Skip to main content

Bintang untuk Nayah

(Ilustrasi: Feri Usmawan/Okezone)

Suara penyiarnya merdu sekali: “Musik indie menggeliat di Kota Pempek Palembang. Komunitas musik ini menandai kiprahnya dengan memproduksi karya-karya mereka sendiri tanpa tergantung pada perusahaan rekaman. Salah satu grup band bernama Ahiikoko punya pengalaman seram. Mereka merekam singel berjudul Moksa.”
 
Nayah muncul di layar berita. Rias make-up mencantikkan wajah bujur telurnya. Intonasi suara mendayu-dayu itu jelas terdengar di telinga. Tak ada tekanan berlebih pada kata kerja seperti yang sering jadi titik lemah pembawa acara baru.
 
Adegan beralih ke potongan gambar yang di-shooting kameraman. Sumber beritanya memberi penjelasan dari tepi jalan ramai. “Rekamannya dilakukan di studio Joni di kawasan Kertapati. Waktu selesai rekaman, eh di belakang suara vokal penyanyi, ada suara lain yang membuat teman-teman merinding,” cerita Botok, pemain bas Ahiikoko, yang identitasnya terbaca melalui credit tittle dalam gambar di layar.
 
Lalu muncul seorang perempuan berbusana dan berdandan aneh. Sosok itu terdiri dari rok mini, hem motif kotak lengan pendek, lipstik, maskara, eye-shadow, gelang besar di pergelangan tangan kiri, kalung rantai besar juga terjuntai di leher. Semuanya senada dengan pigmen kulitnya: serba hitam. Melihat perempuan itu, aku jadi teringat malam Jumat di tengah kuburan.
 
Nayah berbicara di latar belakang. Hanya berupa suaranya saja. Lantaran gambar terus menyorot si perempuan hitam. “Sementara Hilda Gothik, penyanyi latar lagu itu, membenarkan pendapat Botok. Selain mereka berdua, proses rekaman melibatkan Awang pada vokal, Pandu pada gitar, Paul pada biola, dan Sitol pada drum.”
 
 
Kehitaman itu rupanya punya nama. Seram juga. “Menurut Botok, entah itu suara apa, bunyinya halus,” kata si penyiar, Nayah, lagi.
 
Gambar kembali menampilkan Botok. Lelaki itu tampak kurus kurang makan dan bermata sayu mungkin kurang tidur. Yang berkomentar, “Seperti lagu yang dinyanyikan ulang dengan lirik terbalik, mulai dari belakang.”
 
Di studio, pengarah acara memindahkan sudut pandang. Kamera bergerak leluasa di sekujur wajah Nayah.
 
“Cerita menyeramkan itu tak mengurungkan niat Botok dan kawan-kawan merekam lagunya. Meski mereka berlima ketakutan, tapi singel Moksa akhirnya rampung juga. Kini, lagu itu terpajang di situs pertemanan Ahiikoko.”
 
Siaran berakhir.
 
Aku mencari tali gantungan.
«««
 
KUKAITKAN tali itu hingga menjuntai tergantung ke palang kayu. Setelah itu kutaruh kursi di bawahnya. Sementara di ambang jendela kamarku, muncul bayangan segitiga puncak gunung yang berwarna amat kelabu. Kelabunya hatiku, lalu berubah hitam. Beban ini sungguh berat!
 
“Aku mengenalmu sebagai seniman. Mana karyamu? Jangan mencuri ide orang lain! Apa kau sudah gila, melanggar etika?!” suara Mas Budi terngiang di ubun-ubun. Kurator galeri itu marah-marah lantaran ulah jahilku. Aku mencuri ide lukisan Leonardo da Vinci. Kulukis senyum misterius seorang wanita.
 
Padahal aku membayangkan Nayah. Tapi yang tampil di kanvasku, malah sosok Monalisa.
 
Aku mengangkat kursi. Menggenjot tubuhku ke atasnya, lalu berdiri di sana. Kuambil tali terjuntai. Menyimpulnya seperti lasso. Kukalungi tali itu ke leher. Tali terikat membekap leherku, kuat-kuat. Mataku terpejam. Diayun bayang terakhir Nayah yang bermain di pelupuknya.
 
Tombol handphone kupencet. Nomor telepon Nayah tersambung. Kami berbincang saling menanyakan kabar. Sudah lama nian sejak malam Jumat itu dulu. Sebelum dia jadi bintang televisi…
 
Gadis itu menyimpan taman di hatinya di mana ingin ditabur bunga. Tapi matahari tak bersinar, kembangku layu sebelum berbunga. Berkerumun bintang-bintang di atas kepala.
 
Nayah begitu manis. Hidupku terlalu pahit…
 
 
Ia sudah kuhubungi. Si cantik berjanji datang ke rumahku membawa kamera. Sambil tak lupa bertanya, “Berita heboh apa sih?” “Ini kejutan. Bukan surprise lagi kalau sekarang aku ngomong. Kamu mau datang, ‘kan?”
 
“Ya, pasti! Oh, liputan pertamaku. Selalu nikmat jadi yang pertama,” bibir renyahnya menutup telepon.
 
Tak terbayangkan nanti jika sorot kameranya mencapai tubuhku. Kuharap dia tidak terkejut. Aku mulai bernyanyi. Tapi lirik lagunya terbalik. Nyanyiku mendesir sampai jauh. Seandainya dia tahu, bibirku inilah yang mengiringi vokal penyanyi. Melantunkan lirik terbalik itu. Entah apa jadinya…
 
Sudah kutulis puisi untuk Nayah. Kertasnya kutaruh di atas meja. Tulisan terakhirku mungkin.
 
aku ingin jadi satelit
seperti bulan kepada bumi,
hanya untukmu, Nayah
 
KURSI kutendang. Rohku segera tercekat seolah mencelat terbang.
Jiwaku langsung terkatung bergantung seperti melayang di awang-awang. Kesadaran terasa menjauh. Jauh tinggi, ke tempat tak kasat mata itu berada.
 
Sekarang ada sebuah lubang hitam. Ragaku memasukinya. Di antara langit dan bumi, aku jadi bintang. Bintang terbelah, langit pun pecah. Tak bisa keluar lagi sebab tak mungkin.

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo