1. 1. Penyusunan profil kompetensi dan perencanaan program PKB bagi guru dilaksanakan
Sebagai :
a. Hasil uji kompetensi Awal c. Hasil penilaian formatif
b. Hasil Penilaian diri d. Hasil Penilaian sumatif
2.2. Dlm menyusun penilain pendidikan terdapat 3 pokok pikiran penting:
a. Tujuan yg akan dinilai dg cara apa menilai dan alat apa yg akan digunakan
b. Tujuan tes, menyusun daftar soal dan menyusun daftar tugas
c. Tes tertulis observasi dan wawancara
d. Tujuan pelaksanaan tes, pengaturan alokasi waktu dan tingkat kesulitan tes
3.3. Pengelola jurnal sebelum mulai menerbitkan jurnalnya adalah mendptkan Nomor ISSN merupakan nomor registrasi satu-satunya sebagai :
a. Identitas unik dari setiap pengguna internet
b. Identitas unik dari setiap terbitan berkala
c. Identitas unik yg berlaku secara internasional
d. Identitas unik dari setiap siaran berita elektronik
4 4. Cara yg santun untuk mengakhiri komunikasi melalui chatting adalah :
a. Membuka dialog dg pengguna internet lain sehingga memang terlihat sibuk
b. Memberi signal BUZZ sebelum berpamitan
c. Mengaktifkan status offline degan demikian komunikasi otomatis terputus
d. Berpamitan untuk berhenti melakukan komunikasi dan mengaktifkan status offline
5. Daya dorong dari dalam diri manusia sehingga tergerak utk melakukan tindakan tertentu, dalam psikologi disebut:
a. Sikap b. Motif c. Niat d. Drive
66. Program perangkat lunak yg lazim digunakan utk membantu mempermudah perhitungan dan berbentuk kolom atau tabel adalah:
a. Microsoft word c. Microsoft access
b. Microsoft power point d. Microsoft excel
7 . Proses penilaian pengetahuan dari umum ke khusus, pengetahuan metode dan teknik serta kriteria utk menentukan penggunaan prosedur yg tepat merupakan konsep dari penilaian pengetahuan secara:
a. Faktual b. Normal c. Prosedural d. Konseptual
8.8. Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK ) utk merumuskan judul paling tidak memuat
a. Variable masalah, variabel tindakan, dan obyek penelitian
b. Keunggulan variabel tindakan dan subyek penelitian
c. Latar belakang, metodologi dan kesimpulan penelitian
d. Variabel masalah, variabel tindakan dan subyek penelitian
9.9. Diketahui data sebagai berikut:
Siswa A dlm penilaian sikap pada mata pelajaran PJOK memperoleh:
Nilai Observasi = Baik sekali
Nilai diri sendiri = Baik
Nilai antar peserta didik = baik
Nilai Jurnal = kurang
Maka Nilai utk Rapor adalah :
a. Baik sekali b. Cukup c. Baik d. Kurang baik
110. Guru tetap memberikan yg terbaik kepada siswa jika tindakannya tidak mengacu pada terlaksananya kurikulum dan target penguasaan Perencanaan pembelajaran. Hal tersebut merupakan salah satu Penelitian Tindakan kelas (PTK ) dalam konteks
a. Uji coba inovasi pembelajaran di dalam kelas
b. Perbaikan penilaian atau remidial kelas
c. Kompetensi yg harus dikuasai oleh guru
d. Tidak mengganggu .............. sebagai guru
111. Secara formal kegiatan refleksi pada Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dilakukan..
a. Setelah setiap kali melaksanakan evaluasi hasil belajar
b. Setelah setiap kali ada permasalahan baru dalam pembelajaran
c. Setelah Setiap kali melaksanakan tindakan pembelajaran
d. Setelah setiap siklus tindakan pembelajaran.
112. Pemodifikasian materi pembelajaran pada gaya mengajar Inklusi
a. Penyusunan kisi-kisi program individual
b. Penyusunan kisi-kisi faktor modifikasi
c. Penyusunan modifikasi lembar penugasan
d. Penyusunan modifikasi lembar kerja siswa
113. Melihat keadaan peserta didik dengan potensi motorik yg berbeda, maka dalam hal tersebut guru harus melakukan ....
a. Menyederhanakan mendia pembelajaran
b. Mengelompokan tahapan belajar gerak dan mengelompokan jenis gerak
c. Memodifikasi bahan ajar dan media
d. Memilih alat peraga dan sarana yg tepat
114. Ada beberapa prinsip dalam menyusun RPP . Salah satunya adalah mempertimbangkan kondisi dan kebutuhan lingkungan peserta didik. Yang merupakan prinsip pengembanan RPP...
a. Bepusat pada peserta didik c. Memperhatikan perbedaan peserta didik
b. Mengembangkan kemandirian belajar peserta didik. d. Berbasis konteks
115. Ketuntasan belajar peserta dipengaruhi oleh tingkat kompleksitas kompetensi, serta...
a.Kemampuan yg akan dicapai c. Kemampuan awal peserta didik
b. daya dukung lingkungan d. Hasil analisis nilai peserta didik
116. Pada umumnya langkah-langkah pembelajaran terdiri atas Pendahuluan, tahap inti,, dan tahap akhir dan tindak lanjut dilakukan pada tahap akhir pembelajaran adalah....
a. Evaluasi hasil belajar ( formatif tes), penenangan dan ....
b. Evaluasi hasil belajar ( formatif tes ), dan pemberian motivasi
c. Evaluasi hasil belajar ( formatif tes ), latihan pembekalan...
d. Umpan balik, pemberian motivasi dan latihan pembekalan
117. Sebelum dilakukan perencanaan pengembangan keprofesian dilakukan tim PKB adalah..
a. Merancang kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan
b. Penilaian akhir tahun
c. Refleksi hasil evaluasi diri
d. Mempelajari data penilaian awal tahun
118. Komponen-komponen dalam RPP dikembangkan berdasarkan :
a. Lingkungan sekolah
b. Contoh format dari BSNP
c. Kompetensi inti dan KD yg dipilih
d. Urutan yg ada pada contoh silabus pusat kurikulum
119. Jika guru telah melakukan penilaian yang .........menggunakan berbagai teknik penilaian yang .......... penilaian yang......
a. Sahih atau valid
b. Transparan
c. Menyeluruh dan berkesinambungan
d. Akuntabel
220. Selain kompetensi dasar yang ingin dicapai, materi pembelajaran mempertimbangkan.....
a. Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
b. Ketersediaan waktu yang dimiliki guru
c. Ketersediaan saran dan prasarana sekolah
d. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran
221. Peraturan yang mengatur pelaksanaan kurikulum di sekolah........
a. Permendikbud no. 58 tahun 2014
b. Permendikbud no.56 thn 2014
c. Permenikbud no. 60 th 2014
d. Permendikbud no. 57 thn 2014
222. Berikut adalah pihak yang tidak perlu mendapatkan laporan
a. Wali kelas c. Komite sekolah
b. Orang tua peserta didik d. Kepala Sekolah
223. Langkah awal dalam melakukan refleksi keberhasilan proses dalam pembelajaran
a. Analisis tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik
b. Analisis kelemahan guru
c. Analisis keaktifan peserta didik
d. Analisis penggunaan sarana prasarana
224. Prinsip dasar pada kurikulum berbasis kompetensi dengan kurikulum-kurikulum sebelumnya . Salah satunya adalah:
a. Sumber belajar hanya guru, sumber yg lain hanya memenuhi..
b. Penilaian menekankan pada hasil belajar
c. PBM dengan pendekatan dan metode konvensional
d. Menekankan pada ketercapaian kompetensi siswa
225. Salah satu kompetensi seorang guru adalah kompetensi profesional. Kompetensi profesional seorang guru....
a. Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu.....
b. Berkomunikasi secara efektif, emphatik dan sopan
c. Menunjukkan etos kerja dan tanggung jawab yg tinggi
d. Memanfaatkan TIK dalam pembelajaran
1.