Skip to main content

Zat dan Wujudnya


A. Pengertian Zat
Semua benda yang terdapat di sekitar kita merupakan zat atau materi. Misalnya batu, air, atau balon berisi gas. Ketiga benda tersebut memiliki sifat yang sama, yaitu  menempati ruang. Jadi zat adalah sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang.

B. Macam-macam Wujud Zat
Contoh Zat Padat, Cair, dan Gas
Zat dibedakan  menjadi tiga macam yaitu padat, cair, dan gas.  Zat padat contohnya batu, zat cair contohnya air, zat gas contohnya udara.  Zat dapat mengalami perubahan wujud, yaitu perubahan keadaan suatu zat dari wujud padat ke cair atau sebaliknya, dari cair ke gas atau sebaliknya, dan dari gas ke padat atau sebaliknya.

C. Macam-macam Perubahan Wujud Zat
Skema Perubahan Wujud
1) Mencair adalah perubahan dari padat ke cair, contohnya es dipanaskan menjadi air.
2) Menguap adalah perubahan dari cair ke gas, contohnya air dipanaskan menjadi uap air. 
3) Menyublim adalah perubahan dari padat ke gas, contohnya kabur barus padat yang dibiarkan menjadi kapur barus gas.
4) Mengembun adalah perubahan dari gas ke cair, contoh pada malam hari uap air menjadi air yang menempel pada daun.
5) Membeku adalah perubahan dari cair ke padat, contohnya air didinginkan menjadi es.
6) Mengkristal adalah perubahan dari gas ke padat, contohnya gas kapur barus yang didinginkan menjadi kapur barus padat.

Dalam perubahan wujud ada yang memerlukan kalor dan ada yang melepaskan kalor. Perubahan wujud yang memerlukan kalor yaitu mencair, menguap dan menyublim. Perubahan wujud  yang melepaskan kalor yaitu menyublim, memebeku, dan mengembun.  

D. Partikel-partikel zat
Struktur Atom Zat Padat, Cair dan Gas
 Zat  tersusun atas partikel-partikel zat yang disebut atom. Beberapa atom bergabung membentuk sebuah molekul.  Molekul adalah bagian terkecil suatu zat yang masih memepunyai sifat zat itu. Molekul-molekul penyusun zat tersebut selalu bergerak.  Molekul  pada zat cair, padat dan gas memiliki sifat yang berbeda.
1) Zat padat: (a) letak molekul-molekulnya sangat berdekatan. (b) susunanya molekulnya teratur. (c) gerak molekulnya tidak bebas. (d) gaya tarik molekulnya sangat kuat.
2) Zat cair: (a) letak molekulnya berdekatan. (b) susunanya molekulnya tidak teratur. (c) gerak molekulnya lebih bebas. (d) gaya tarik antar molekulnya lemah.
3) Zat gas: (a) letak molekulnya berjauhan. (b) susunanya molekulnya tidak teratur. (c) gerak molekulnya sangat bebas sehingga dapat memenuhi ruangan. (d) gaya tarik molekulnya sangat lemah.

E. Adhesi dan kohesi
Gaya tarik menarik antar partikel dibedakan menjadi dua yaitu, adesi dan kohesi. Kohesi adalah gaya tarik menarik antara molekul-molekul sejenis. Adhesi adalah gaya tarik menarik antara molekul-molekul yang tidak sejenis.

F. Meniskus

Meniskus adalah keadaan permukaan zat cair pada tabung yang disebabkan oleh adanya  gaya kohesi atau adhesi partikel zat cair dan dinding kaca tabung.
(1) Meniskus cekung, terjadi jika gaya kohesi antar partikel zat cair  lebih kecil dari pada gaya adhesi antar partikel zat cair dengan dinding tabung.
(2) Meniskus cembung,  terjadi jika gaya kohesi antar partikel zat cair lebih besar dari pada gaya adhesi antar partikel zat cair dengan dinding tabung.

G.  Kapilaritas
Gejala Kapilaritas
Adanya adhesi dan kohesi dalam berbagai benda dapat  menimbulkan kapilaritas (gejala kapiler). Kapilaritas adalah peristiwa naik turunya permukaan zat cair dalam pipa atau saluran kapiler.

H. Massa jenis
Massa jenis suatu zat adalah bilangan yang menyatakan zat itu tiap satuan volumenya .

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo