RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (4.1)
Sekolah : SMPN 1 MallusetasiMata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok : Ciri Umum Teks LHO
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Kompetensi Inti :
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menghargaidan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Melalui langkah-langkah saintifik, peserta didik diharapkan dapat:
- Menjelaskan pengertian teks laporan hasil observasi dengan jelas.
- Menjelaskan ciri informasi yang dihadirkan dalam teks laporan hasil observasi dengan tepat.
- Menjelaskan isi hasil observasi teks yang dibaca/didengar dengan tepat.
- Menyebutkan ciri bahasa teks laporan hasil observasi dengan lengkap.
- Menyebutkan penggunaan kata yang membedakan pada kalimat definisi dengan benar.
- Menyebutkan kata sambung yang digunakan pada deskripsi bagian dengan benar.
- Menyimpulkan ciri umum teks laporan hasil observasi pada teks yang dibaca/didengar dengan tepat.
3.7 Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan.
Indikator
- Menyimpulkan ciri umum teks laporan hasil observasi pada teks yang dibaca/didengar.
Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
- Pengertian teks laporan hasil observasi
- Jenis teks laporan hasil observasi
- Tujuan komunikasi teks laporan hasil observasi
- Prinsip pengembangan isi pada teks laporan hasil observasi
- Karakteristik kata/ kalimat/ kata sambung yang digunakan pada teks laporan
- hasil observasi
- Contoh istilah dalam bidang lingkungan, flora fauna
- Cara menentukan gagasan pokok
- Menentukan gagasan pokok
- Praktik memahami isi teks laporan hasil observasi (menjawab pertanyaan isi teks LHO)
Pengetahuan
- Pengertian teks laporan hasil observasi
- Jenis teks laporan hasil observasi
- Tujuan komunikasi teks laporan hasil observasi
- Prinsip pengembangan isi pada teks laporan hasil observasi
- Karakteristik kata/ kalimat/ kata sambung yang digunakan pada teks laporan hasil observasi
- Contoh istilah dalam bidang lingkungan, flora fauna
- Cara menentukan gagasan pokok
- Menentukan gagasan pokok
- Praktik memahami isi teks laporan hasil observasi (menjawab pertanyaan isi teks LHO)
Pengetahuan
- Pengertian teks laporan hasil observasi
- Jenis teks laporan hasil observasi
- Tujuan komunikasi teks laporan hasil observasi
- Prinsip pengembangan isi pada teks laporan hasil observasi
- Karakteristik kata/ kalimat/ kata sambung yang digunakan pada teks laporan hasil observasi
- Contoh istilah dalam bidang lingkungan, flora fauna
- Cara menentukan gagasan pokok
- Menentukan gagasan pokok
- Praktik memahami isi teks laporan hasil observasi (menjawab pertanyaan isi teks LHO)
Metode Pembelajaran
Tanya jawab
diskusi
penugasan
Latihan
Media Pembelajaran
Video
Teks laporan hasil observasi
Sumber Belajar
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 121 s.d 138.
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 75 s.d 81.
- Alam Sekitar
- http://kecilnyaaku.com
Pendahuluan
Mengucapkan salam dan berdo’a.
Sesuai Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016, dalam kegiatan pendahuluan, guru wajib:
- Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
- Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan jenjang peserta didik;
- Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
- Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
- Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
Bagian A: Dekonstruksi
Mengamati :
Peserta didik membaca beberapa teks laporan hasil observasi secara cermat.
Menanya :
Setelah mencermati beberapa teks laporan hasil observasi, peserta didik diarahkan untuk berpikir bagaimana cara menyimpulkan ciri umum teks laporan hasil observasi pada teks yang dibaca/didengar.
Mengumpulkan Informasi:
- Peserta didik berdiskusi kelompok untuk membahas pertanyaan-pertanyaan yang muncul berkaitan dengan hasil pengamatan peserta didik terhadap cara menyimpulkan ciri umum teks laporan hasil observasi pada teks yang dibaca/didengar..
- Peserta didik diarahkan untuk berpikir tentang cara menyimpulkan ciri umum teks laporan hasil observasi pada teks yang dibaca/didengar.
- Peserta didik membandingkan hasil analisis dalam menyimpulkan ciri umum teks laporan hasil observasi pada teks yang dibaca/didengar.
- Peserta didik menelaah kembali tentang cara menyimpulkan ciri umum teks laporan hasil observasi pada teks yang dibaca/didengar.
- Peserta didik mendiskusikan pengertian teks laporan hasil observasi.
- Peserta didik menuliskan ciri informasi yang dihadirkan dalam teks laporan hasil observasi Peserta didik membaca dan mendiskusikan isi teks laporan hasil observasi.
- Peserta didik dalam kelompoknya menyusun isi hasil observasi teks yang dibaca/didengar
- Peserta didik berdiskusi untuk menentukan ciri bahasa, penggunaan kata pada teks laporan hasil observasi pada teks yang dibaca/didengar.
- Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang kesimpulan ciri umum teks laporan hasil observasi pada teks yang dibaca/didengar.
- Peserta didik membacakan rangkuman tentang kesimpulan ciri umum teks laporan hasil observasi pada teks yang dibaca/didengar.
Dalam kegiatan penutup, guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi:
- Seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
- Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok; dan
- Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Penilaian Pengetahuan
Teknik : Tes lisan dan penugasan.
Bentuk : Uraian dan tugas yang dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan teks laporan hasil observasi.
- Apa yang dimaksud dengan teks laporan hasil observasi itu?
- Jelaskan ciri informasi yang dihadirkan dalam teks laporan hasil observasi dengan tepat!
- Jelaskan isi hasil observasi teks yang telah kamu baca secara singkat!
- Sebutkan ciri bahasa teks laporan hasil observasi!
- Kata apa saja yang membedakan pada kalimat definisi!
- Sebutkan kata sambung yang digunakan pada deskripsi bagian!
- Simpulkan ciri umum teks laporan hasil observasi pada teks yang telah kamu baca!
Praktik menentukan ciri umum teks laporan hasil observasi pada teks yang dibaca/didengar.
Pembelajaran Remedial
Aktivitas kegiatan pembelajaran remedial, yang dapat berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pedoman Penskoran :
Aspek | Skor |
· Jawaban sempurna | 5 |
· Jawaban kurang sempurna | 3 |
· Jawaban tidak sempurna | 1 |
Skor maksimal | 35 |
dekonstruksi
Mengetahui, Kepala Sekolah (___________) NIP. |
Palanro, Juli 2016 Guru Mata Pelajaran Hj.Nuraeni,S.Pd.I NIP. |