Skip to main content

Struktur dan Aspek Kebahasaan Teks Prosedur

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (3.4)
Sekolah                       : SMPN 1 Mallusetasi
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : VII/1
Materi Pokok              : Struktur dan Aspek Kebahasaan Teks Prosedur
Alokasi Waktu            : 3 x 40 menit
Kompetensi Inti :
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan dapat:
  1. Menyebutkan nama benda yang hendak dibuat dengan benar.
  2. Menuliskan pernyataan yang menyatakan tujuan penulisan dengan tepat.
  3. Menjelaskan alat untuk melaksanakan suatu prosedur dengan benar.
  4. Menjelaskan tahapan yang ditunjukkan dengan kata yang menunjukkan urutan.
  5. Memberikan contoh kalimat pelesapan yang banyak dilakukan pada teks prosedur dengan tepat.
  6. Menuliskan ungkapan yang menjadi penghubung langkah dalam panduan dengan benar.
  7. Menyimpulkan prinsip penggunaan kata pada teks prosedur dengan rinci.
Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
Indikator
  • Menguraikan struktur teks prosedur dan ciri bagian-bagiannya.
  • Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks prosedur.
Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
  • Struktur teks prosedur
  • Karakteristik tiap bagian teks prosedur
  • Contoh cara melengkapi teks prosedur
  • Prinsip penggunaan kata kerja, kata benda, kata sambung urutan, kalimat perintah, kalimat saran, kalimat larangan dalam teks prosedur
  • Contoh penggunaan tanda baca/ ejaan baik yang salah maupun yang benar
Keterampilan
  • Praktik melengkapi struktur teks prosedur (melengkapi bagian identifikasi/gambaran umum, prosedur bagian)
  • Praktik melengkapi kata/kalimat
  • Praktik membuat telaah ketepatan struktur dan penggunaan bahasa/ tanda baca/ ejaan pada teks prosedur
Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
  • Struktur teks prosedur
  • Karakteristik tiap bagian teks prosedur
  • Contoh cara melengkapi teks prosedur
  • Prinsip penggunaan kata kerja, kata benda, kata sambung urutan, kalimat perintah, kalimat saran, kalimat larangan dalam teks prosedur
  • Contoh penggunaan tanda baca/ ejaan baik yang salah maupun yang benar
Keterampilan
  • Praktik melengkapi struktur teks prosedur (melengkapi bagian identifikasi/gambaran umum, prosedur bagian)
  • Praktik melengkapi kata/kalimat
  • Praktik membuat telaah ketepatan struktur dan penggunaan bahasa/ tanda baca/ ejaan pada teks prosedur
Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
  • Struktur teks prosedur (tujuan, bahan dan alat, langkah)
  • Contoh variasi bagian (tujuan, bahan dan alat, langkah)
  • Cara mengembangkan paragraf pada teks prosedur
  • Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca/ ejaan
  • Contoh benar dan contoh salah penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca/ ejaan
  • Prinsip mengurutkan teks prosedur
  • Prinsip mengembangkan teks prosedur paragraf rincian
  • Prinsip mengembangkan paragraf pada teks prosedur
  • Prinsip menggunakan kata kalimat pada teks prosedur
  • Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf
  • Prinsip penggunaan ejaan dan tanda baca
Keterampilan
  • Praktik mengurutkan bagian teks prosedur
  • Praktik melengkapi unsur-unsur teks prosedur
  • Praktik menyusun bagian-bagian teks prosedur
  • Praktik menyunting
      Sikap utama yang ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.
Metode Pembelajaran kemampuan

Tanya jawab kemampuan
diskusi kemampuan
penugasan kemampuan
Latihan kemampuan
Media Pembelajaran kemampuan
Video kemampuan
Teks laporan prosedur kemampuan
Sumber Belajar kemampuan
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 98 s.d 115.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 68 s.d 69.
  • Lingkungan sekitar
  • http://kecilnyaaku.com
Kegiatan Pembelajaran kemampuan
Pendahuluan kemampuan
Mengucapkan salam dan berdo’a.
Sesuai Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016, dalam kegiatan pendahuluan, guru wajib:
  • Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
  • Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan jenjang peserta didik;
  • Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
Menyampaikan cakupan
Kegiatan Inti
Bagian B: Prakonstruksi
Mengamati :
Peserta didik membaca beberapa teks prosedur secara cermat.
Menanya :
  • Setelah mencermati beberapa teks prosedur, peserta didik diarahkan untuk berpikir bagaimana cara menguraikan struktur teks prosedur dan ciri bagian-bagiannya dan menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks prosedur.
Mengumpulkan Informasi:
  • Peserta didik berdiskusi kelompok untuk membahas pertanyaan-pertanyaan yang muncul berkaitan dengan cara menguraikan struktur teks prosedur dan ciri bagian-bagiannya dan menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks prosedur.
  • Peserta didik diarahkan untuk berpikir tentang cara cara menguraikan struktur teks prosedur dan ciri bagian-bagiannya dan menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks prosedur.
Mengasosiasi:
  • Peserta didik membandingkan hasil analisis dalam cara menguraikan struktur teks prosedur dan ciri bagian-bagiannya dan menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks prosedur.
  • Peserta didik menelaah kembali tentang cara menguraikan struktur teks prosedur dan ciri bagian-bagiannya dan menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks prosedur.
  • Peserta didik mendiskusikan nama benda yang hendak dibuat dengan pernyataan yang menyatakan tujuan.
  • Peserta didik menuliskan alat untuk melaksanakan suatu prosedur.
  • Peserta didik dalam kelompoknya menyusun tahapan yang ditunjukkan dengan kata yang menunjukkan urutan.
  • Peserta didik berdiskusi tentang kalimat pelesapan, ungkapan yang menjadi penghubung langkah dalam panduan, dan prinsip penggunaan kata pada teks prosedur.
Mengomunikasikan
  • Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang struktur teks prosedur dan ciri bagian-bagiannya.
  • Peserta didik membacakan dan menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks prosedur.
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi:
  • Seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
  • Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  • Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok; dan
  • Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan tugas yang dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan teks prosedur.
  1. Sebutkan nama benda yang hendak dibuat dengan benar!
  2. Tuliskan pernyataan yang menyatakan tujuan penulisan dengan tepat!
  3. Jelaskan alat untuk melaksanakan suatu prosedur dengan benar!
  4. Jelaskan tahapan yang ditunjukkan dengan kata yang menunjukkan urutan!
  5. Berikan contoh kalimat pelesapan yang banyak dilakukan pada teks prosedur dengan tepat!
  6. Tuliskan ungkapan yang menjadi penghubung langkah dalam panduan dengan benar!
  7. Simpulkan prinsip penggunaan kata pada teks prosedur dengan rinci!
Penilaian Keterampilan
Bermain Peduli dan cinta bahasa Indonesia.
Pembelajaran Remedial
Aktivitas kegiatan pembelajaran remedial, yang dapat berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
                        Pedoman Penskoran :
Aspek Skor
·         Jawaban sempurna 5
·         Jawaban kurang sempurna 3
·         Jawaban tidak sempurna 1
Skor maksimal 35
                                Kemampuan                                                                           
Mengetahui,
Kepala Sekolah

(____________)
NIP.
Palanro,       Juli  2016
Guru Mata Pelajaran

Hj.Nuraeni,S.Pd.I
NIP.

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo