Skip to main content

Pengertian Membran sel

Membran sel (membran plasma) adalah membran semipermeabel tipis yang mengelilingi sitoplasma sel. Fungsinya adalah untuk melindungi integritas dari bagian dalam sel dengan membiarkan zat tertentu ke dalam sel, sambil menjaga zat lainnya di luar. Hal ini juga berfungsi sebagai dasar perlekatan untuk sitoskeleton di beberapa organisme dan dinding sel di tempat lain. Dengan demikian membran sel juga berfungsi untuk membantu mendukung sel dan membantu menjaga bentuknya. Sel-sel hewan, sel tumbuhan, sel prokariotik, dan sel-sel jamur memiliki membran sel.
Membran luar sel terdiri dari dua lapisan fosfolipid dengan protein tertanam. Plasma Membran memisahkan isi sel dari lingkungan luar, dan itu mengatur apa yang masuk dan keluar sel.
Pada hewan membran plasma adalah meliputi bagian terluar dari sel sedangkan pada tumbuhan, jamur, dan beberapa bakteri terletak di bawah dinding sel.

Struktur Membran sel

Membran sel terutama terdiri dari campuran protein dan lipid. Tergantung pada lokasi membran dan peran dalam tubuh, lipid dapat membuat mana saja dari 20 sampai 80 persen dari membran, dengan sisanya sebagai protein. Sementara membran lipid membantu memberikan fleksibilitas mereka, protein memantau dan memelihara suhu kimia sel dan membantu dalam transfer molekul melintasi membran.

Membran sel Lipid

Fosfolipid merupakan komponen utama dari membran sel. Mereka membentuk bilayer lipid yang hidrofilik (menarik air) daerah kepala mereka secara spontan mengatur untuk menghadapi sitosol berair dan cairan ekstraselular, sementara hidrofobik (ditolak oleh air) daerah ekor mereka menghadapi menjauh dari sitosol dan cairan ekstraseluler. The bilayer lipid adalah semi-permeabel, sehingga hanya molekul tertentu untuk berdifusi melintasi membran.
Kolesterol merupakan komponen lipid membran sel lain. Ini membantu untuk kekakuan membran sel dan tidak ditemukan dalam membran sel tanaman.
Glikolipid terletak pada permukaan membran sel dan memiliki rantai gula karbohidrat yang menyertainya. Mereka membantu sel untuk mengenali sel-sel tubuh lainnya.

Membran sel Protein

Protein struktural membantu memberikan dukungan sel dan bentuk. Protein reseptor membran sel membantu sel-sel berkomunikasi dengan lingkungan eksternal mereka melalui penggunaan hormon, neurotransmitter dan molekul sinyal lain. Protein transportasi, seperti protein globular, molekul transportasi melintasi membran sel melalui difusi difasilitasi. Glikoprotein memiliki rantai karbohidrat yang menyertainya. Mereka tertanam dalam membran sel dan membantu dalam sel ke sel komunikasi dan transportasi molekul melintasi membran.

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo