RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (4.6)
Sekolah : SMPN 1 MallusetasiMata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok : Memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Kompetensi Inti :
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Melalui penemuan, peserta didik diharapkan dapat:
- Menentukan kesalahan penggunaan kata dengan tepat.
- Menuliskan kata pada kalimat rumpang dengan tepat.
- Membedakan kalimat efektif dan kalimat tidak efektif dengan tepat.
- Menuliskan perbaikan kalimat tidak baku pada teks laporan hasil observasi dengan tepat.
- Menuliskan perbaikan penggunaan tanda baca/ ejaan yang salah maupun yang kurang tepat dengan benar.
Bagian C
3.8 Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan
Indikator
- Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca.
Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
- Struktur teks laporan hasil observasi
- Karakteristik tiap bagian teks laporan hasil observasi
- Contoh cara melengkapi teks laporan hasil observasi
- Contoh penggunaan kata/ istilah, kata sambung, kalimat efektif, paragraf padu
- Contoh perbaikan kata tidak baku pada teks laporan hasil observasi
- Contoh perbaikan penggunaan tanda baca/ ejaan yang salah maupun yang kurang tepat
- Contoh perbaikan paragraf kurang padu menjadi paragraf padu
- Praktik melengkapi struktur i teks laporan hasil observasi (melengkapi bagian identifikasi/ gambaran umum, laporan hasil observasi bagian)
- Praktik memvariasikan pola penyajian deskripsi bagian pada teks HO
- Praktik membuat telaah ketepatan struktur dan penggunaan bahasa/ tanda baca/ ejaan pada teks laporan hasil observasi
Pengetahuan
- Struktur teks laporan hasil observasi
- Karakteristik tiap bagian teks laporan hasil observasi
- Contoh cara melengkapi teks laporan hasil observasi
- Contoh penggunaan kata/ istilah, kata sambung, kalimat efektif, paragraf padu
- Contoh perbaikan kata tidak baku pada teks laporan hasil observasi
- Contoh perbaikan penggunaan tanda baca/ ejaan yang salah maupun yang kurang tepat
- Contoh perbaikan paragraf kurang padu menjadi paragraf padu
- Praktik melengkapi struktur i teks laporan hasil observasi (melengkapi bagian identifikasi/ gambaran umum, laporan hasil observasi bagian)
- Praktik memvariasikan pola penyajian deskripsi bagian pada teks LHO
- Praktik membuat telaah ketepatan struktur dan penggunaan bahasa/ tanda baca/ ejaan pada teks laporan hasil observasi
Pengetahuan
- Struktur teks laporan hasil observasi (dentifikasi, laporan hasil observasi bagian)
- Contoh variasi bagian definisi umum/ pernyataan umum
- Contoh variasi pengembangan laporan hasil observasi ( deskripsi bagian)
- Cara mengembangkan paragraf pada laporan hasil observasi
- Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca/ ejaan (koma, kapital, titik dua)
- Contoh benar dan contoh salah penggunaan kata/ kalimat pada kalimat definisi dan klasifikasi
- Contoh pengembangan paragraf umum –khusus pada teks laporan hasil observasi
- Contoh pengembangan paragraf kalsifikasi
- Prinsip mengurutkan teks laporan hasil observasi
- Prinsip mengembangkan teks laporan hasil observasi paragraf rincian
- Prinsip mengembangkan paragraf pada teks laporan hasil observasi
- Prinsip menggunakan kata/ istilah
- Prinsip menyusun definisi
- Prinsip menyusun paragraf klasifikasi
- Prinsip penggunaan ejaan dan tanda baca
- Praktik mengurutkan bagian teks laporan hasil observasi
- Praktik melengkapi unsur-unsur teks laporan hasil observasi
- Praktik memvariasikan susunan teks laporan hasil observasi
- Praktik menyunting teks laporan hasil observasi
- Contoh kegiatan bagian B
Metode Pembelajaran
Tanya jawab
Diskusi
Penugasan
Latihan
Media Pembelajaran
Video
Teks laporan hasil observasi
Sumber Belajar
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 138 s.d 158.
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 82 s.d 84.
- Lingkungan sekitar
- http://kecilnyaaku.com
Pendahuluan
Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar dan mengabsen peserta didik.
Tahap 1: Persiapan
Guru Menentukan tujuan pembelajaran, identifikasi karakteristik peserta didik (kemampuan awal, minat, gaya belajar, dan sebagainya).
Tahap 2: Stimulasi/pemberian rangsangan
- Guru memulai kegiatan PBM dengan mengajukan pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan ada hubungannya dengan materi yang akan diajarkan.
- Guru menganjuran peserta didik untuk membaca teks yang sudah disiapkan.
- Guru mengarahkan aktivitas belajar lainnya yang mengarah pada persiapan pemecahan masalah.
- Guru memberikan stimulasi yang berfungsi untuk menyediakan kondisi interaksi belajar yang dapat mengembangkan dan membantu peserta didik dalam mengeksplorasi bahan.
Tahap 3: Identifikasi masalah
- Peserta didik bersama guru mengidentifikasi sumber belajar yang berhubungan dengan kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca.
- Peserta didik diberi kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin agenda-agenda masalah yang berhubungan dengan kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca.
- Peserta didik merumuskan dalam bentuk hipotesis tentang kesalahan-kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca.
- Peserta didik dibantu guru mengumpulan dan mengeksplorasi data tentang kesalahan-kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca.
- Peserta didik dibawah bimbingan guru mendiskusikan untuk memperbaiki data dan informasi yang telah diperoleh tentang kesalahan-kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca.
- Peserta didik dibawah bimbingan guru melakukan pemeriksaan secara cermat untuk menjelaskan kesalahan-kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca dihubungkan dengan hasil perbaikannya.
- Peserta didik dibawah bimbingan guru merumuskan prinsip dan generalisasi hasil penemuannya tentang penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca yang sesuai dengan kaidah.
Dalam kegiatan penutup, guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi:
- Seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
- Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok; dan
- Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Penilaian Pengetahuan
Teknik : Tes tulis dan penugasan.
Bentuk : Isian dan tugas yang dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut:
Disajikan teks laporan hasil observasi.
- Dari teks yang disajikan, tentukan kalimat mana yang terdapat kesalahan penggunaan kata!
- Lengkapi kalimat rumpang berikut dengan tepat!
- Apa perbedaan kalimat efektif dan kalimat tidak efektif!
- Perbaikilah kalimat tidak baku sehingga menjadi kalimat yang baik dan benar!
- Perbaikilah penggunaan tanda baca/ ejaan yang salah maupun yang kurang tepat!
Bermain Peduli dan Cinta Bahasa Indonesia.
Bermainlah sambil membuktikan kepedulian terhadap penggunaan bahasa Indonesia. Dalam permainan ini guru akan membagi menjadi dua kelompok besar. Tiap kelompok akan mencari penggunaan kalimat yang salah pada teks laporan hasil observasi. Peserta didik dapat mencari di semua media massa atau media sosial. Kemudian menelaah kalimat itu. Setelah ditelaah kesalahannya kemudian diperbaiki. Tulis tiap kalimat, telaah kesalahan, dan perbaikannya pada kertas terpisah. Secara ringkas lakukan kegiatan berikut!
- Carilah kesalahan penggunaan kalimat pada teks laporan hasil observasi pada berbagai media massa/ media sosial!
- Bacalah berbagai buku yang menjelaskan kaidah penggunaan bahasa Indonesia (penggunaan kalimat perintah, teks prosedur, penggunaan tanda baca dan huruf kapital)
- Telaahlah mengapa kalimat tersebut salah!
- Perbaiki kalimat yang kurang efektif !
- Perbaikilah penulisan tanda baca/ ejaan yang salah!
- Tulis ketiga bagian pada separoh kertas ukuran HVS secara terpisah. Satu bagian satu kertas (kalimat salah, alasan kesalahan, kalimat perbaikan)
- Gurumu akan memandu bermain adu cepat memasangkan dan menentukan ketepatan alasan dan perbaikan yang kamu lakukan.
Aktivitas kegiatan pembelajaran remedial, yang dapat berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pedoman Penskoran :
Aspek | Skor |
· Jawaban sempurna | 5 |
· Jawaban kurang sempurna | 3 |
· Jawaban tidak sempurna | 1 |
Skor maksimal | 25 |
Skor akhir | = | Skor yang diperoleh | x 100 |
Dibagi Skor Maksimal |
menelaah struktur
Mengetahui, Kepala Sekolah (____________) NIP. ………………. |
Palanro, Juli 2016 Guru Mata Pelajaran Hj.Nuraeni,S.Pd.I. |