Skip to main content

Rencana 1 Oktober 2016 Solar Naik Rp. 600 Bensin Turun Rp. 300

Wacana penurunan harga premium (bensin, red) bisa berdampak tarif angkutan kota (Angkot) Manado. Jika berdasar data, Ditjen Migas sudah memiliki kisaran harga baru premium dan solar. Untuk bensin dengan oktan 88 alias premium, turun sampai Rp300 per liter. Itu artinya, di Sulut harga premium turun dari Rp6.450 menjadi Rp6.150 per liter. Karenanya, tarif Angkot kans turun Rp3.500 dari tarif sebelumnya Rp3.700, sesuai Perwako Manado 09/2016.

Ekonom Sulut Prof Charles Kepel mengungkapkan, turunnya harga premium dan solar per 1 Oktober (lusa, red) nanti, memberikan banyak dampak di sisi transportasi se-Sulut. Diantaranya, memangkas sejumlah biaya operasional pengiriman barang, transportasi masal, memajukan perekonomian masyarakat baik pengusaha kecil sampai pelaku-pelaku bisnis skala besar. “Bahan bakar turun, biaya angkutnya kan otomatis juga turun, operasionalnya bisa diefisiensikan pada sektor lain,” ujar Kepel.

Ditegaskannya pula, transportasi dari antar kota, sampai antar provinsi pasti turun. Barang-barang yang diekspor maupun impor juga ikut terkoreksi biayanya. Meskipun kenyataannya, begitu tarif Bahan Bakar Minyak (BBM) diturunkan, tidak serta merta disesuaikan di lapangan. “Ada kajian dinas terkait, Dishub dan Organda. Tapi intinya, ini baik bagi perekonomian secara keseluruhan,” tandasnya.

Pengamat Transportasi Sulut Dr Jonli Pio menilai, perubahan harga BBM tidak hanya berpengaruh terhadap harga angkutan saja. Menurutnya, secara otomatis akan berdampak pada perubahan harga keseluruhan kebutuhan. Ini sudah menjadi hukum ekonomi. Naik atau turunnya tarif angkutan, haruslah pemerintah yang mengkaji. “Tapi hemat saya, tarif angkutan harus ikut turun apabila BBM memang turun,” pinta Pio.

Diungkapkannya, prosentase pengguna angkutan umum adalah kalangan menengah ke bawah. “Harus seimbang, di saat BBM naik, kan sopir meminta kenaikan tarif. Berikut saatnya sopir angkot melakukan penyesuaian harga,” tegasnya.

Kepala Dinas Perhubungan Sulut Drs Joi Oroh menjelaskan, setiap kali ada perubahan harga BBM, pastilah akan dilakukan penyesuaian. “Tapi kan baru wacana, belum bisa langsung ditentukan. Saya juga belum dapat info lengkap tentang itu,” ungkap Oroh, semalam.

Dirjen Migas Kementerian ESDM Wiratmaja Puja menjelaskan, saat ini pihaknya melakukan kajian final sebelum pengumuman harga BBM. Ada dua hal yang menjadi acuan pemerintah dalam menetapkan harga baru yang berlaku pada 1 Oktober itu. “Berdasar data dan pertimbangan stabilitas,” ujar Puja saat dihubungi Jawa Pos (Grup Manado Post). “Kalau solar, naik sampai Rp600 per liter. Premium turun 300,’’ tambahnya.



Saat ini, solar dijual Rp5.150 per liter. Jika tidak ada perubahan sampai akhir bulan ini, berarti harganya jadi Rp5.750 per liter. Solar naik karena Mean of Platts (MoPS) sebagai pembentuk harga juga naik.

Selain itu, subsidi solar dari Rp1.000 menjadi Rp500 per liter ikut mempengaruhi. Kenaikan itu, bisa jadi terasa langsung tinggi karena harga BBM dipertahankan selama enam bulan sejak April. Itu dilakukan pemerintah, karena ingin ada stabilitas ekonomi menjelang Ramadan dan Idul Fitri.

Lanjutnya, harga baru berdasar data, bisa saja tidak sama dengan pengumuman nanti. Sebab, pemerintah masih perlu mempertimbangkan dampak dari harga baru itu ke masyarakat. “Penetapan finalnya nanti, sedang dibahas mempertimbangkan stabilitas ekonomi, sosial, dan lainnya,’’ imbuhnya.

Meski pemerintah sempat menahan harga BBM selama enam bulan, Wirat memastikan pola yang digunakan untuk menghitung harga baru tetap tiga bulan. Menurutnya, itu sesuai dengan komitmen pemerintah, yang ingin membiasakan ada perubahan harga tiap tiga bulan. Kecuali ada momen khusus.

Terpisah, popularitas BBM jenis premium terus menurun. Data dari PT Pertamina (Persero), penjualan bensin dengan oktan 88 itu terus menurun hampir 50 persen dibanding tahun lalu. Itu membuat stok premium di dalam negeri menjadi lebih banyak.

VP Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro menyebut pada semester pertama 2016, rata-rata penjualan premium masih 70 ribu KL per hari. Namun, pada Agustus turun 55 ribu KL per hari, dan di 20 hari pertama September menjadi 50 ribu KL per hari. “Tapi, Pertamina tetap menjaga ketersediaan premium di tengah pelemahan permintaan,’’ kata Wianda, kemarin. Akibat turunnya permintaan, stok premium jadi membengkak. Dari yang sebelumnya 18 hari, sekarang menjadi 22 hari. Lantas, kemana perginya konsumen premium? Wianda menjawab pindah ke pertalite atau pertamax.

Namun, paling besar pindah ke pertalite yang memiliki RON 90. Kata Wianda, konsumen tahu bahan bakar mana yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan saat ini. Selain itu, harga pertalite tidak terpaut jauh dengan premium karena dijual Rp6.900 per liter. “Pertamina akan mencoba adaptif terhadap tren konsumsi masyarakat yang lebih memilih pertamax series dan pertalite,’’ jelasnya. Dia lantas menunjukkan fakta lain mengenai perpindahan konsumen ke Bahan Bakar Khusus (BBK) itu. Dari 91 ribu KL penjualan bensin non subsidi, 45 persen adalah pengguna pertalite dan pertamax.

Naiknya lebih dari dua kali lipat. Sebab, pada semester I 2016, pemakai pertamax dan pertalite hanya membeli 15 ribu KL atau setara 20 persen penjualan bensin. Tapi, angka itu meningkat drastis pada 20 hari pertama September 2016 karena konsumsinya menembus 40,837 KL per hari. “Statistiknya, lonjakan paling tinggi adalah pertalite. September ini sudah 25 ribu KL per hari,’’ ungkapnya.

Padahal, lanjut Wianda, pada semester I 2016 lalu rata-rata konsumsi pertalite masih sekitar 6.500 KL per hari. Untuk pertamax, juga meningkat tajam dari 10 ribu KL per hari menjadi sekitar 15 ribu KL per hari. Fakta itu membuat Pertamina memperbanyak pasokan pertamax series dan pertalite di SPBU.

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo