dengan dada disebut kepala dada atausefalotoraks, dan perut. Kepala Arachnida tidak mempunyai antena. Hewan ini bernapas dengan paru-paru buku, trakea, atau kedua-duanya. Untuk mempelajari Arachnida, amati Gambar 8.29!
Gambar 8.29 Macam-macam ArachnidaGambar 8.29 Macam-macam Arachnida
Beberapa Arachnida dapat bersifat merugikan, misalnya, caplak. Hewan ini merugikan karena mereka makan dengan cara mengisap darah pada burung dan mamalia, bahkan mungkin juga pada manusia. Selain caplak, tungau yang termasuk Arachnida juga banyak hidup sebagai parasit.Sarcoptes, misalnya, dimasukkan sebagai tungau dan dapat menyebabkan penyakit kulit yang disebut scabies.

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo