Friday, May 15, 2015

Tahap Persiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tematik

Setelah pada postingan sebelunya telah dibahas mengenai pengertian dan karakteristik pembelajaran tematik, teman-teman bisa baca postingan tentang Pengertian dan Karakteristik Pembelajaran Tematik. Maka pada postingan kali ini akan diuraikan bagaimana tahap persiapan pelaksanaan pembelajaran tematik. Dalam tahap persiapan pelaksanaan pembelajaran tematik terdiri atas beberapa tahap, yaitu:

Pemetaan Kompetensi Dasar

Kegiatan pemetaan ini dilakukan untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh dan utuh semua standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator dari berbagai matapelajaran yang dipadukan dalam tema yang dipilih. Kegiatan yang dilakukan adalah:
Penjabaran standar kompetensi, kompetensi dasar ke dalam indicator. Melakukan  kegiatan  penjabaran  standar  kompetensi  dan  kompetensi  dasar  dari setiap matapelajaran ke dalam indikator, dengan memperhatikan hal-hal berikut:
  • Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik
  • Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran
  • Dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diamati 
Penentuan tema, dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu :
  • Mempelajari standar kompetensi dan kompetensi dasar yang terdapat dalam masing-masing  mata  pelajaran,  dilanjutkan  dengan  menentukan  tema  yang sesuai
  • Menetapkan  terlebih  dahulu  tema-tema  pengikat  keterpaduan,  dilanjutkan dengan  mengidentifikasi  kompetensi  dasar dari  berbagai  matapelajaran  yang cocok dengan tema yang telah ada. Untuk menentukan tema tersebut guru dapat bekerjasama dengan siswa sehingga sesuai dengan minat siswa.
Identifikasi dan analisis standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator

Menetapkan Jaringan Tema

Pembuatan jaringan tema dilakukan dengan cara menghubungkan kompetensi dasar dan indikator dengan tema pemersatu. Dengan jaringan  tema tersebut akan terlihat kaitan antara tema, kompetensi dasar dan indikator dari setiap matapelajaran. Jaringan tema ini dapat dikembangkan sesuai dengan alokasi waktu yang tersedia untuk setiap tema. Contoh jaringan tema dapat didownload [disini].

Penyusunan Silabus Pembelajaran Tematik

Hasil  seluruh  proses  yang  dilakukan  pada  tahap-tahap  sebelumnya  dijadikan  dasar dalam penyusunan silabus. Komponen silabus terdiri dari standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, pengalaman belajar, alat/sumber, dan penilaian. Contoh silabus pembelajaran tematik dapat didownload [disini].

Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Untuk keperluan pelaksanaan pembelajaran, guru perlu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP ini merupakan realisasi yang telah ditetapkan dalam silabus pembelajaran. Komponen RPP tematik meliputi:
  • Identitas Mata Pelajaran yaitu nama matapelajaran yang akan dipadukan, kelas, semester, dan waktu/banyaknya jam pelajaran yang dialokasikan
  • Kompetensi dasar dan indikator yang akan dilaksanakan
  • Materi pokok beserta uraiannya yang perlu dipelajari siswa dalam rangka mencapai kompetensi dasar dan indikator
  • Strategi pembelajaran (kegiatan pembelajaran secara konkrit yang harus dilakukan siswa dalam berinteraksi dengan materi pembelajaran dan sumber belajar untuk menguasai kompetensi dasar dan indikator, kegiatan ini terdiri atas kegiatan pembukaan, inti dan penutup
  • Alat dan media yang digunakan untuk memperlancar pencapaian kompetensi dasar serta sumber bahan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran tematik sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai
  • Penilaian dan tindak lanjut (prosedur dan instrumen yang akan digunakan) untuk menilai pencapaian belajar peserta didikserta tindak lanjut hasil penilaian (Contoh RPP tematik dapat didownload [disini].
Semoga dapat bermanfaat.

PEMBELAJARAN IPA DI LUAR KELAS

IPA merupakan salah satu Mata Pelajaran yang mempunyai ruang lingkup sangat luas. Di dalam IPA dipelajari tentang sesuatu yang berhubungan ...