Wednesday, April 24, 2013

Contoh Soal dan Pembahasan Hubungan Panjang Sisi Dengan Besar Sudut Pada Segitiga

Contoh soal dan pembahasan materi matematika smp kelas 7 semester 2 tentang hubungan panjang sisi dengan besar sudut pada segitiga.
Soal 1.
Diketahui sudut suatu segitiga PQR berbanding P : Q : R = 9 : 5 : 4.
Tentukan
a. besar P, Q, dan R;
b. sudut yang terbesar;
c. sudut yang terkecil;
d. sisi yang terpanjang;
e. sisi yang terpendek.
f. Jenis segitiga PQR
Jawab:
a. Untuk mencari besar P, Q, dan R dapat dicari dengan cara berikut. Misal P : Q : R = 9x : 5x : 4x, maka
P : Q : R = 180°
9x : 5x : 4x = 180°
18x = 180°
x = 10°
setelah ketemu x maka besarnya sudut:
P = 9x = 9.10°= 90°
Q = 5x = 5. 10° = 50°
R = 4x = 4. 10° = 40°
Jadi besar P, Q, dan R berturut-turut adalah 90°, 50° dan 40°
b. sudut yang terbesar adalah P
c. sudut yang terkecil adalah R
d. Berdasarkan sifat-sifat segitiga maka sisi yang terpanjang adalah sisi yang berhadapan dengan sudut terbesar, maka sisi yang terpanjang berada pada sisi p
e. Berdasarkan sifat-sifat segitiga maka sisi yang terpendek adalah sisi yang berhadapan dengan sudut terkecil, maka sisi yang terpendek berada pada sisi r
f. Karena salah satu sudutnya adalah 90° maka jenis segitiga tersebut adalah segitiga siku-siku.
Soal 2.
Perhatikan gambar di bawah ini.
Contoh Soal dan Pembahasan Hubungan Panjang Sisi Dengan Besar Sudut Pada Segitiga
Tentukan nilai w°, x°, y°, dan z°.
Jawab:
Sudut w° dengan sudut 85° merupakan sudut berpelurus, maka:
w° + 85° = 180°
w° = 180° - 85°
w° = 95°
Besar sudut x° dapat dicari dengan menggunakan konsep jumlah sudut-sudut segitiga yaitu
85° + 35° + x° = 180°
x° = 180° - 85° - 35°
x° = 60°
Sudut y° dengan sudut x° merupakan sudut berpelurus, maka:
y° + x° = 180°
y° + 60° = 180°
y° = 180° - 60°
y° = 120°
Sudut z° dengan sudut 35° merupakan sudut berpelurus, maka:
z° + 35° = 180°
y° = 180° - 35°
y° = 145°
Jadi nilai w°, x°, y°, dan z° berturut-turut adalah 95°, 60°, 120° dan 145°
Soal 3.
Perhatikan gambar di bawah ini.
Contoh Soal dan Pembahasan Hubungan Panjang Sisi Dengan Besar Sudut Pada Segitiga
Hitunglah
a. nilai x°;
b. besar SPR;
c. besar PRQ.
Jawab
a. SPR dengan QPR merupakan sudut berpelurus, maka:
3x° + x° = 180°
4x° = 180°
x° = 45°
b. besar SPR = 3x° = 3. 45° = 135°
c. Besar PRQ dapat dicari dengan menggunakan konsep jumlah sudut-sudut segitiga yaitu:
QPR  + PQR + PQR = 180°
 + 80° + PQR = 180°
45°  + 80° + PQR = 180°
PQR = 180° - 45°  - 80°
PQR = 6
Soal 4.
Perhatikan gambar berikut.
Contoh Soal dan Pembahasan Hubungan Panjang Sisi Dengan Besar Sudut Pada Segitiga
Pada gambar tersebut B1 = B2, C3 = C4, A = 70°, dan B = 60°. Hitunglah
a. besar C3 + C4;
b. besar B2;
c. besar D.
Jawab:
Dengan menggunakan konsep jumlah sudut-sudut segitiga maka ∠ACB dapat dicari yakni:
 ∠ACB + ∠ABC + ∠BAC = 180°
∠ACB + 60° + 70° = 180°
∠ACB = 180°- 60° - 70°
∠ACB = 50°
a. besar C3 + C4 = ∠ACE, ∠ACB dengan ACE merupakan sudut berpelurus, maka:
ACB + ACE = 180°
50° + ACE = 180°
ACE = 180° - 50°
ACE = 130°
Jadi besar C3 + C4 =130°
b. Karena B1 = B2 dan B = 60° maka
B1 + B2 = 60°
B2 + B2 = 60°
2∠B2 = 60°
B2 = 30°
c. C3 + C4 =130°, karena C3 = C4 maka
 C3 + C3 =130°
2∠C3 = 130°
C3 = 65°
besar D = BDC dapat dicari dengan konsep jumlah sudut-sudut segitiga yaitu:
BDC + CBD + ACB + ACD = 180°
BDC + CBD + ACB + C3 = 180°
BDC + 50° + 30 + 65° = 180°
BDC = 180°- 50° - 30 - 65°
BDC = 35°
Jadi besar D = BDC = 35°

PEMBELAJARAN IPA DI LUAR KELAS

IPA merupakan salah satu Mata Pelajaran yang mempunyai ruang lingkup sangat luas. Di dalam IPA dipelajari tentang sesuatu yang berhubungan ...