Skip to main content

SEX PASCA MENOPAUSE

Menopause bukan tanda akhir dari aktivitas seksual seorang wanita.
Adalah berupa sebuah fakta bilamana bagi sebagian wanita aktivitas keintiman menjadi lebih baik pada masa pertengahan usia.
Beberapa tahun yang lalu, Judy Grant, seorang pengacara wanita yang berusia 52 tahun, mendapatkan kenyataan bahwa dirinya sudah tidak lagi mendapatkan periode haid, vagina terasa lebih kering dibandingkan biasanya dan gairah seksual teramat sulit untuk dibangkitkan. Wanita ini mulai cemas dan berpikir bahwa kehidupan seksualnya akan segera berakhir. Dia pernah mendengar bahwa pada saat menopause, wanita akan kehilangan gairan dan kemampuan seksualnya. Namun setelah menggunakan bahan pelicin (lubrikasi) dan menyesuai kan pengharapan seksualnya agar lebih baik, dia merasakan bahwa dia justru merasakan kesenangan yang lebih dari biasanya. Dia terutama sangat menyenangi belaian dan kemanjaan antara dia dan suaminya yang berlangsung lebih lama sebelum mereka mencapai puncak kenikmatan melalui hubungan seksual.
Seperti halnya dengan Judy, banyak sekali kaum wanita yang mengkhawatirkan bahwa dengan adanya menopause maka berakhir pula gairah dan kesenangan seksual mereka. Kecemasan ini terutama berasal dari mitos bahwa wanita paruh baya atau wanita tua akan kehilangan daya tariknya dan menjadi aseksual. Selain itu, mereka seringkali mencampur-adukkan pengertian tentang kemampuan untuk hamil dan hilangnya gairah seksual.
Berdasarkan apa yang disampaikan oleh Paula Doress-Worters, pengarang buku The New Ourselves, Growing Older and The New Our Bodies, Ourselves" maka dapat dikemukakan bahwa tidak ada alasan untuk menyatakan bahwa seksualitas wanita pada usia pertengahan selalu bermasalah.
Meskipun menopause mendatangkan perubahan fisiologi yang dapat mengganggu aktivitas seksual, 70 sampai 80% wanita menopause tidak mengalami penurunan aktivitas dan kepuasan seksual.
Bagaimana cara anda menerima perubahan yang terjadi saat menopause, hal itulah yang akan memberikan dampak berarti dalam kesehatan dan kenikmatan seksual. Beberapa wanita menopause mengalami peningkatan gairah seksual mereka manakala mereka menyadari bahwa mereka tak perlu lagi cemas dengan terjadinya kehamilan akibat hubungan seksual dan pula, anak-anak mereka sudah dewasa dan tak lagi memerlukan perhatian mereka.

Perubahan saat menopause yang mempengaruhi kehidupan seksual

Perubahan fisiologis akibat menopause kadang-kadang mengganggu aktivitas dan gairah seksual pada sejumlah wanita. Perubahan dapat terjadi pada lubrikasi, dinding vagina gairah seksual, dorongan seksual dan orgasme yang mengakibatkan kegiatan seksual menjadi kurang mengenakkan dan kurang menyenangkan.
Kekeringan vagina dan nyeri saat hubungan seksual.
Masalah yang paling sering terjadi adalah vagina yang kering, meskipun sebenarnya hanya 20% wanita yang merasakannya. Dinding vagina menjadi tipis dan kurang lentur. Terdapat rasa pedih, panas dan kadang nyeri atau berdarah saat melakukan sanggama.
Lubrikasi dengan bahan dasar air dapat mengatasi kekeringan vagina yang terjadi. Jangan gunakan lubrikan dengan bahan dasar petroleum (vaselin). Vitamin E atau krim pelembab juga dapat digunakan sebagai lubrikan.
Bila lubrikan atau pelembab masih kurang menolong maka dapat diberikan krim estrogen vagina untuk mengatasi masalah kekeringan vagina.
Stimulasi dan orgasme
Beberapa orang wanita mengalami orgasme yang lebih jarang dan kurang kuat saat menopause. Pada mereka diperlukan waktu yang lama untuk meningkatkan gairah seksual.
Hampir pada semua wanita, hubungan seksual yang teratur atau masturbasi dapat membantu meningkatkan respon dan kenikmatan seksual. Aktivitas tersebut dapat mempertahankan fungsi atau peranan rahim, vagina serta kandung kemih serta meningkatkan lubrikasi vagina. Kegel Exercise, latihan ini meningkatkan kontraksi otot panggul sekitar vagina yang memembantu penguatan otot-otot vagina.
Hasrat seksual
Hilangnya gairah seksual secara temporer atau jangka panjang terjadi pada sejumlah wanita selama dan sesudah menopause. Penyebab dari keadaan ini antara lain:
  • Lelah
  • Stress
  • Penyakit
  • Masalah hubungan pribadi
  • Masalah psikologis
  • Efek samping terapi medikamentosa
  • Perubahan hormon
  • Rasa tidak enak akibat perubahan fisik yang terjadi selama menopause.
Gangguan hubungan suami istri seringkali menjadi kambuh akibat adanya perubahan-perubahan selama menopause. Gangguan hubungan ini memerlukan penanganan dari seorang ahli seksologi.
Bila masalahnya terletak pada faktor hormonal maka pemberian estrogen akan dapat dengan mudah menyelesaikan masalah yang terjadi.
Tidak ada kaitan langsung antara kadar estrogen dengan gairah seksual. Masalah yang utama adalah akibat keringnya vagina dan rasa nyeri saat hubungan seksual.
Kadar hormon, derajat kesehatan umum dan perubahan sosial sehubungan dengan usia serta efek mental dan emosional bekerja sama dalam perubahan seksual selama menopause.
Menurunnya kadar testosteron diduga berperan dalam penurunan gairah seksual. Hal ini masih belum terbukti secara ilmiah. Hormon estrogen terdapat dalam bentuk pil atau injeksi serta krim. Namun dalam penggunaannya perlu diingat adanya efek samping.

Peningkatan keintiman

Perubahan yang terjadi pada usia pertengahan memungkinkan untuk melakukan eksplorasi pengalaman seksual yang baru dan berbeda. Laki-laki juga mengalami perubahan seperti misalnya agar dapat mengalami ereksi diperlukan waktu yang lama.
Permainan pendahuluan yang lebih lama akan dapat meningkatakan kesiapan seksual pada wanita. Memusatkan perhatian pada sensualitas, keintiman dan komunikasi dapat memperbaiki hubungan seksual.
Terdapat berbagai cara untuk memperlihatkan perasaan cinta anda selain hanya sekedar sanggama. There are many ways of expressing your love besides intercourse:
  • Pelukan, belaian dan ciuman
  • Sentuhan, mengusap, memijat , “sensual baths”
  • Rangsangan manual
  • Oral sex
Hubungan seksual pasca menopause dapat benar-benar memuaskan bila anda mampu untuk melakukan adaptasi perubahan yang terjadi.

Catatan mengenai pengendalian kesuburan dan seks aman

Bila anda melakukan sanggama, anda harus menggunakan pencegahan kehamilan sebelum anda-anda benar tidak mendapatkan haid selama 12 bulan berturut-turut. Pencegahan terhadap penyakit menular seksual harus tetap diperhatikan. Kecuali bila anda hanya mempunyai satu pasangan seksual, anda harus menggunakan kondom.

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo