RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (4.11)
Sekolah : SMPN 1 MallusetasiMata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok : Merencanakan penulisan teks laporan hasil observasi
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit
Kompetensi Inti :
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menghargaidan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Melalui pendekatan pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek, peserta didik diharapkan dapat:
- Menjelaskan fungsi kerangka laporan dengan tegas.
- Menentukan langkah awal menulis laporan dengan tepat.
- Menjelaskan sifat topik laporan hasil observasi dengan benar.
- Menyusun kerangka laporan dengan rinci.
Bagian D
4.8 Menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan.
Indikator
- Merencanakan penulisan teks laporan hasil observasi.
Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
- Contoh langkah penyusunan teks laporan hasil observasi.
- Contoh variasi judul pada teks laporan hasil observasi.
- Contoh variasi identifikasi.
- Contoh variasi rincian bagian.
- Praktik menulis teks laporan hasil observasi dari objek sekitar yang diamati.
- Praktik memberikan narasi lisan untuk video/ objek.
- Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat.
Pengetahuan
- Contoh langkah penyusunan teks laporan hasil observasi.
- Contoh variasi judul pada teks laporan hasil observasi.
- Contoh variasi identifikasi.
- Contoh variasi rincian bagian.
- Praktik menulis teks laporan hasil observasi dari objek sekitar yang diamati.
- Praktik memberikan narasi lisan untuk video/ objek.
- Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat.
Pengetahuan
- Contoh langkah penyusunan teks laporan hasil observasi.
- Contoh variasi judul pada teks laporan hasil observasi.
- Contoh variasi identifikasi.
- Contoh variasi rincian bagian.
- Praktik menulis teks laporan hasil observasi dari objek sekitar yang diamati.
- Praktik memberikan narasi lisan untuk video/ objek.
- Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat.
Metode Pembelajaran
Tanya jawab
Diskusi
Penugasan
Latihan
Media Pembelajaran
Video
Teks laporan hasil observasi
Sumber Belajar
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 158 s.d 163.
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 84 s.d 88.
- Lingkungan sekitar
- http://kecilnyaaku.com
Pendahuluan
Mengucapkan salam dan berdo’a.
Sesuai Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016, dalam kegiatan pendahuluan, guru wajib:
- Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
- Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan jenjang peserta didik;
- Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
- Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
- Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
Langkah -1: Penentuan proyek
Guru bersama dengan peserta didik menentukan tema/topik proyek dalam merencanakan penulisan teks laporan hasil observasi.
Langkah -2 : Perancangan langkah-langkah penyelesaian proyek
Guru memfasilitasi peserta didik untuk merancang langkah-langkah kegiatan penyelesaian proyek beserta pengelolaannya dalam merencanakan penulisan teks laporan hasil observasi dengan cara:
- menjelaskan fungsi kerangka laporan dengan tegas.
- menentukan langkah awal menulis laporan dengan tepat.
- menjelaskan sifat topik laporan hasil observasi dengan benar.
- menyusun kerangka laporan dengan rinci.
Guru memberikan pendampingan kepada peserta didik melakukan penjadwalan semua kegiatan merencanakan penulisan teks laporan hasil observasi.
Langkah -4: Penyelesaian proyek dengan fasilitasi dan monitoring guru.
Guru memfasilitasi dan memonitor peserta didik dalam merencanakan penulisan teks laporan hasil observasi.
Langkah -5: Penyusunan laporan dan presentasi/publikasi hasil proyek
Guru memfasilitasi peserta didik untuk mempresentasikan dan mempublikasikan hasil merencanakan penulisan teks laporan hasil observasi.
Langkah -6: Evaluasi proses dan hasil proyek
Guru dan peserta didik pada akhir proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil tugas proyek tentang merencanakan penulisan teks laporan hasil observasi.
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi:
- Seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
- Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok; dan
- Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Penilaian Pengetahuan
Teknik : Tes tulis dan penugasan.
Bentuk : Isian dan tugas yang dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut:
Disajikan teks laporan hasil observasi.
Berdasarkan teks tersebut:
- Jelaskan fungsi kerangka laporan dengan tegas!
- Tentukan langkah awal menulis laporan dengan tepat!
- Jelaskan sifat topik laporan hasil observasi dengan benar!
- Susunlah kerangka laporan dengan rinci!
- Praktik menulis teks laporan hasil observasi dari objek sekitar yang diamati
- Praktik memberikan narasi lisan untuk video/ objek.
- Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat.
- Pilihlah video dokumenter tentang binatang atau flora Indonesia.
- Lihatlah video/ gambar tentang hewan secara cermat. Cari informasi dan rangkum isi tentang ciri fisik hewan, habitat hewan, makanan, perilaku hewan dan lain-lain.
- Sajikan di depan kelas secara berantai 5-6 orang.
- Lakukan berantai!
- Bertindaklah seperti reporter televisi yang sedang mengisi suara pada video tentang flora fauna Indonesia.
- Bahasa lisan yang kamu gunakan harus sesuai dengan gambar yang ditampilkan video!
Aktivitas kegiatan pembelajaran remedial, yang dapat berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Instrumen Penilaian
Hal yang dinilai | 1 | 2 | 3 | 4 |
• Judul menyatakan hal umum/ objek / fakta ilmiah • Judul ditulis dengan huruf awal huruf kapital • Judul tanpa menggunakan titik • Judul sesuai isi (bobot 1) |
||||
Bagian awal teks sudah berisi sudah berisi definisi, asal, klasifikasi, konteks • Menyatakan definisi • Mencantumkan klasifikasi objek (termasuk kelompok apa, informasi umum tentang objek/ belum dirinci) • tidak terdapat kesalahan kata/ kalimat • idak terdapat kesalahan tanda baca (bobot 1) |
||||
Bagian inti berupa rincian objek • Rincian ciri fisik objek • Klasifikasi objek • Rincian objek dari berbagai sudut • Tidak terdapat kesalahan penggunaan kalimat • Tidak terdapat kesalahan tanda baca/ ejaan (bobot 2) |
||||
Bagian penutup • Membuat kalimat ringkasan/ simpul • Tidak terdapat kesalahan struktur kalimat • Tidak terdapat kesalahan penggunaan tanda baca/ ejaan (bobot 1) |
4= jika terdapat semua unsur
3= jika terdapat 3 unsur
2= jika terdapat 2 unsur
1= jika terdapat 1 unsur
Skor akhir | = | Skor yang diperoleh | x 100 |
Dibagi Skor Maksimal |
konstruksi
Mengetahui, Kepala Sekolah (_________) NIP. |
Palanro, Juli 2016 Guru Mata Pelajaran |