Skip to main content

Fungsi Hormon Progesteron pada Wanita

Progesteron adalah salah satu hormon dalam tubuh kita yang merangsang dan mengatur berbagai fungsi. Progesteron berperan dalam mempertahankan kehamilan. Hormon Progesteron diproduksi di ovarium, plasenta (ketika seorang wanita hamil) dan kelenjar adrenal. Progesteron membantu mempersiapkan tubuh Anda untuk pembuahan dan kehamilan dan mengatur siklus menstruasi bulanan. Progesteron juga memainkan peran dalam gairah seksual.
Selama masa reproduksi, kelenjar hipofisis di otak menghasilkan hormon (follicle-stimulating hormone [FSH] dan luteinizing hormone [LH]) yang menyebabkan telur baru untuk matang dan bisa dilepaskan dari folikel ovarium yang setiap bulan. Saat folikel berkembang, menghasilkan hormon seks estrogen dan progesteron, yang menebalkan lapisan rahim. Tingkat progesteron meningkat pada paruh kedua dari siklus menstruasi, dan setelah rilis telur (ovulasi), jaringan ovarium yang menggantikan folikel (korpus luteum) terus memproduksi estrogen dan progesteron.
Estrogen adalah hormon yang merangsang pertumbuhan lapisan rahim (endometrium), menyebabkan ia menebal selama fase pra-ovulasi dari siklus.
Fungsi Progesteron pada Wanita
Salah satu fungsi progesteron yang paling penting adalah untuk menyebabkan endometrium untuk mensekresikan protein khusus selama paruh kedua siklus menstruasi, mempersiapkan untuk menerima dan memelihara telur telah dibuahi yang ditanamkan. Jika implantasi tidak terjadi, kadar estrogen dan progesteron menurun, endometrium tersebut pecah turun dan menstruasi terjadi.
Jika terjadi kehamilan, progesteron diproduksi di plasenta, dan tingkat tetap tinggi selama kehamilan. Kombinasi estrogen yang tinggi dan tingkat progesteron menekan ovulasi lebih lanjut selama kehamilan. Progesteron juga mendorong pertumbuhan kelenjar penghasil susu pada payudara selama kehamilan.
Tingkat progesteron yang tinggi diyakini ikut bertanggung jawab atas gejala sindrom pramenstruasi (PMS), seperti nyeri payudara, kembung merasakan ayunan dan suasana hati. Saat Anda tidak haid, bisa jadi karena kegagalan ovulasi dan tingkat progesteron rendah berikutnya.

Perawatan progestogen

Kata “progestogen” mengacu pada setiap produk hormon yang mempengaruhi rahim dalam banyak cara yang sama seperti progesteron alami kita. Versi sintetik progesteron yang efektif, yang disebut progestin, telah ada sejak tahun 1950-an. Sebuah versi kapsul yang dimikronisasi progesteron alami (berasal dari ubi liar) dikembangkan baru-baru ini.
Progestogen yang disertakan bersama dengan estrogen dalam kombinasi kontrasepsi oral dan terapi hormon menopause. Progestin juga digunakan sendiri untuk pengendalian kelahiran dan untuk pengobatan berbagai kondisi lain, termasuk perdarahan uterus abnormal dan amenore (tidak mengalami menstruasi), endometriosis, payudara, ginjal atau kanker rahim, dan kehilangan nafsu makan dan berat badan yang berhubungan dengan AIDS dan kanker . Progestin juga dapat digunakan sebagai alat bantu diagnostik untuk memeriksa efek dari estrogen.

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo