Skip to main content

Contoh Soal Penerapan Himpunan Dalam Kehidupan Sehari-Hari


Setelah anda mempelajari tips dan trik mengerjakan soal penerapan himpunan dalam kehidupan sehari-hari, sekarang Mafia Online akan berikan contoh dan latihan soal penerapan himpunan dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi sebelum anda membaca contoh soal dan mengerjakan soal latihannya alangkah baiknya ada terlebih dahulu menguasai konsep himpunan serta tips dan trik mengerjakan soal-soal penerapan himpunan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Soal 1
Dalam suatu kelas terdapat 48 siswa. Mereka memilih dua jenis olahraga yang mereka gemari. Ternyata 29 siswa gemar bermain basket, 27 siswa gemar bermain voli, dan 6 siswa tidak menggemari kedua olahraga tersebut.
  1. Gambarlah diagram Venn dari keterangan tersebut.
  2. Tentukan banyaknya siswa yang gemar bermain basket dan voli.


Penyelesaiannya:
Gambar diagram Venn dari keterangan tersebut dapat diperoleh jika banyaknya siswa yang gemar bermain basket dan voli diketahui, maka cari terlebih dahulu banyaknya siswa yang gemar bermain basket dan voli:
bermain basket dan voli = (29 + 27) – (48–6)
bermain basket dan voli = 14 orang
  1. Gambar diagram Venn dari keterangan tersebut adalah

  2. banyaknya siswa yang gemar bermain basket dan voli ada 14 orang


Contoh Soal 2
Dari 50 siswa di suatu kelas, diketahui 25 siswa gemar matematika, 20 siswa gemar fisika, dan 7 siswa gemar kedua-duanya. Tentukan banyaknya siswa yang tidak gemar matematika dan fisika.
Penyelesaiannya:

Jadi banyaknya siswa yang tidak gemar matematika dan fisika ada 12 siswa

Contoh Soal 3
Pada sebuah kelas yang terdiri atas 46 siswa dilakukan pendataan pilihan ekstrakurikuler. Hasil sementara diperoleh 19 siswa memilih KIR, 23 siswa memilih PMR, dan 16 siswa belum menentukan pilihan. Tentukan banyaknya siswa yang hanya memilih PMR saja dan KIR saja.

Penyelesaiannya:
siswa yang memilih PMR dan KIR adalah:
= (19 + 23) – (46 – 16)
= 12

Jadi banyaknya siswa yang hanya memilih PMR saja ada 11 siswa dan KIR saja ada 7 siswa

Contoh Soal 4
Suatu kompleks perumahan mempunyai 43 orang warga, 35 orang di antaranya aktif mengikuti kegiatan olahraga, sedangkan sisanya tidak mengikuti kegiatan apa pun. Kegiatan bola voli diikuti 15 orang, tenis diikuti 19 orang, dan catur diikuti 25 orang. Warga yang mengikuti bola voli dan catur sebanyak 12 orang, bola voli dan tenis 7 orang, sedangkan tenis dan catur 9 orang. Tentukan banyaknya warga yang mengikuti ketiga kegiatan olahraga tersebut.

Penyelesaian:
misalkan yang mengikuti ketiga kegiatan olahraga tersebut adalah x maka yang ikut:
voli dan tenis saja = 7-x
tenis dan catur saja = 9-x
voli dan catur saja = 12-x
voli saja = 15 –(12-x)-(7-x)-x = -4+x
tenis saja = 19 –(9-x)-(7-x)-x = 3+x
catur saja saja = 25 –(9-x)-(12-x)-x = 4+x
maka diagram vennya menjadi:

dari diagram venn di atas yang mengikuti ketiga kegiatan olahraga tersebut adalah
=>> 35 = 7-x + 9-x + 12-x + -4+x + 3+x + 4+x +x
=>> 35 = 31 +x
=>> x = 4
jadi yang mengikuti ketiga kegiatan olahraga tersebut adalah 4 orang

Contoh Soal 5
Dari sekelompok olahragawan, terdapat 18 orang yang gemar bulu tangkis, 16 orang gemar bola basket, dan 12 orang gemar dua-duanya.
  1. Gambarlah diagram Venn yang menunjukkan pernyataan di atas.
  2. Tentukan jumlah olahragawan tersebut.


Penyelesaiannya:
  1. Gambar diagram Venn yang menunjukkan pernyataan di atas adalah
  2. jumlah olahragawan tersebut adalah 22 orang


Contoh Soal 6
Diagram Venn di bawah ini menunjukkan kesukaaan dari sekelompok siswa terhadap tiga mata pelajaran di sekolah.

  1. Berapa orang yang gemar matematika saja?
  2. Berapa orang yang gemar olahraga saja?
  3. Berapa orang yang gemar kesenian saja?
  4. Berapa orang yang gemar matematika dan olahraga?
  5. Berapa orang yang gemar matematika dan kesenian?
  6. Berapa orang yang gemar ketiga-tiganya?


Penyelesaiannya:
  1. gemar matematika saja = 24 orang
  2. gemar olahraga saja = 20 orang
  3. gemar kesenian saja = 10 orang
  4. gemar matematika dan olahraga =  2+15 = 17 orang
  5. gemar matematika dan kesenian = 4+15 = 19 orang
  6. gemar ketiga-tiganya = 15 orang


Contoh Soal 7
Siswi-siswi salah satu SMP Negeri di Jakarta mengikuti lomba memasak, dan menjahit. Yang mengikuti lomba berjumlah 30 orang. Setelah selesai dikelompokkan, 18 orang gemar memasak, 17 orang gemar menjahit dan 12 orang gemar memasak dan menjahit.
  1. Tentukan pernyataan di atas dalam diagram Venn.
  2. Hitung berapa siswi yang tidak gemar dua-duanya.


Penyelesaiannya:
  1. Gambar diagram Venn yang menunjukkan pernyataan di atas adalah

  2. jumlah siswi yang tidak gemar dua-duanya ada 9 orang



Soal latihan tentang penerapan himpunan dalam kehidupan sehari-hari
Latihan Soal 1
Di antara sekelompok warga yang terdiri atas 50 orang yang sedang berbelanja ke pasar ternyata 25 orang membeli buah apel, 23 orang membeli buah pisang, dan 8 orang membeli kedua macam buah tersebut.
  1. Gambarlah diagram Venn untuk menunjukkan keadaan di atas.
  2. Berapa banyak warga yang membeli buah apel atau buah pisang?
  3. Berapa banyak warga yang membeli buah apel saja?
  4. Berapa banyak warga yang membeli salah satu dari kedua macam buah tersebut.
  5. Berapa banyak warga yang tidak membeli kedua macam buah tersebut.


Latihan Soal 2
Di antara warga kampung yang terdiri atas 60 orang, ternyata 20 orang berlangganan majalah, 35 orang berlangganan koran, dan 5 orang berlangganan keduanya.
  1. Gambarlah suatu diagram Venn untuk menunjukkankeadaan di atas, dengan memisalkan M = Himpunan pelanggan majalah, dan K = Himpunan pelanggan koran.
  2. Berapa banyak warga kampung yang tidak berlangganan koran atau majalah?
  3. Berapa banyak warga kampung yang tidak berlangganan koran atau majalah?
  4. Berapa banyak warga kampung yang tidak berlangganan koran saja?
  5. Berapa banyak warga kampung yang tidak berlangganan majalah saja?
  6. Berapa banyak warga kampung yang berlangganan koran tetapi tidak berlangganan majalah?


Latihan Soal 3
Di antara sekelompok siswa yang terdiri atas 50 orang ternyata 20 orang suka main tenis, 33 orang suka main basket, dan 8 orang suka main keduanya.
  1. Gambarlah diagram Venn untuk menunjukkan keadaan di atas.
  2. Berapa banyak siswa yang tidak suka main tenis dan basket?
  3. Berapa banyak siswa yang tidak suka main keduanya?
  4. Berapa banyak siswa yang tidak suka main tenis saja?
  5. Berapa banyak siswa yang tidak suka main basket saja?
  6. Banyak siswa yang tidak suka main tenis tetapi suka basket?


Latihan Soal 4
Di antara sekelompok warga yang terdiri atas 50 orang yang sedang berbelanja ke pasar ternyata 25 orang membeli buah apel, 23 orang membeli buah pisang, dan 8 orang membeli kedua macam buah tersebut.
  1. Gambarlah diagram Venn untuk menunjukkan keadaan di atas.
  2. Berapa banyak warga yang tidak membeli buah apel dan buah pisang?
  3. Berapa banyak warga yang tidak membeli buah apel saja?
  4. Berapa banyak warga yang tidak membeli kedua macambuah tersebut?


Latihan Soal 5
Dari 40 siswa dalam suatu kelas, terdapat 30 siswa gemar pelajaran matematika dan 26 siswa gemar pelajaran fisika. Jika 2 siswa tidak gemar dengan kedua pelajaran tersebut, tentukan banyaknya siswa yang gemar pelajaran matematika dan fisika.

Latihan Soal 6
Di antara sekelompok siswa yang terdiri atas 50 orang ternyata 20 orang suka main tenis, 33 orang suka main basket, dan 8 orang suka main keduanya.
  1. Gambarlah diagram Venn untuk menunjukkan keadaan di atas.
  2. Berapa banyak siswa yang suka main tenis atau basket?
  3. Berapa banyak siswa yang tidak suka main keduanya?
  4. Berapa banyak siswa yang suka main tenis saja?
  5. Berapa banyak siswa yang suka main basket saja?

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo