1. Menunjukkan pemahaman konsep, fakta, metodologi, istilah, dan cara mempresentasikan data saintifik dengan cara:
- Menjelaskan suatu istilah saintifik dengan tepat
- Menggambar suatu diagram
- Mengurutkan suatu peristiwa saintifik
- Mengukur suatu material
- Menyebutkan suatu istilah saintifik
2. Mengaplikasikan dan menggunakan fakta, konsep, metodologi, istilah saintifik untuk berkomunikasi secara efektif, metodologi yang sesuai untuk mempresentasikan informasi saintifik dengan cara:
- Memberikan keterangan singkat pada suatu diagram atau grafik
- Mengapliksikan teori, persamaan dan prinsip-prinsip dasar pada situasi yang baru
- Menggunakan tehnik matematika untuk menjawab suatu pertanyaan
- Membandingkan persamaan dan perbedaan dari suatu benda atau keadaan
- Memberikan informasi secara detail
- Menjelaskan perbedaan antara dua atau lebih benda atau keadaan
- Menaksir suatu nilai yang tidak diketahui berdasarkan informasi yang diberikan dan latar belakang teori
- Memberi jawaban berdasarkan berbagai macam pilihan situasi atau keadaan
- Menjelaskan secara singkat
3. Menyusun, menganalisa, dan mengevaluasi hipotesa, metodologi, dan penjelasan saintifik dengan cara:
- Menginterpretasikan data untuk mencapai suatu kesimpulan
- Membuat suatu grafik
- Membuat suatu kesimpulan berdasarkan informasi yang diberikan
- Memanipulasi persamaan matematika untuk menghasilkan persamaan yang baru
- Membuat rencana eksperimen atau model saintifik
- Menentukan jawaban yang benar
- Memberikan argument atau alternative hipotesa
- Menganalisa implikasi dan kekurangan suatu eksperimen
- Memberi penjelasan secara detail, yang termasuk sebab akibat dan mekanisme suatu kondisi
- Memprediksi hasil suatu eksperimen
- Menjawab pertanyaan dengan menggunakan tehnik aljabar dan angka
- Menawarkan suatu hipotesa atau kemungkinan lain
4. Kolaborasi: dapat bekerja sama dengan orang lain
- Menghargai pendapat kawan
- Dapat memberi petunjuk bila diperlukan
- Mengemukakan pendapat dengan sopan
- Sabar
- Mau menerima perbedaan pendapat
Ditambah dengan:
- Mendiskusikan dan menganalisis data dari jurnal penelitian atau informasi lainnya mengenai isu-isu global yang berhubungan dengan biologi
- Mengkomunikasikan hasil penelitian atau proyek.
STRATEGI PEMBELAJARAN
Strategi pembelajaran Biologi di SMA didasarkan pada pengembangan konsep-konsep dasar di bawah ini, yaitu:
A. Pembelajaran yang menyeluruh
- Implikasi dari konsep “Pembelajaran yang menyeluruh” adalah para guru sains diharapkan untuk:
- Dapat bekerja sama dengan sesama guru, baik di bidang sains maupun dari bidang lainnya
- Memberikan kesempatan mengintegrasikan topik yang diajarkan dalam segala cabang sains dengan mata pelajaran lainnya
- Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat menghargai kontribusi yang telah diberikan oleh sains terhadap kehidupan dan kualitas hidup manusia
B. Kesadaran interkultural
- Sains memberikan kontribusi dalam pengembangan kesadaran interkultural dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplorasi isu-isu sains, baik lokal maupun global.
- Dengan memberi kesempatan peserta didik untuk mengekplorasi topik-topik secara kritis, melalui perspektif global dan multikultural, diharapkan dapat menumbuhkan rasa toleransi, saling menghormati, dan empati.
- Selain itu, peserta didik juga mendapatkan kesempatan untuk merefleksikan peran dan tanggung jawab mereka terhadap lingkungan mereka dan dunia.
C. Komunikasi
- Sains memfokuskan kepada pentingnya pengembangan kemampuan untuk memahami dan mengkomunikasikan pemikiran-pemikiran saintifik secara efektif.
- Untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi, peserta didik harus diberikan kesempatan untuk membaca, menulis, dan mendiskusikan masalah-masalah yang berhubungan dengan sains.
- Peserta didik harus diberi kesempatan untuk menggunakan bermacam-macam cara/metode komunikasi, yaitu secara oral atau tertulis, secara visual, simbol matematika dan multimedia