Skip to main content

FINALISASI UNAS 2015

Siswa SMP mengikuti Ujian Nasional. Foto: Jawa Pos/dok.jpnn




Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengebut finalisasi persiapan ujian nasional (unas) 2015.
Rencananya siang ini (29/12) Mendikbud Anies Baswedan memimpin rapat persiapan bersama dengan kepada dinas pendidikan tingkat provinsi se-Indonesia di Jakarta.

Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Teuku Ramli Zakaria menuturkan, segala masukan perubahan konsep unas sudah mereka godok bersama dengan tim dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud.
Ramli menuturkan, diantara perubahan yang akan disosialisasikan adalah perubahan nama unas menjadi evaluasi nasional (enas).

"Biar Pak Menteri (Mendikbud Anies Baswedan, red) yang menyampaikan langsung besok," tuturnya saat dikonfirmasi kemarin. Ramli menjelaskan, pada prinsipnya unas tahun depan harus terlaksana dengan baik. Sebagai pihak yang bertugas menyelenggarakan unas, BSNP tidak ingin kasus-kasus negatif selama pelaksanaan ujian tahunan itu terus terjadi.

Seperti laporan kecurangan dalam berbagai wujud, hingga kasus kekurangan naskah soal ujian di beberapa daerah. "Sistem unas tentu diperbaiki. Supaya bisa menekan kasus-kasus seperti laporan contekan, lembar soal bocor, dan sejenisnya," tutur dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta itu.

Terkait dengan kriteria kelulusan, Ramli menjelaskan BSNP masih menggunakan acuan Permendikbud terkini. Yakni mengkolaborasikan 50 persen bobot dari nilai murni unas dan 50 persen dari nilai ujian akhir sekolah (UAS). Dengan pembobotan yang sebanding itu, dia mengklaim untuk lulus unas 2015 lebih gampang.

"Sehingga kerjakan unas dengan jujur, tampan mencontek," katanya. Dengan bobot penilaian yang berimbang itu, Ramli mengatakan unas otomatis bukan faktor dominan penentu kelulusan siswa.
Berbeda dengan unas 2014 dimana nilai murni unas berbobot 60 persen. Sisanya nilai UAS bobotnya hanya 40 persen.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Balitbang Kemendikbud Nizam menjelaskan, pembahasan lain dalam pertemuan hari ini adalah urusan lelang logistik. Dia mengatakan lelang logistik unas 2015 akan dimulai awal Januari depan.

Dalam rapat ini juga akan diputuskan petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan unas 2015. Sebab dalam rapat ini, Kemendikbud juga mengundang panitia unas tingkat provinsi. Panitia tingkat provinsi itu seperti dari pemerintah provinsi dan perguruan tinggi negeri (PTN).
Hingga kemarin Nizam juga belum bisa memastikan apakah nama unas benar-benar diganti menjadi enas.

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo