Skip to main content

3.11Mengidentifikasi informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinasyang dibaca dan didengar.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (7.2)
Sekolah                       :  SMPN 1  Mallusetasi
Mata pelajaran             :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :  VII/2
Materi Pokok              :  Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri surat pribadi dan surat dinas
Alokasi Waktu            :  2 x 40 menit
Kompetensi Inti :
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan serangkaian kegiatan pembelajaran melalui Pembelajaran Inkuiri peserta didik dapat:
  1. Menjelaskan sifat bahasa yang digunakan dalam surat dinas dengan baik.
  2. Menjelaskan isi tentang keperluan surat dinas dengan benar.
  3. Menjelaskan hal yang perlu diperhatikan dalam menulis surat dinas
  4. Menjelaskan pilihan ragam bahasa yang tepat dan sesuai untuk penerima dan tujuan menulis surat pribadi.
Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.13 Mengidentifikasi informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/ atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar.
Indikator
  • Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri surat pribadi dan surat dinas pada teks yang dibaca/didengar.
Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
  • Pengertian surat pribadi dan surat dinas.
  • Jenis surat pribadi dan surat dinas.
  • Tujuan komunikasi surat pribadi dan surat dinas.
  • Pola pengembangan isi pada surat pribadi dan surat dinas.
Keterampilan
  • Memetakan pengembangan isi.
  • Praktik memahami isi surat pribadi dan surat dinas (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian.
  • Praktik menentukan pola pengembangan isi teks.
Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
  • Pengertian surat pribadi dan surat dinas.
  • Jenis surat pribadi dan surat dinas.
  • Tujuan komunikasi surat pribadi dan surat dinas.
  • Pola pengembangan isi pada surat pribadi dan surat dinas.
Keterampilan
  • Memetakan pengembangan isi.
  • Praktik memahami isi surat pribadi dan surat dinas (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian.
  • Praktik menentukan pola pengembangan isi teks.
Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
  • Pengertian surat pribadi dan surat dinas.
  • Jenis surat pribadi dan surat dinas.
  • Tujuan komunikasi surat pribadi dan surat dinas.
  • Pola pengembangan isi pada surat pribadi dan surat dinas.
Keterampilan
  • Memetakan pengembangan isi.
  • Praktik memahami isi surat pribadi dan surat dinas (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian.
  • Praktik menentukan pola pengembangan isi teks.
Sikap utama yang ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.
Metode Pembelajaran
Tanya jawab 
Diskusi 
Penugasan 
Latihan 
Media Pembelajaran
Infokus 
Contoh surat pribadi 
Contoh surat dinas 
Sumber Belajar
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 243 s.d 250.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 117 s.d 124.
  • Lingkungan sekitar
  • http://kecilnyaaku.com
Kegiatan Pembelajaran
Bagian A: Dekonstruksi
Pendahuluan
Tahap 1 Orientasi
  • Memberi salam, tegur sapa, dan mengabsen peserta didik.
  • Guru mengondisikan agar peserta didik siap melaksanakan proses pembelajaran,
  • Guru menjelaskan topik, tujuan, dan hasil belajar yang diharapkan dapat tercapai oleh peserta didik.
  • Guru menjelaskan pokok-pokok kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta didik untuk mencapai tujuan
  • Dalam rangka memberikan motivasi belajar peserta didik, guru menjelaskan pentingnya topik dan kegiatan belajar.
Kegiatan Inti
Tahap 2:  Merumuskan Masalah
Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik untuk merumuskan dan memahami masalah nyata yang telah disajikan mengenai kata/kalimat sebagai ciri surat pribadi dan surat dinas.
Tahap 3:  Merumuskan Hipotesis
Guru membimbing peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berhipotesis dengan cara menyampaikan  berbagai pertanyaan yang dapat mendorong peserta didik untuk dapat merumuskan jawaban sementara atau dapat merumuskan berbagai perkiraan kemungkinan jawaban dari suatu permasalahan yang dikaji dalam hal kata/kalimat sebagai ciri surat pribadi dan surat dinas.
Tahap 4:  Mengumpulkan Data
Guru membimbing peserta didik dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang dapat mendorong peserta didik untuk berpikir mencari informasi yang dibutuhkan mengenai kata/kalimat sebagai ciri surat pribadi dan surat dinas.
Tahap 5:  Menguji Hipotesis
Guru membimbing peserta didik dalam proses menentukan jawaban yang dianggap diterima sesuai dengan data dan informasi yang diperoleh berdasarkan pengumpulan data mengenai kata/kalimat sebagai ciri surat pribadi dan surat dinas.
Penutup
Tahap 6:  Merumuskan Kesimpulan
  • Untuk mencapai kesimpulan yang akurat, guru menunjukkan kepada peserta didik data yang relevan mengenai kata/kalimat sebagai ciri surat pribadi dan surat dinas.
  • Guru membimbing peserta didik dalam proses mendeskripsikan temuan yang diperoleh berdasarkan hasil pengujian hipotesis mengenai kata/kalimat sebagai ciri surat pribadi dan surat dinas.
  • Siswa menerima umpan balik tentang proses pembelajaran.
  • Siswa ditugaskan untuk membaca buku tentang surat menyurat dalam bahasa Indonesia. Hasil bacaanya dituangkan pada jurnal harian.
  • Siswa menerima penyampaian tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan
Bentuk            :  Isian dan tugas yang dikerjakan secara individu atau kelompok.
Indikator Soal :
Disajikan contoh surat pribadi dan surat dinas.
  1. Jelaskan sifat bahasa yang digunakan dalam surat dinas dengan baik!
  2. Jelaskan isi tentang keperluan surat dinas dengan benar!
  3. Jelaskan hal yang perlu diperhatikan dalam menulis surat dinas!
  4. Jelaskan pilihan ragam bahasa yang tepat dan sesuai untuk penerima dan tujuan menulis surat pribadi!
Penilaian Keterampilan
Teknik             :  Produk
Bentuk            :  Tugas yang dikerjakan secara individu atau kelompok.
Indikator Soal :
Produk tentang:
  • Memetakan pengembangan isi
  • Praktik memahami isi surat pribadi dan surat dinas (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian
  • Praktik menentukan pola pengembangan isi teks
Pembelajaran Remedial
Aktivitas kegiatan pembelajaran remedial, yang dapat berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pedoman Penskoran :

AspekSkor
·         Jawaban sempurna5
·         Jawaban kurang sempurna3
·         Jawaban tidak sempurna1
Skor maksimal20
Skor akhir=Skor yang diperolehx 100
Dibagi Skor Maksimal
 
Mengetahui,
Kepala Sekolah

(DRS.H.ARIFIN.K.M.Pd)
NIP.
Palanro, 10 Januari 2017
Guru Mata Pelajaran

HJ.NURAENI S.Pd.I









Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo