Tuesday, November 22, 2016

Kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (3.6)
Sekolah                 : SMPN 1 Mallusetasi
Mata Pelajaran      : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester     : VII/1
Materi Pokok        : Kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca
Alokasi Waktu      : 2 x 40 menit
Kompetensi Inti :

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Tujuan Pembelajaran 
Melalui pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan dapat:
  1. Membetulkan kata bercetak miring yang ditulis salah dengan tepat.
  2. Menuliskan kata yang salah dalam suatu teks prosedur dengan lengkap.
  3. Mengubah kata tidak baku menjadi kata baku dengan tepat.
  4. Mengubah kalimat boros menjadi kalimat efektif dengan benar.
  5. Menggunakan tanda baca yang sesuai dengan kaidah.
Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
Indikator
  • Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca.
Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan perbedaan
  • Struktur teks prosedur
  • Karakteristik tiap bagian teks prosedur
  • Contoh cara melengkapi teks prosedur
  • Prinsip penggunaan kata kerja, kata benda, kata sambung urutan, kalimat perintah, kalimat saran, kalimat larangan dalam teks prosedur
  • Contoh penggunaan tanda baca/ ejaan baik yang salah maupun yang benar
Keterampilan perbedaan
  • Praktik melengkapi struktur teks prosedur (melengkapi bagian identifikasi/gambaran umum, prosedur bagian)
  • Praktik melengkapi kata/kalimat
  • Praktik membuat telaah ketepatan struktur dan penggunaan bahasa/ tanda baca/ ejaan pada teks prosedur
Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan perbedaan
  • Struktur teks prosedur
  • Karakteristik tiap bagian teks prosedur
  • Contoh cara melengkapi teks prosedur
  • Prinsip penggunaan kata kerja, kata benda, kata sambung urutan, kalimat perintah, kalimat saran, kalimat larangan dalam teks prosedur
  • Contoh penggunaan tanda baca/ ejaan baik yang salah maupun yang benar
Keterampilan
  • Praktik melengkapi struktur teks prosedur (melengkapi bagian identifikasi/gambaran umum, prosedur bagian)
  • Praktik melengkapi kata/kalimat
  • Praktik membuat telaah ketepatan struktur dan penggunaan bahasa/ tanda baca/ ejaan pada teks prosedur
Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan perbedaan
  • Struktur teks prosedur (tujuan, bahan dan alat, langkah)
  • Contoh variasi bagian (tujuan, bahan dan alat, langkah)
  • Cara mengembangkan paragraf pada teks prosedur
  • Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca/ ejaan
  • Contoh benar dan contoh salah penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca/ ejaan
  • Prinsip mengurutkan teks prosedur
  • Prinsip mengembangkan teks prosedur paragraf rincian
  • Prinsip mengembangkan paragraf pada teks prosedur
  • Prinsip menggunakan kata kalimat pada teks prosedur
  • Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf
  • Prinsip penggunaan ejaan dan tanda baca
Keterampilan perbedaan
  • Praktik mengurutkan bagian teks prosedur
  • Praktik melengkapi unsur-unsur teks prosedur
  • Praktik menyusun bagian-bagian teks prosedur
  • Praktik menyunting
      Sikap utama yang ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.
Metode Pembelajaran rpp
Tanya jawab perbedaan rpp
diskusi perbedaan rpp
penugasan perbedaan
Latihan perbedaan rpp
Media Pembelajaran perbedaan
Video perbedaan
Teks prosedur perbedaan
Sumber Belajar perbedaan
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 98 s.d 115.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 68 s.d 69.
  • Lingkungan sekitar
  • http://kecilnyaaku.com
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
Mengucapkan salam dan berdo’a.
Sesuai Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016, dalam kegiatan pendahuluan, guru wajib:
  • Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
  • Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan jenjang peserta didik;
  • Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
Menyampaikan cakupan
Kegiatan Inti
Bagian B: Prakonstruksi
Mengamati : perbedaan
Peserta didik membaca beberapa teks prosedur secara cermat.
Menanya :
Setelah mencermati beberapa teks prosedur, peserta didik diarahkan untuk berpikir bagaimana cara memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca.
Mengumpulkan Informasi:
  • Peserta didik berdiskusi kelompok untuk membahas pertanyaan-pertanyaan yang muncul berkaitan dengan perbaikan kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca.
  • Peserta didik diarahkan untuk berpikir tentang cara memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca.
Mengasosiasi: perbedaan
  • Peserta didik membandingkan hasil analisis dalam menyimpulkan perbaikan kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca.
  • Peserta didik menelaah kembali tentang perbaikan kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca.
  • Peserta didik mendiskusikan untuk membetulkan kata yang ditulis salah.
  • Peserta didik menuliskan kata yang salah dalam suatu teks prosedur.
  • Peserta didik dalam kelompoknya mengubah kata tidak baku menjadi kata baku.
  • Peserta didik berdiskusi untuk menentukan kalimat boros, kalimat efektif, dan penggunaan tanda baca.
Mengomunikasikan
  • Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca.
  • Peserta didik membacakan rangkuman tentang kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca.
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi:
  • Seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
  • Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  • Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok; dan
  • Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis rpp
Bentuk            :  Isian rpp
Indikator Soal : rpp
Disajikan teks prosedur.
  1. Perbaiki kata bercetak miring yang ditulis salah dengan kata yang benar!
  2. Daftarlah kata yang salah dalam teks prosedur dengan lengkap!
  3. Ubahlah kata tidak baku menjadi kata baku!
  4. Ubahlah kalimat boros sehingga menjadi kalimat efektif!
  5. Gunakan dengan tanda baca yang sesuai kaidah!
Penilaian Keterampilan
Bermain Peduli dan cinta bahasa Indonesia.
Bermainlah sambil membuktikan kepedulianmu terhadap penggunaan bahasa Indonesia. Dalam permainan ini gurumu akan membagi menjadi dua kelompok besar. Tiap kelompok akan mencari penggunaan kalimat yang salah pada teks prosedur. Kamu dapat mencari di semua media massa atau media sosial. Kemudian kamu telaah mengapa kalimat itu salah. Setelah kamu telaah kesalahannya kamu perbaiki. Tulis tiap kalimat, telaah kesalahan, dan perbaikannya pada kertas terpisah. Secara ringkas lakukan kegiatan berikut!
  • Carilah kesalahan penggunaan kalimat pada teks prosedur pada berbagai media massa/ media sosial!
  • Bacalah berbagai buku yang menjelaskan kaidah penggunaan bahasa Indonesia (penggunaan kalimat perintah, teks prosedur, penggunaan tanda baca dan huruf kapital)
  • Telaahlah mengapa kalimat tersebut salah!
  • Perbaiki kalimat bagian teks prosedur yang salah.
  • Tulis ketiga bagian pada separoh kertas ukuran HVS secara terpisah. Satu bagian satu kertas (kalimat salah, alasan kesalahan, kalimat perbaikan)
Aturan Permainan
Gurumu akan memandu bermain adu cepat memasangkan puzzle yang kamu buat secara kelompok. Tiap anggota mendapat tiga kartu kalimat dan harus memasangkan pada tabel yang tepat. Anggota kelompok lain boleh saling membantu hanya sekali saja. Gurumu akan menjadi juri ketepatan dan kecepatan kelompokmu dalam menyelesaikan permainan ini. Kelompok yang membuat contoh secara tepat, memasangkan pada tabel secara tepat, dan paling cepat menyelesaikan menjadi pemenang permainan ini.        
Pembelajaran Remedial
Aktivitas kegiatan pembelajaran remedial, yang dapat berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pembelajaran Pengayaan 
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
                   rpp      
Mengetahui,
Kepala Sekolah

(____________)
NIP.
  Palanro,       Juli  2016
Guru Mata Pelajaran

Hj.Nuraeni,S.Pd.I.
NIP.

PEMBELAJARAN IPA DI LUAR KELAS

IPA merupakan salah satu Mata Pelajaran yang mempunyai ruang lingkup sangat luas. Di dalam IPA dipelajari tentang sesuatu yang berhubungan ...