Saturday, January 7, 2017

3.11Mengidentifikasi informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinasyang dibaca dan didengar.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (7.2)
Sekolah                       :  SMPN 1  Mallusetasi
Mata pelajaran             :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :  VII/2
Materi Pokok              :  Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri surat pribadi dan surat dinas
Alokasi Waktu            :  2 x 40 menit
Kompetensi Inti :
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan serangkaian kegiatan pembelajaran melalui Pembelajaran Inkuiri peserta didik dapat:
  1. Menjelaskan sifat bahasa yang digunakan dalam surat dinas dengan baik.
  2. Menjelaskan isi tentang keperluan surat dinas dengan benar.
  3. Menjelaskan hal yang perlu diperhatikan dalam menulis surat dinas
  4. Menjelaskan pilihan ragam bahasa yang tepat dan sesuai untuk penerima dan tujuan menulis surat pribadi.
Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.13 Mengidentifikasi informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/ atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar.
Indikator
  • Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri surat pribadi dan surat dinas pada teks yang dibaca/didengar.
Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
  • Pengertian surat pribadi dan surat dinas.
  • Jenis surat pribadi dan surat dinas.
  • Tujuan komunikasi surat pribadi dan surat dinas.
  • Pola pengembangan isi pada surat pribadi dan surat dinas.
Keterampilan
  • Memetakan pengembangan isi.
  • Praktik memahami isi surat pribadi dan surat dinas (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian.
  • Praktik menentukan pola pengembangan isi teks.
Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
  • Pengertian surat pribadi dan surat dinas.
  • Jenis surat pribadi dan surat dinas.
  • Tujuan komunikasi surat pribadi dan surat dinas.
  • Pola pengembangan isi pada surat pribadi dan surat dinas.
Keterampilan
  • Memetakan pengembangan isi.
  • Praktik memahami isi surat pribadi dan surat dinas (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian.
  • Praktik menentukan pola pengembangan isi teks.
Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
  • Pengertian surat pribadi dan surat dinas.
  • Jenis surat pribadi dan surat dinas.
  • Tujuan komunikasi surat pribadi dan surat dinas.
  • Pola pengembangan isi pada surat pribadi dan surat dinas.
Keterampilan
  • Memetakan pengembangan isi.
  • Praktik memahami isi surat pribadi dan surat dinas (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian.
  • Praktik menentukan pola pengembangan isi teks.
Sikap utama yang ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.
Metode Pembelajaran
Tanya jawab 
Diskusi 
Penugasan 
Latihan 
Media Pembelajaran
Infokus 
Contoh surat pribadi 
Contoh surat dinas 
Sumber Belajar
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 243 s.d 250.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 117 s.d 124.
  • Lingkungan sekitar
  • http://kecilnyaaku.com
Kegiatan Pembelajaran
Bagian A: Dekonstruksi
Pendahuluan
Tahap 1 Orientasi
  • Memberi salam, tegur sapa, dan mengabsen peserta didik.
  • Guru mengondisikan agar peserta didik siap melaksanakan proses pembelajaran,
  • Guru menjelaskan topik, tujuan, dan hasil belajar yang diharapkan dapat tercapai oleh peserta didik.
  • Guru menjelaskan pokok-pokok kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta didik untuk mencapai tujuan
  • Dalam rangka memberikan motivasi belajar peserta didik, guru menjelaskan pentingnya topik dan kegiatan belajar.
Kegiatan Inti
Tahap 2:  Merumuskan Masalah
Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik untuk merumuskan dan memahami masalah nyata yang telah disajikan mengenai kata/kalimat sebagai ciri surat pribadi dan surat dinas.
Tahap 3:  Merumuskan Hipotesis
Guru membimbing peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berhipotesis dengan cara menyampaikan  berbagai pertanyaan yang dapat mendorong peserta didik untuk dapat merumuskan jawaban sementara atau dapat merumuskan berbagai perkiraan kemungkinan jawaban dari suatu permasalahan yang dikaji dalam hal kata/kalimat sebagai ciri surat pribadi dan surat dinas.
Tahap 4:  Mengumpulkan Data
Guru membimbing peserta didik dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang dapat mendorong peserta didik untuk berpikir mencari informasi yang dibutuhkan mengenai kata/kalimat sebagai ciri surat pribadi dan surat dinas.
Tahap 5:  Menguji Hipotesis
Guru membimbing peserta didik dalam proses menentukan jawaban yang dianggap diterima sesuai dengan data dan informasi yang diperoleh berdasarkan pengumpulan data mengenai kata/kalimat sebagai ciri surat pribadi dan surat dinas.
Penutup
Tahap 6:  Merumuskan Kesimpulan
  • Untuk mencapai kesimpulan yang akurat, guru menunjukkan kepada peserta didik data yang relevan mengenai kata/kalimat sebagai ciri surat pribadi dan surat dinas.
  • Guru membimbing peserta didik dalam proses mendeskripsikan temuan yang diperoleh berdasarkan hasil pengujian hipotesis mengenai kata/kalimat sebagai ciri surat pribadi dan surat dinas.
  • Siswa menerima umpan balik tentang proses pembelajaran.
  • Siswa ditugaskan untuk membaca buku tentang surat menyurat dalam bahasa Indonesia. Hasil bacaanya dituangkan pada jurnal harian.
  • Siswa menerima penyampaian tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan
Bentuk            :  Isian dan tugas yang dikerjakan secara individu atau kelompok.
Indikator Soal :
Disajikan contoh surat pribadi dan surat dinas.
  1. Jelaskan sifat bahasa yang digunakan dalam surat dinas dengan baik!
  2. Jelaskan isi tentang keperluan surat dinas dengan benar!
  3. Jelaskan hal yang perlu diperhatikan dalam menulis surat dinas!
  4. Jelaskan pilihan ragam bahasa yang tepat dan sesuai untuk penerima dan tujuan menulis surat pribadi!
Penilaian Keterampilan
Teknik             :  Produk
Bentuk            :  Tugas yang dikerjakan secara individu atau kelompok.
Indikator Soal :
Produk tentang:
  • Memetakan pengembangan isi
  • Praktik memahami isi surat pribadi dan surat dinas (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian
  • Praktik menentukan pola pengembangan isi teks
Pembelajaran Remedial
Aktivitas kegiatan pembelajaran remedial, yang dapat berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pedoman Penskoran :

AspekSkor
·         Jawaban sempurna5
·         Jawaban kurang sempurna3
·         Jawaban tidak sempurna1
Skor maksimal20
Skor akhir=Skor yang diperolehx 100
Dibagi Skor Maksimal
 
Mengetahui,
Kepala Sekolah

(DRS.H.ARIFIN.K.M.Pd)
NIP.
Palanro, 10 Januari 2017
Guru Mata Pelajaran

HJ.NURAENI S.Pd.I









Entri yang Diunggulkan

Alhamdulilah, Istri Bupati Barru Sembuh dari Korona

Pasca menjalani isolasi mandiri selama 14 hari karena terkonfirmasi covid. Hj Hasnah Syam, Istri bupati Barru dinyatakan sembuh dari virus ...