Tuesday, November 22, 2016

Urutan Isi Teks Prosedur

RPP (3.3)
Sekolah                       : SMPN 1Mallusetasi
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : VII/1
Materi Pokok              : Urutan Isi Teks Prosedur
Alokasi Waktu            : 3 x 40 menit
Kompetensi Inti :
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan dapat:
  1. Menjelaskan pengantar umum sebagai penanda yang akan dibuat/ dilakukan dengan benar.
  2. Menuliskan kalimat motivasi pada urutan tujuan teks prosedur dengan benar.
  3. Menyebutkan bahan yang diperlukan dalam membuat hal dengan lengkap.
  4. Menjelaskan urutan langkah dengan urut.
  5. Mendemonstrasikan cara melakukan suatu pekerjaan dari simpulan teks yang didengar.
Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
4.5 Menyimpulkan isi teks prosedur tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dan/atau kuliner khas daerah) yang dibaca dan didengar.
Indikator
  • Meringkas urutan isi teks prosedur
  • Menjawab pertanyaan isi teks prosedur
  • Mendemonstrasikan cara melakukan suatu pekerjaan dari simpulan teks yang didengar.
Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
  • Pengertian teks prosedur
  • Jenis teks prosedur
  • Tujuan komunikasi teks prosedur
  • Pola pengembangan isi pada teks prosedur
  • Ciri kata kerja, kata benda, kata sambung urutan, kalimat perintah, kalimat saran, kalimat larangan
Keterampilan
  • Memetakan urutan isi teks prosedur
  • Praktik memahami isi teks prosedur (menjawab pertanyaan hal yang dijelaskan, apa saja informasi rincian
  • Praktik menentukan pola pengembangan isi teks
Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
  • Pengertian teks prosedur
  • Jenis teks prosedur
  • Tujuan komunikasi teks prosedur
  • Pola pengembangan isi pada teks prosedur
  • Ciri kata kerja, kata benda, kata sambung urutan, kalimat perintah, kalimat saran, kalimat larangan
Keterampilan
  • Memetakan urutan isi teks prosedur
  • Praktik memahami isi teks prosedur (menjawab pertanyaan hal yang dijelaskan, apa saja informasi rincian
  • Praktik menentukan pola pengembangan isi teks
Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
  • Pengertian teks prosedur
  • Jenis teks prosedur
  • Tujuan komunikasi teks prosedur
  • Pola pengembangan isi pada teks prosedur
  • Ciri kata kerja, kata benda, kata sambung urutan, kalimat perintah, kalimat saran, kalimat larangan
Keterampilan
  • Memetakan urutan isi teks prosedur
  • Praktik memahami isi teks prosedur (menjawab pertanyaan hal yang dijelaskan, apa saja informasi rincian
  • Praktik menentukan pola pengembangan isi teks
Sikap utama yang ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.
Metode Pembelajaran
Tanya jawab
Diskusi
Penugasan
Latihan
Media Pembelajaran
Video
Teks prosedur
Sumber Belajar
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 81 s.d 97.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 61 s.d 67.
  • Lingkungan sekitar.
  • http://kecilnyaaku.com
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
Mengucapkan salam dan berdo’a.
Sesuai Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016, dalam kegiatan pendahuluan, guru wajib:
  • Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
  • Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan jenjang peserta didik;
  • Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
Menyampaikan cakupan
Kegiatan Inti
Langkah-langkah Bagian A dan B : Dekonstruksi:
Mengamati :
Peserta didik membaca beberapa teks prosedur secara cermat.
Menanya :
Setelah mencermati beberapa teks prosedur, peserta didik diarahkan untuk berpikir bagaimana urutan isi teks prosedur, apa isi teks prosedur, dan bagaimana cara melakukan suatu pekerjaan dari simpulan teks yang didengar.
Mengumpulkan Informasi:
  • Peserta didik berdiskusi kelompok untuk membahas pertanyaan-pertanyaan yang muncul berkaitan dengan urutan isi teks prosedur, isi teks prosedur, dan cara melakukan suatu pekerjaan dari simpulan teks yang didengar.
  • Peserta didik diarahkan untuk berpikir tentang urutan isi teks prosedur, isi teks prosedur, dan cara melakukan suatu pekerjaan dari simpulan teks yang didengar.
Mengasosiasi:
  • Peserta didik membandingkan hasil analisis terhadap urutan isi teks prosedur, isi teks prosedur, dan cara melakukan suatu pekerjaan dari simpulan teks yang didengar.
  • Peserta didik menelaah kembali urutan isi teks prosedur, isi teks prosedur, dan cara melakukan suatu pekerjaan dari simpulan teks yang didengar.
  • Peserta didik mendiskusikan pengantar umum sebagai penanda yang akan dibuat/ dilakukan.
  • Peserta didik menuliskan kembali kalimat motivasi pada urutan tujuan teks prosedur.
  • Peserta didik membaca dan mendiskusikan kalimat perintah yang menjadi ciri teks prosedur.
  • Peserta didik dalam kelompoknya menulis bahan yang diperlukan dalam membuat hal.
  • Peserta didik mendemonstrasikan cara melakukan suatu pekerjaan dari simpulan teks yang didengar.
Mengomunikasikan
  • Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang urutan isi teks prosedur, isi teks prosedur, dan cara melakukan suatu pekerjaan dari simpulan teks yang didengar.
  • Peserta didik membacakan rangkuman urutan isi teks prosedur, isi teks prosedur, dan cara melakukan suatu pekerjaan dari simpulan teks yang didengar.
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi:
  • Seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
  • Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  • Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok; dan
  • Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan tugas yang dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Berdasarkan teks prosedur yang disajikan
  1. Jelaskan pengantar umum sebagai penanda yang akan dibuat/ dilakukan dengan benar!
  2. Tuliskan kalimat motivasi pada urutan tujuan teks prosedur dengan benar!
  3. Sebutkan bahan yang diperlukan dalam membuat hal dengan lengkap!
  4. Jelaskan urutan langkah dengan urut!
  5. Demonstrasikan cara melakukan suatu pekerjaan dari simpulan teks yang didengar!
Penilaian Keterampilan
Pilihan Kegiatan
  1. Tulislah ringkasan urutan langkah membuat batik tulis pada teks 1 dengan bahasamu sendiri!
  2. Tulislah ringkasan langkah mencuci tangan pada teks 2 dengan bahasamu sendiri!
  3. Simpulkan saran apa saja yang dikemukakan penulis agar mencapai hasil maksimal dalam membuat batik tulis! Buktikan jawabanmu dengan kata/ kalimat pada teks!
  4. Simpulkan saran apa saja yang dikemukakan penulis agar mencapai hasil maksimal dalam melakukan cuci tangan! Buktikan jawabanmu dengan kata/ kalimat pada teks!
  5. Tulislah simpulan langkah gerakan tari poco-poco dengan bahasa sendiri kemudian peragakan secara kelompok di depan kelas!
  6. Peragakan tari poco-poco sesuai dengan teks prosedur yang kamu pahami.
  7. Lakukan secara berkelompok! Kesesuaian langkah, kekompakan, dan ketepatan gerakan menjadi unsur yang dinilai pada peragaanmu.
Pembelajaran Remedial
Aktivitas kegiatan pembelajaran remedial, yang dapat berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pedoman Penskoran :
Aspek Skor
·         Jawaban sempurna 5
·         Jawaban kurang sempurna 3
·         Jawaban tidak sempurna 1
Skor maksimal 25
                                                                                         
Mengetahui,
Kepala Sekolah

(____________)
NIP.
Palanro,       Juli  2016
Guru Mata Pelajaran

Hj.Nuraeni,S.Pd.I
NIP.

PEMBELAJARAN IPA DI LUAR KELAS

IPA merupakan salah satu Mata Pelajaran yang mempunyai ruang lingkup sangat luas. Di dalam IPA dipelajari tentang sesuatu yang berhubungan ...