RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Satuan Pendidikan
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
| : SMP
: I P A
: VII/1 (satu)
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Waktu | : 2 x 40 menit (1 pertemuan) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A.
| Standar Kompetensi | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan. | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B.
| Kompetensi Dasar | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.3. Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C.
| TUJUAN PEMBELAJARAN | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. Melalui demonstrasi yang dilakukan guru, peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah pengukuran panjang dengan menggunakan jangka sorong.
2. Melalui percobaan pengukuran, peserta didik dapat mengukur panjang dengan menggunakan jangka sorong secara hati-hati, seksama dan teliti.
3. Melalui percobaan pengukuran, peserta didik dapat mengukur massa dengan mengukur massa dengan menggunakan neraca secara hati-hati, seksama dan teliti.
4. Melalui diskusi peserta didik dapat menyusun laporan hasil pengukuran panjang dan massa dengan memberi kesempatan orang lain untuk menyampaikan pendapatnya.
5. Melalui diskusi peserta didik dapat mempresentasikan laporan denganmemberi kesempatan orang lain untuk menyampaikan pendapatnya.
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D.
| MATERI AJAR | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pengukuran panjang
– Menggunakan penggaris
– Menggunakan jangka sorong
Pengukuran Massa
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E.
| METODE PEMBELAJARAN | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Model : Pembelajaran Langsung (DI)
Metode : percobaan, diskusi
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
F.
| KEGIATAN PEMBELAJARAN | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. KEGIATAN PENDAHULUAN (8 menit)
2. KEGIATAN INTI (65 menit)
a. Demonstrasi pengukuran panjang dengan menggunakan jangka sorong (dapat dilakukan peserta didik atau guru), dengan menyajikan informasi tahap demi tahap.
b. Peserta didik melakukan percobaan pengukuran mengukur panjang dengan menggunakan jangka sorong secara hati-hati, seksama dan teliti.
c. Peserta didik melakukan percobaan pengukuran mengukur massa dengan menggunakan neraca secara hati-hati, seksama dan teliti.
d. Guru memberi bimbingan pelatihan pada masing-masing kelompok.
e. Peserta didik melakukan diskusi untuk menyusun laporan hasil pengukuran panjang dan massa dengan memberi kesempatan orang lain untuk menyampaikan pendapatnya.
f. Peserta didik mempresentasikan laporan dengan memberi kesempatan orang lain untuk menyampaikan pendapatnya.
g. Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk melakukan pengukuran yang relevan dengan jangka sorong terhadap benda-benda di sekitarnya dalam kehidupan sehari – hari.
3. KEGIATAN PENUTUP (8 menit)
a. Peserta didik dibimbing guru menyimpulkan tingkat ketelitian hasil pengukuran dengan menggunakan penggaris dan jangka sorong serta langkah-langkah melakukan pengukuran panjang dan massa.
b. Guru memberi penghargaan pada peserta didik yang berperan aktif dalam kegiatan percobaan, diskusi dan presentasi.
c. Guru menginformasikan pembelajaran pada pertemuan yang akan datang, yaitu sifat asam, basa dan garam
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
G. | SUMBER BELAJAR | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. Buku Siswa (BSE Kelas VII)
2. Internet
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
H.
| PENILAIAN | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. Teknik | : | Tes Tertulis, Tes Unjuk Kerja dan Observasi | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
2. Bentuk | : | Uraian, Tes Uji Petik kerja dan Lembar Observasi | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
3. Kisi-kisi dan instrumen penilaian sebagai berikut. | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
……………….., ………………
Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
…………………………… ……………………………
NIP NIP
INSTRUMEN
|
LP 1.3: uraian (1) dan (2)
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1. Jelaskan langkah-langkah mengukur panjang suatu benda dengan menggunakan jangka sorong!
2. Sebutkan tingkat ketelitian hasil pengukuran dengan menggunakan meteran/penggaris dan jangka sorong!
KUNCI JAWABAN
No
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
| Langkah-langkah mengukur panjang suatu benda dengan menggunakan jangka sorong:
– Menempatkan benda yang akan diukur pada rahang yang sesuai
– Menggeser nonius dengan hati-hati
– Membaca skala utama pada jangka sorong
– Membaca skala nonius pada jangka sorong
– Membaca nilai panjang dengan satuan yang benar
– Mengembalikan posisi nonius dalam keadaan rapat
– Menentukan kesalahan pengukuran
|
7
|
2
| Tingkat ketelitian hasil pengukuran dengan menggunakan:
a. Penggaris
Penggaris/Mistar mempunyai tingkat ketelitian 1 mm atau 0,1 cm
b. Jangka sorong
Tingkat ketelitian jangka sorong adalah sebesar 0,1 mm.
|
3
|
Jumlah skor
|
10
|
Kriteria penilaian
Nilai = x 100 = x 100
LP 1.3: uji petik kerja (1)
Lembar tes unjuk kerja untuk menilai kinerja peserta didik “Mengukur panjang dengan menggunakan jangka sorong secara hati-hati, seksama dan teliti.”.
Tuliskan : skor 1, apabila dilakukan
skor 0, apabila tidak dilakukan
Pada kolom karakter:
BT = belum terlihat
MT = mulai terlihat
MK = mulai berkembang
MB = mulai membudaya
No
|
Aspek yang dinilai
|
Dilakukan
|
Tidak dilakukan
|
Karakter yang dikembangkan *)
|
1
| Memasang benda yang akan diukur pada jangka sorong dengan tepat | |||
2
| Menggeser posisi nonius secara hati-hati, seksama dan teliti. | |||
3
| Membaca skala utama pada jangka sorong secara seksama dan teliti. | |||
4
| Membaca skala nonius pada jangka sorong secara seksama dan teliti. | |||
5
| Membaca nilai panjang dengan satuan yang benar | |||
6
| Mengembalikan posisi nonius dalam keadaan rapat secarahati-hati, seksama dan teliti. | |||
7
| Menentukan kesalahan pengukuran | |||
Jumlah skor
|
Kriteria penskoran
Dilakukan Skor 1
Tidak dilakukan Skor 0
Kriteria penilaian
Nilai = x 100 = x 100
LP 1.3: uji petik kerja (2)
Lembar tes unjuk kerja untuk menilai kinerja peserta didik “Mengukur massa dengan menggunakan neraca secara hati-hati, seksama dan teliti.”.
Tuliskan : skor 1, apabila dilakukan
skor 0, apabila tidak dilakukan
Pada kolom karakter:
BT = belum terlihat
MT = mulai terlihat
MK = mulai berkembang
MB = mulai membudaya
No
|
Aspek yang dinilai
|
Dilakukan
|
Tidak dilakukan
|
Karakter yang dikembangkan *)
|
1
| Menera neraca (mengatur agar jarum penunjuk menunjukkan skala nol) secara hati-hati, seksama dan teliti | |||
2
| Meletakkan benda yang akan diukur ditempatnya secarahati-hati. | |||
3
| Melakukan pengukuran secarahati-hati, seksama dan teliti | |||
4
| Membaca pengukuran secarahati-hati, seksama dan teliti | |||
5
| Mengembalikan posisi lengan dalam keadaan seimbang secara hati-hati, seksama dan teliti | |||
Jumlah skor
|
Kriteria penskoran
Dilakukan Skor 1
Tidak dilakukan Skor 0
Kriteria penilaian
Nilai = x 100 = x 100
LP 1.3: uji petik kerja (3)
Lembar tes unjuk kerja dalam diskusi kelompok untuk menilai karakter kedemokratisan “memberi kesempatan orang lain untuk menyampaikan pendapatnya” dan karakter lain yang berkembang dalam menyusun laporan hasil pengukuran panjang dan massa.
Tuliskan : skor 1, apabila dilakukan
skor 0, apabila tidak dilakukan
Pada kolom karakter:
BT = belum terlihat
MT = mulai terlihat
MK = mulai berkembang
MB = mulai membudaya
No
|
Aspek yang dinilai
|
Dilakukan
|
Tidak dilakukan
|
Karakter yang dikembangkan *)
|
1
| Menyampaikan hasil pengukuran yang diperoleh dengan jujur | |||
2
| Menerima saran dan masukan dengan sikap terbuka | |||
3
| Mengakomodasi saran dan masukan dengan menghargai pendapat orang lain | |||
4
| Mampu menjawab pertanyaan dengan rasional | |||
5
| Menyimpulkan hasil diskusi | |||
Jumlah skor
|
Kriteria penskoran
Dilakukan Skor 1
Tidak dilakukan Skor 0
Kriteria penilaian
Nilai = x 100 = x 100
LP 1.3: lembar observasi (1)
Lembar observasi untuk menilai karakter kedemokratisan “memberi kesempatan orang lain untuk menyampaikan pendapatnya” dan karakter lain yang berkembang pada kegiatan presentasi hasil kerja kelompok.
Tuliskan : skor 1, apabila dilakukan
skor 0, apabila tidak dilakukan
Pada kolom karakter:
BT = belum terlihat
MT = mulai terlihat
MK = mulai berkembang
MB = mulai membudaya
No
|
Aspek yang dinilai
|
Dilakukan
|
Tidak dilakukan
|
Karakter yang dikembangkan *)
|
1
| Menyampaikan hasil pengukuran dengan bahasa yang lugas | |||
2
| Menyampaikan laporan sesuai dengan prosedur kegiatan yang dilakukan dengan jujur | |||
3
| Menyampaikan laporan denganpercaya diri | |||
4
| Menerima saran dan masukan dengan sikap terbuka | |||
5
| Mengakomodasi saran dan masukan dengan menghargai pendapat orang lain | |||
6
| Mampu menjawab pertanyaan dengan rasional | |||
7
| Menyimpulkan hasil diskusi untuk menentukan tujuan akhir kegiatan dengan tepat | |||
Jumlah skor
|
Kriteria penskoran
Dilakukan Skor 1
Tidak dilakukan Skor 0
Kriteria penilaian
Nilai = x 100 = x 100