RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN RPP.1
Sekolah
:
SMP Negeri 3 Mallusetasi
Kelas
/ Semester : VIII / I
Mata
Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi
waktu : 1x Pertemuan (2 X 40’)
Tahun
Pelajaran : 2013 / 2014
Standar
Kompetensi : 1. Memahami pertumbuhan dan
perkembangan makhluk hidup.
Kompetensi
Dasar : 1.1 Menganalisis pentingnya pertumbuhan
dan perkembangan pada makhluk hidup.
Indikator :
1.
Menyebutkan faktor-faktor yang
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.
2.
Menyimpulkan perbedaan pertumbuhan
dan perkembangan pada makhluk hidup
A. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan pengertian pertumbuhan
dan perkembangan
2.
Membedakan pertumbuhan dan
perkembangan
3.
Menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan
4.
Mengetahui pengaruh cahaya terhadap
pertumbuhan tanaman
5.
Menyebutkan tiga daerah pertumbuhan
terminal pada tumbuhan
6.
Membedakan pertumbuhan primer dan
pertumbuhan sekunder
7.
Mengetahui pertumbuhan pada tanaman
B. Materi
Pembelajaran : Pertumbuhan dan
Perkembangan
Setiap makhluk hidup
mengalami perubahan sepanjang masa hidupnya. Perubahan tersebut terkadang
menunjukkan pertambahan ukuran, dari kecil menjadibesar, dari pendek
menjadi tinggi, dari ringan menjadi berat,dan seterusnya. Perkecambahan dari
biji seperti Gambar 1.1 menunjukkan pertumbuhan tersebut.
Perubahan yang terjadi pada kecambah tersebut misalnya pada ukuran kecambah
yang semain lama menjadi semakin panjang, hingga sampai batas tertentu.
Pertambahan
volume yang terjadi karena
pertambahan materi hidup dikenal dengan nama
pertumbuhan. Pertambahan ini dapat diukur dengan
alat
ukur tertentu, atau lebih umum dikenal sebagai
ukuran
kuantitatif
Perubahan
lain yang dapat terjadi sepanjang masa hidupnya adalah perubahan yang mengarah
pada kedewasaan atau perubahan-perubahan yang tidak dapat diukur dengan alat
ukur. Sebagai contoh pada kegiatan penyelidikan yang telah kamu lakukan, kamu
dapat
mengamati perubahan biji menjadi kecambah. Selama
itu terjadi, tidak ada perubahan ukuran yang berarti, berat biji tidak
bertambah, tetapi terjadi proses perubahan penting, yaitu tumbuhnya akar dan
tunas. Tidak ada pertambahan ukuran tubuh, tetapi ada perubahan penting. Perubahan yang demikian lebih dikenal sebagai
perkembangan. Pada proses perkembangan perubahan yang terjadi lebih
bersifat kualitatif, tidak bisa diukur dengan alat ukur.
Faktor yang
Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan
Pertumbuhan
dan perkembangan setiap makhluk hidup terjadi karena pengaruh berbagai faktor.
Faktor dari dalam tubuh bekerja sama dengan faktor lingkungan akan menentukan
pertumbuhan dan perkembangan. Faktor dari dalam atau faktor internal salah
satunya ditentukan oleh hormon tubuh. Pertambahan panjang batang pohon terjadi
karena aktivitas hormon auksin yang menyebabkan pertambahan ukuran dan jumlah
sel, sehingga
menyebabkan pohon bertambah tinggi.
Faktor
dari luar atau faktor eksternal berkaitan dengan segala sesuatu yang ada di
lingkungan, seperti: nutrisi, udara, air, tanah, dan sinar matahari. Sinar
matahari sebagai salah satu faktor lingkungan sangat diperlukan oleh tumbuhan.
Banyaknya sinarmatahari mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
Banyaksedikitnya klorofil, pembentukan tunas, pembentukan bunga, dan kemampuan
membentuk serta menyimpan makanan sangat tergantung pada sinar matahari
C. Metode
Pembelajaran : - Diskusi
kelompok
-Eksperimen
D. Langkah-langkah
Kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
1.
Guru menciptakan suasana kelas yang religius
dengan menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa, memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan.
2.
Guru memberikan
apresepsi mengenai pertumbuhan dan perkembangan
3.
Guru menumbuhkan rasa ingin tahu dengan
menyampaikan tujuan pembelajaran
4.
Guru memberi
motivasi siswa secara komunikatif dan kreatif dengan beberapa pertanyaan
yang berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan
b. Kegiatan Inti
F Eksplorasi
F Peserta didik
diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai pengertian pertumbuhan dan perkembangan, faktor-faktor yang
mempengaruhi pertumbuhan, pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder
F Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan pertumbuhan dan perkembangan
F Guru membagi siswa menjadi
kelompok-kelompok kecil . Setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa
F Elaborasi
F Dengan disiplin, peserta
didik mendiskusikan perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan,
faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan
F Guru mempresentasikan langkah
kerja untuk melakukan eksperimen tentang pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan
tanaman
F Peserta didik dalam setiap
kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan
F Konfirmasi
F Guru
memberikan penguatan mengenai perbedaan pertumbuhan dan pengukuran
c.
Kegiatan Penutup
F bersama-sama dengan peserta
didik membuat rangkuman/simpulan hasil diskusi
F memberikan tugas rumah
E. Sumber
Belajar
1. Buku IPA Terpadu
2. Buku-buku IPA yang relevan.
3. Charta dan bahan percobaan
F. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
w Menyebutkan faktor-faktor
yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
w Menyimpulkan perbedaan
pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes Uraian
Tes uraian
|
Tuliskan 4 faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan
perkembangan pada makhluk hidup!
Deskripsikan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan
pada makhluk hidup !
|
Topporeng, Agustus
2013
Mengetahui
oleh : Guru
Mata Pelajaran
Kepala
Sekolah
DRS. H. ARIFIN
K, M.PD
Drs.H.Muhammad
Said
Nip :
19580417 197903 1 005 Nip : 19720702 200312
1 006