Sunday, April 22, 2018

UNBK SMP, Muhadjir Pastikan Beberapa Soal Tergolong Hots


UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) jenjang SMP sederajat mulai dilaksanakan hari ini, Senin (23/4).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy memastikan beberapa soal yang akan diujikan tergolong High Order Thinking Skills (Hots) alias sulit. Terutama untuk tiga mata pelajaran utama, yakni IPA, Matematika, dan Bahasa.

"Soal masih tetep ada bagian soal yang nanti gunakan standart Hots. Tapi untuk level SMP, tentu beda dengan SMA," ujarnya saat menghadiri acara Semarak Hardiknas Jawa Timur 2018 di Metrika Satata Graha Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Otomotif dan Elektronika (PPPPTK-BEO) Malang, Minggu (22/4).

Sebelumnya, pada UNBK tingkat SMA, tidak sedikit siswa yang mengeluh tentang sulitnya soal-soal yang muncul pada saat ujian. Menanggapi hal itu, Muhadjir sempat berkomentar bahwa mulai tahun ini pemerintah memang meningkatkan tingkat kesulitan dalam soal UNBK.

Salah satunya dengan menerapkan sistem Hots. "Hal itu untuk mengukur kemampuan berpikir tinggi siswa," kata dia.

Selain itu, meningkatnya tingkat kesulitan pada soal ujian itu juga untuk mengejar ketertinggalan kualitas pendidikan di Indonesia. Untuk itu, pemerintah menerapkan soal yang memiliki tingkat kesulitan tinggi yang sudah berstandar internasional.

Namun, menurut Muhadjir, tidak semua soal memiliki tingkat kesulitan tinggi. Hanya sekitar 20 persen dari total soal yang memiliki tingkat kesulitan tinggi.

Dia pun berharap, pelaksanaan UNBK SMP bisa berjalan lancar. "Terutama pesan betul-betul agar dijaga marwah dari ujian nasional ini. Jauh dari praktik-praktik yang tidak terpuji, terutama kecurangan dan ketidak

Entri yang Diunggulkan

Alhamdulilah, Istri Bupati Barru Sembuh dari Korona

Pasca menjalani isolasi mandiri selama 14 hari karena terkonfirmasi covid. Hj Hasnah Syam, Istri bupati Barru dinyatakan sembuh dari virus ...