Skip to main content

Ciri Umum Teks Prosedur

Sekolah                       : SMPN 1Mallusetasi
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : VII/1
Materi Pokok              : Ciri Umum Teks Prosedur
Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit
Kompetensi Inti :
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan dapat:
  1. Menjelaskan teks prosedur berdasarkan tujuannya dengan jelas.
  2. Menyebutkan struktur teks prosedur tentang cara melakukan pekerjaan dengan lengkap.
  3. Menyebutkan tiga ciri teks prosedur dari segi isinya dengan benar.
  4. Menjelaskan ciri teks prosedur dari bahasa yang digunakan dengan cermat.
Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5  Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
Indikator
  • Menentukan ciri umum teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
  • Pengertian teks prosedur
  • Jenis teks prosedur
  • Tujuan komunikasi teks prosedur
  • Pola pengembangan isi pada teks prosedur
  • Ciri kata kerja, kata benda, kata sambung urutan, kalimat perintah, kalimat saran, kalimat larangan
Keterampilan
  • Memetakan urutan isi teks prosedur
  • Praktik memahami isi teks prosedur (menjawab pertanyaan hal yang dijelaskan, apa saja informasi rincian
  • Praktik menentukan pola pengembangan isi teks
Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
  • Pengertian teks prosedur
  • Jenis teks prosedur
  • Tujuan komunikasi teks prosedur
  • Pola pengembangan isi pada teks prosedur
  • Ciri kata kerja, kata benda, kata sambung urutan, kalimat perintah, kalimat saran, kalimat larangan
Keterampilan
  • Memetakan urutan isi teks prosedur
  • Praktik memahami isi teks prosedur (menjawab pertanyaan hal yang dijelaskan, apa saja informasi rincian
  • Praktik menentukan pola pengembangan isi teks
Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
  • Pengertian teks prosedur
  • Jenis teks prosedur
  • Tujuan komunikasi teks prosedur
  • Pola pengembangan isi pada teks prosedur
  • Ciri kata kerja, kata benda, kata sambung urutan, kalimat perintah, kalimat saran, kalimat larangan
Keterampilan
  • Memetakan urutan isi teks prosedur
  • Praktik memahami isi teks prosedur (menjawab pertanyaan hal yang dijelaskan, apa saja informasi rincian
  • Praktik menentukan pola pengembangan isi teks
Sikap utama yang ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.
Metode Pembelajaran RPP teks prosedur

Tanya jawab RPP teks prosedur
Diskusi RPP teks prosedur
Penugasan RPP teks prosedur
Latihan RPP teks prosedur
Media Pembelajaran RPP teks prosedur

Video RPP teks prosedur
Teks prosedur RPP teks prosedur
Sumber Belajar RPP teks prosedur

  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 81 s.d 97.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 61 s.d 67.
  • Lingkungan sekitar.
  • http://kecilnyaaku.com
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
Mengucapkan salam dan berdo’a.
Sesuai Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016, dalam kegiatan pendahuluan, guru wajib:
  • Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
  • Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan jenjang peserta didik;
  • Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
Menyampaikan cakupan
Kegiatan Inti
Bagian A dan B : Dekonstruksi
Langkah-langkah:
Mengamati :
Peserta didik membaca beberapa teks prosedur secara cermat.
Menanya :
Setelah mencermati beberapa teks prosedur, peserta didik diarahkan untuk berpikir apakah ciri umum teks prosedur sesuai teks yang dibaca/didengar.
Mengumpulkan Informasi:
  • Peserta didik berdiskusi kelompok untuk membahas pertanyaan-pertanyaan yang muncul berkaitan dengan ciri umum teks prosedur sesuai teks yang dibaca/didengar.
  • Peserta didik diarahkan untuk berpikir tentang ciri umum teks prosedur sesuai teks yang dibaca/didengar.
Mengasosiasi:
  • Peserta didik membandingkan hasil analisis terhadap ciri umum teks prosedur sesuai teks yang dibaca/didengar.
  • Peserta didik menelaah kembali ciri umum teks prosedur sesuai teks yang dibaca/didengar.
  • Peserta didik mendiskusikan teks prosedur berdasarkan tujuannya.
  • Peserta didik menuliskan kembali struktur teks prosedur tentang cara melakukan pekerjaan. Peserta didik membaca dan mendiskusikan tiga ciri teks prosedur dari segi isinya.
  • Peserta didik dalam kelompoknya menyusun ringkasan ciri teks prosedur dari segi isinya.
  • Peserta didik berdiskusi untuk menentukan ciri teks prosedur dari bahasa yang digunakan.
Mengomunikasikan
  • Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang ciri umum teks prosedur sesuai teks yang dibaca/didengar.
  • Peserta didik membacakan rangkuman ciri umum teks prosedur sesuai teks yang dibaca/didengar.
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi:
  • Seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
  • Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  • Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok; dan
  • Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan tugas yang dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan teks prosedur.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Jelaskan teks prosedur berdasarkan tujuannya dengan jelas!
  2. Sebutkan struktur teks prosedur tentang cara melakukan pekerjaan dengan lengkap!
  3. Sebutkan tiga ciri teks prosedur dari segi isinya dengan benar!
  4. Jelaskan ciri teks prosedur dari bahasa yang digunakan dengan cermat!
Penilaian Keterampilan
Pilihan Kegiatan
  1. Tulislah ringkasan urutan langkah membuat batik tulis pada teks 1 dengan bahasamu sendiri!
  2. Tulislah ringkasan langkah mencuci tangan pada teks 2 dengan bahasamu sendiri!
  3. Simpulkan saran apa saja yang dikemukakan penulis agar mencapai hasil maksimal dalam membuat batik tulis! Buktikan jawabanmu dengan kata/ kalimat pada teks!
  4. Simpulkan saran apa saja yang dikemukakan penulis agar mencapai hasil maksimal dalam melakukan cuci tangan! Buktikan jawabanmu dengan kata/ kalimat pada teks!
  5. Tulislah simpulan langkah gerakan tari poco-poco dengan bahasa sendiri kemudian peragakan secara kelompok di depan kelas!
  6. Peragakan tari poco-poco sesuai dengan teks prosedur yang kamu pahami.
  7. Lakukan secara berkelompok! Kesesuaian langkah, kekompakan, dan ketepatan gerakan menjadi unsur yang dinilai pada peragaanmu.
Pembelajaran Remedial
Aktivitas kegiatan pembelajaran remedial, yang dapat berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pedoman Penskoran :
Aspek Skor
·         Jawaban sempurna 5
·         Jawaban kurang sempurna 3
·         Jawaban tidak sempurna 1
Skor maksimal 20
                                              RPP teks prosedur                                                             
Mengetahui,
Kepala Sekolah

(____________)
NIP.
  Palanro,       Juli  2016
Guru Mata Pelajaran

Hj.Nuraeni,S.Pd.I
NIP.

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo