Skip to main content

3.13 Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat(pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar.

                                            RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (5.1)
Sekolah                       :  SMPN 1  Mallusetasi
Mata pelajaran             :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :  VII/2
Materi Pokok              :  Menyimpulkan ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks yang dibaca/didengar.
Alokasi Waktu            :  2 x 40 menit
Kompetensi Inti :
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan serangkaian kegiatan pembelajaran melalui pendekatan saintifik, peserta didik dapat:
  1. Menjelaskan pengertian pantun dengan benar.
  2. Menjelaskan fungsi pantun dengan benar.
  3. Menjelaskan gaya leluhur dalam mengungkapkan sesuatu
  4. Menyebutkan ciri pantun berdasarkan bentuknya dengan benar.
  5. Menjelaskan pengertian gurindam dengan benar.
  6. Menjelaskan isi gurindam dengan benar.
  7. Menyebutkan ciri gurindam dengan benar.
  8. Menjelaskan pengertian syair dengan benar.
  9. Menyebutkan ciri syair dengan benar.
Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.9  Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar.
Indikator
  • Menyimpulkan ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks yang dibaca/didengar.
Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
  • Pengertian puisi rakyat
  • Jenis puisi rakyat
  • Tujuan komunikasi puisi rakyat
  • Persamaan dan perbedaan puisi rakyat (syair, gurindam, pantun)
  • Kata berima pada puisi rakyat
  • Makna kata/ ungkapan pada puisi rakyat
Keterampilan
  • Memahami isi puisi rakyat (syair, gurindam, pantun)
  • Praktik memahami isi puisi rakyat (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian)
Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
  • Pengertian puisi rakyat
  • Jenis puisi rakyat
  • Tujuan komunikasi puisi rakyat
  • Persamaan dan perbedaan puisi rakyat (syair, gurindam, pantun)
  • Kata berima pada puisi rakyat
  • Makna kata/ ungkapan pada puisi rakyat
Keterampilan
  • Memahami isi puisi rakyat (syair, gurindam, pantun)
  • Praktik memahami isi puisi rakyat (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian)
Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
  • Pengertian puisi rakyat
  • Jenis puisi rakyat
  • Tujuan komunikasi puisi rakyat
  • Persamaan dan perbedaan puisi rakyat (syair, gurindam, pantun)
  • Kata berima pada puisi rakyat
  • Makna kata/ ungkapan pada puisi rakyat
Keterampilan
  • Memahami isi puisi rakyat (syair, gurindam, pantun)
  • Praktik memahami isi puisi rakyat (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian)
Sikap utama yang ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.
Metode Pembelajaran
Tanya jawab
Diskusi
Penugasan
Latihan
Media Pembelajaran
Video
Contoh pantun
Contoh syair
Contoh gurindam
Sumber Belajar
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 179 s.d 186.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 95 s.d 96.
  • Lingkungan sekitar
Kegiatan Pembelajaran
Bagian A dan B: Dekonstruksi
Pendahuluan
Mengucapkan salam dan berdo’a.
Sesuai Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016, dalam kegiatan pendahuluan, guru wajib:
  • Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
  • Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan jenjang peserta didik;
  • Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
  • Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
Kegiatan Inti
Mengamati :
Peserta didik membaca pantun, gurindam, dan syair baik bersama-sama atau ditunjuk bergiliran.
Menanya :
Setelah mencermati beberapa pantun, gurindam, dan syair, peserta didik diarahkan untuk berpikir bagaimana menyimpulkan ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks yang dibaca/didengar.
Mengumpulkan Informasi:
  • Peserta didik berdiskusi kelompok untuk membahas pertanyaan-pertanyaan yang muncul berkaitan dengan ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks yang dibaca/didengar.
  • Peserta didik diarahkan untuk berpikir tentang menyimpulkan ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks yang dibaca/didengar.
Mengasosiasi:
  • Peserta didik membandingkan hasil analisis terhadap ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks yang dibaca/didengar.
  • Peserta didik menelaah kembali ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks yang dibaca/didengar.
  • Peserta didik mendiskusikan ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks yang dibaca/didengar.
  • Peserta didik menuliskan kembali ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks yang dibaca/didengar.
  • Peserta didik membaca hasil menyimpulkan ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks yang dibaca/didengar.
Mengomunikasikan.
  • Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks yang dibaca/didengar.
  • Peserta didik membacakan rangkuman tentang ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks yang dibaca/didengar.
Penutup
  • Peserta didik bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
  • Peserta didik bersama guru melakukan indentifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
  • Peserta didik menerima umpan balik tentang proses pembelajaran.
  • Peserta didik diwajibkan membaca fabel minimal satu buah. Hasil bacaannya dituangkan pada jurnal harian.
  • Peserta didik menerima penyampaian tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan tugas yang dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan pantun, gurindam, dan syair.
  1. Jelaskan pengertian pantun dengan benar!
  2. Jelaskan fungsi pantun dengan benar!
  3. Jelaskan gaya leluhur dalam mengungkapkan sesuatu!
  4. Sebutkan ciri pantun berdasarkan bentuknya dengan benar!
  5. Jelaskan pengertian gurindam dengan benar!
  6. Jelaskan isi gurindam dengan benar!
  7. Sebutkan ciri gurindam dengan benar!
  8. Jelaskan pengertian syair dengan benar!
  9. Sebutkan ciri syair dengan benar!
Penilaian Keterampilan
Teknik             :  Penilaian kinerja.
Bentuk            :  Keterampilan proyek.
Indikator Soal :
Disajikan pantun karya nenek moyang dan pantun baru.
  • Carilah makna kata sulit pada pantun tersebut!
  • Uraikanlah dengan bahasamu sendiri isi pantun tersebut!
  • Tulislah kembali nasihat dan ajakan yang terdapat dalam pantun!
  • Bandingkan isi nilai-nilai/ tindakan baik yang terdapat pada pantun karya nenek moyang dan karya generasi sekarang!
Disajikan contoh gurindam.
  • Carilah makna kata sulit pada gurindam tersebut!
  • Simpulkan nilai-nilai moral/ nasihat yang terdapat pada gurindam di atas!
Disajikan sebuah syair.
  • Carilah makna kata sulit pada syair tersebut!
  • Simpulkan nilai-nilai moral/ nasihat yang terdapat pada syair di atas!
Pembelajaran Remedial
Aktivitas kegiatan pembelajaran remedial, yang dapat berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pedoman Penskoran :
AspekSkor
·         Jawaban sempurna5
·         Jawaban kurang sempurna3
·         Jawaban tidak sempurna1
Skor maksimal45
Skor akhir=Skor yang diperolehx 100
Dibagi Skor Maksimal
 
Mengetahui,
Kepala Sekolah

(DRS.H.ARIFIN.K.M.Pd)
NIP.
Palanro, 10 Januari 2017
Guru Mata Pelajaran

HJ.NURAENI S.Pd.I




 




Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo