Tuesday, November 22, 2016

Memeragakan cara membuat/ melakukan

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (3.9)
Sekolah                       :  SMPN 1Mallusetasi
Mata Pelajaran            :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :  VII/1
Materi Pokok  :  Memeragakan cara membuat/ melakukan
Alokasi Waktu            :  2 x 40 menit
Kompetensi Inti :
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-based Learning), peserta didik diharapkan dapat:
  1. Menyiapkan teks prosedur yang telah dibuatnya dengan penuh tanggung jawab.
  2. Menyiapkan alat yang seseuai dengan teks prosedur yang dibuatnya dengan lengkap.
  3. Menyiapkan bahan yang digunakan sesuai dengan teks prosedur dengan lengkap.
  4. Memeragakan secara lisan cara melakukan/ membuat dengan memerhatikan teks prosedur dengan tepat.
Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
4.6 Menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks prosedur (tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis.
Indikator
  • Memeragakan secara lisan cara melakukan/ membuat dengan memerhatikan teks prosedur.
Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
  • Contoh langkah penyusunan teks prosedur.
  • Contoh variasi judul pada teks prosedur.
  • Contoh variasi tujuan, bahan dan alat, langkah pada teks prosedur.
Keterampilan
  • Praktik menulis teks prosedur dari objek sekitar yang diamati.
  • Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat.
Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
  • Contoh langkah penyusunan teks prosedur.
  • Contoh variasi judul pada teks prosedur.
  • Contoh variasi tujuan, bahan dan alat, langkah pada teks prosedur.
Keterampilan
  • Praktik menulis teks prosedur dari objek sekitar yang diamati.
  • Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat.
Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
  • Contoh langkah penyusunan teks prosedur.
  • Contoh variasi judul pada teks prosedur.
  • Contoh variasi tujuan, bahan dan alat, langkah pada teks prosedur.
Keterampilan
  • Praktik menulis teks prosedur dari objek sekitar yang diamati.
  • Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat.
      Sikap utama yang ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.
Metode Pembelajaran
Tanya jawab
Diskusi
Penugasan
Latihan
Pemodelan
Media Pembelajaran
Video
Teks prosedur
Sumber Belajar
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 115 s.d 120.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 70 s.d 74.
  • Lingkungan sekitar
  • http://kecilnyaaku.com
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
Mengucapkan salam dan berdo’a.
Sesuai Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016, dalam kegiatan pendahuluan, guru wajib:
  • Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
  • Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan jenjang peserta didik;
  • Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
  • Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
Kegiatan Inti
Langkah -1: Penentuan proyek
Guru bersama dengan peserta didik menentukan tema/topik proyek dalam memeragakan secara lisan cara melakukan/ membuat dengan memerhatikan teks prosedur.
Langkah -2 : Perancangan langkah-langkah penyelesaian proyek
Guru memfasilitasi peserta didik untuk merancang langkah-langkah kegiatan penyelesaian proyek beserta pengelolaannya dalam memeragakan secara lisan cara melakukan/ membuat dengan memerhatikan teks prosedur, di antaranya dengan:
  • menyiapkan teks prosedur yang telah dibuat.
  • menyiapkan alat yang seseuai dengan teks prosedur yang dibuatnya.
  • menyiapkan bahan yang digunakan sesuai dengan teks prosedur dengan lengkap.
  • memberi contoh cara memeragakan secara lisan cara melakukan/ membuat dengan memerhatikan teks prosedur dengan tepat.
Langkah -3: Penyusunan jadwal pelaksanaan proyek
Guru memberikan pendampingan kepada peserta didik melakukan penjadwalan semua kegiatan memeragakan secara lisan cara melakukan/ membuat dengan memerhatikan teks prosedur.
Langkah -4: Penyelesaian proyek dengan fasilitasi dan monitoring guru.
Guru memfasilitasi dan memonitor  peserta didik dalam memeragakan secara lisan cara melakukan/ membuat dengan memerhatikan teks prosedur.
Langkah -5: Penyusunan laporan dan presentasi/publikasi hasil proyek
Guru memfasilitasi peserta didik untuk mempresentasikan dan mempublikasikan hasil memeragakan secara lisan cara melakukan/ membuat dengan memerhatikan teks prosedur.
Langkah -6: Evaluasi proses dan hasil proyek.
Guru dan peserta didik pada akhir proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil tugas proyek tentang memeragakan secara lisan cara melakukan/ membuat dengan memerhatikan teks prosedur.
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi:
  • Seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
  • Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  • Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok; dan
  • Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Tugas yang dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
  1. Siapkan teks prosedur yang telah kamu buat dengan penuh tanggung jawab!
  2. Siapkan alat yang seseuai dengan teks prosedur yang telah kamu buat dengan lengkap!
  3. Siapkan bahan yang digunakan sesuai dengan teks prosedur yang telah kamu buat dengan lengkap!
  4. Peragakan secara lisan teks prosedur yang telah kamu buat di depan teman-temanmu!
Penilaian Keterampilan
Praktik menulis teks prosedur dari objek sekitar yang diamati.
Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat.
Menyajikan Teks Prosedur secara Lisan.
Majulah secara berkelompok untuk secara berantai menyajikan teks prosedur seperti seorang pemandu memasak atau pemandu senam yang sedang memeragakan cara membuat sesuatu atau cara menggunakan suatu alat!
Pembelajaran Remedial
Aktivitas kegiatan pembelajaran remedial, yang dapat berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
 Instrumen Penilaian Menulis Teks Prosedur
Hal yang dinilai 4 3 2 1
• Judul menyatakan proses membuat/ produk
• Judul ditulis dengan huruf awal huruf kapital
       
• Judul tanpa menggunakan titik
• Judul sesuai isi
(bobot 1)
       
Bagian awal teks sudah berisi tujuan
• menyatakan tujuan/ apa yang akan dibuat/ dilakukan
• tidak terdapat kesalahan kata/ kalimat
• tidak terdapat kesalahan tanda baca (bobot 1)
       
• Bagian inti berupa langkah penjelasan proses dari awal sampai akhir terciptanya suatu produk/ cara melakukan (lengkap)
• Tiap langkah dipaparkan secara rinci
• Tiap langkah jelas dan tidak menimbulkan penafsiran yang berbeda
• Langkah menggunakan kalimat yang komunikatif sehingga mudah dipahami urutannya
       
• Tidak terdapat kesalahan penggunaan tanda baca/ ejaan
• Tidak terdapat kesalahan tanda baca/ ejaan (bobot 2)
       
Bagian penutup
• Membuat kalimat ucapan motivasi dan selamat mencoba
• Pendapat berkaitan dengan isi teks sebelumnya
• Tidak terdapat kesalahan struktur kalimat
• Tidak terdapat kesalahan penggunaan tanda baca/ ejaan
(bobot 1)
       
Penskoran
4= jika terdapat semua unsur
3= jika terdapat 3 unsur
2= jika terdapat 2 unsur
1= jika terdapat 1 unsur
Skor akhir = Skor yang diperoleh x 100
Dibagi Skor Maksimal
                                              kreativitas  
Mengetahui,
Kepala Sekolah

(_______________)
NIP.
  Palanro,       Juli  2016
Guru Mata Pelajaran

Hj.Nuraeni,S.Pd.i
NIP.

PEMBELAJARAN IPA DI LUAR KELAS

IPA merupakan salah satu Mata Pelajaran yang mempunyai ruang lingkup sangat luas. Di dalam IPA dipelajari tentang sesuatu yang berhubungan ...