Tuesday, November 22, 2016

Ciri dan Jenis Teks Prosedur

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (3.2)
Sekolah                       : SMPN 1 Mallusetasi
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : VII/1 Mengkonstruksi
Materi Pokok              : Ciri dan Jenis Teks Prosedur
Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit
Kompetensi Inti :
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan dapat:
  1. Menuliskan kata penghubung yang menyatakan waktu sebagai ciri teks prosedur dengan lengkap.
  2. Menuliskan kata penghubung yang menyatakan tujuan sebagai ciri teks prosedur dengan lengkap.
  3. Menuliskan kata penghubung yang menyatakan urutan sebagai ciri teks prosedur dengan lengkap.
  4. Menuliskan kalimat perintah yang menjadi ciri teks prosedur dengan lengkap.
  5. Menuliskan kalimat saran yang menjadi ciri teks prosedur dengan lengkap.
  6. Menuliskan kalimat larangan yang menjadi ciri teks prosedur dengan lengkap.
  7. Menentukan jenis teks prosedur pada teks yang dibaca dengan benar.
Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5  Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
Indikator
  • Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
  • Menentukan jenis teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
  • Pengertian teks prosedur
  • Jenis teks prosedur
  • Tujuan komunikasi teks prosedur
  • Pola pengembangan isi pada teks prosedur
  • Ciri kata kerja, kata benda, kata sambung urutan, kalimat perintah, kalimat saran, kalimat larangan
Keterampilan
  • Memetakan urutan isi teks prosedur
  • Praktik memahami isi teks prosedur (menjawab pertanyaan hal yang dijelaskan, apa saja informasi rincian
  • Praktik menentukan pola pengembangan isi teks
Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
  • Pengertian teks prosedur
  • Jenis teks prosedur
  • Tujuan komunikasi teks prosedur
  • Pola pengembangan isi pada teks prosedur
  • Ciri kata kerja, kata benda, kata sambung urutan, kalimat perintah, kalimat saran, kalimat larangan
Keterampilan
  • Memetakan urutan isi teks prosedur
  • Praktik memahami isi teks prosedur (menjawab pertanyaan hal yang dijelaskan, apa saja informasi rincian
  • Praktik menentukan pola pengembangan isi teks
Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
  • Pengertian teks prosedur
  • Jenis teks prosedur
  • Tujuan komunikasi teks prosedur
  • Pola pengembangan isi pada teks prosedur
  • Ciri kata kerja, kata benda, kata sambung urutan, kalimat perintah, kalimat saran, kalimat larangan
Keterampilan
  • Memetakan urutan isi teks prosedur
  • Praktik memahami isi teks prosedur (menjawab pertanyaan hal yang dijelaskan, apa saja informasi rincian
  • Praktik menentukan pola pengembangan isi teks
Sikap utama yang ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.
Metode Pembelajaran Mengkonstruksi

Tanya jawab Mengkonstruksi
Diskusi Mengkonstruksi
Penugasan Mengkonstruksi
Latihan Mengkonstruksi
Media Pembelajaran Mengkonstruksi

Video Mengkonstruksi
Teks prosedur Mengkonstruksi
Sumber Belajar Mengkonstruksi

  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 81 s.d 97.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 61 s.d 67.
  • Lingkungan sekitar.
  • http://kecilnyaaku.com
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
Mengucapkan salam dan berdo’a.
Sesuai Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016, dalam kegiatan pendahuluan, guru wajib:
  • Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
  • Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan jenjang peserta didik;
  • Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
Menyampaikan cakupan
Kegiatan Inti
Bagian A dan B : Dekonstruksi
Langkah-langkah:
Mengamati :
Peserta didik membaca beberapa teks prosedur secara cermat.
Menanya :
  • Setelah mencermati beberapa teks prosedur, peserta didik diarahkan untuk berpikir apakah kata/kalimat sebagai ciri teks dan jenis teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
Mengumpulkan Informasi:
  • Peserta didik berdiskusi kelompok untuk membahas pertanyaan-pertanyaan yang muncul berkaitan dengan kata/kalimat sebagai ciri teks dan jenis teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
  • Peserta didik diarahkan untuk berpikir tentang kata/kalimat sebagai ciri teks dan jenis teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
Mengasosiasi:
  • Peserta didik membandingkan hasil analisis terhadap kata/kalimat sebagai ciri teks dan jenis teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
  • Peserta didik menelaah kembali kata/kalimat sebagai ciri teks dan jenis teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
  • Peserta didik mendiskusikan kata penghubung sebagai ciri teks prosedur.
  • Peserta didik menuliskan kembali kata penghubung sebagai ciri teks prosedur.
  • Peserta didik membaca dan mendiskusikan kalimat perintah yang menjadi ciri teks prosedur.
  • Peserta didik dalam kelompoknya menulis kalimat saran dan kalimat larangan yang menjadi ciri teks prosedur.
  • Peserta didik berdiskusi untuk menentukan jenis teks prosedur pada teks yang dibaca dengan benar.
Mengomunikasikan
  • Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang kata/kalimat sebagai ciri teks dan jenis teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
  • Peserta didik membacakan rangkuman kata/kalimat sebagai ciri teks dan jenis teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi:
  • Seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
  • Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  • Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok; dan
  • Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan tugas yang dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Berdasarkan teks prosedur yang disajikan
  1. Tuliskan kata penghubung yang menyatakan waktu sebagai ciri teks prosedur dengan lengkap!
  2. Tuliskan kata penghubung yang menyatakan tujuan sebagai ciri teks prosedur dengan lengkap!
  3. Tuliskan kata penghubung yang menyatakan urutan sebagai ciri teks prosedur dengan lengkap!
  4. Tuliskan kalimat perintah yang menjadi ciri teks prosedur dengan lengkap!
  5. Tuliskan kalimat saran yang menjadi ciri teks prosedur dengan lengkap!
  6. Tuliskan kalimat larangan yang menjadi ciri teks prosedur dengan lengkap!
  7. Tentukan jenis teks prosedur pada teks yang dibaca dengan benar!
Penilaian Keterampilan
Pilihan Kegiatan
  1. Tulislah ringkasan urutan langkah membuat batik tulis pada teks 1 dengan bahasamu sendiri!
  2. Tulislah ringkasan langkah mencuci tangan pada teks 2 dengan bahasamu sendiri!
  3. Simpulkan saran apa saja yang dikemukakan penulis agar mencapai hasil maksimal dalam membuat batik tulis! Buktikan jawabanmu dengan kata/ kalimat pada teks!
  4. Simpulkan saran apa saja yang dikemukakan penulis agar mencapai hasil maksimal dalam melakukan cuci tangan! Buktikan jawabanmu dengan kata/ kalimat pada teks!
  5. Tulislah simpulan langkah gerakan tari poco-poco dengan bahasa sendiri kemudian peragakan secara kelompok di depan kelas!
  6. Peragakan tari poco-poco sesuai dengan teks prosedur yang kamu pahami.
  7. Lakukan secara berkelompok! Kesesuaian langkah, kekompakan, dan ketepatan gerakan menjadi unsur yang dinilai pada peragaanmu.
Pembelajaran Remedial
Aktivitas kegiatan pembelajaran remedial, yang dapat berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pedoman Penskoran :
Aspek Skor
·         Jawaban sempurna 5
·         Jawaban kurang sempurna 3
·         Jawaban tidak sempurna 1
Skor maksimal 35
                                                                                         
Mengetahui,
Kepala Sekolah

(____________)
NIP.
  Palanro,       Juli  2016
Guru Mata Pelajaran

Hj.Nuraeni,S.Pd.I
NIP.

PEMBELAJARAN IPA DI LUAR KELAS

IPA merupakan salah satu Mata Pelajaran yang mempunyai ruang lingkup sangat luas. Di dalam IPA dipelajari tentang sesuatu yang berhubungan ...