Friday, April 26, 2019

CONTOH TEKS CERITA FABEL

Kupu-kupu Berhati Mulia

Orientasi : Dikisahkan pada suatu hari yang cerah ada seekor semut berjalan-jalan di taman.Ia sangat senang karena bisa berjalan-jalan melihat taman yang sangat indah.Sang semut berkeliling taman sambil menyapa binatang-binatang yang berada di taman itu.
Komplikasi : Ia melihat sebuah kepompong yang menggantung diranting .Sang semut mengejek bentuk kepompong yang jelek dan tidak bisa pergi ke mana-mana.”Hai,kepompong alangkah buruk nasibmu .kamu hanya bisa terdiam dan tergantung disitu .Ayo jalan-jalan lihat taman ini yang luas dan indah ini ,Bagaimana nasibmu bila rangting itu patah ? “kepompong itu hanya terdiam.
Hingga pada suatu hari ,semut berjalan jalan di taman itu ,karena hujan taman itu di penuhi lumpur sehingga semut pun tergelincir dan jatuh ke lumpur,semut itu jatuh .Semut itu berteriak minta tolong sekencang mungkin.
“Tolong,bantu aku ,aku mau tenggelam tolong…tolong…tolong aku!!!”
Resolusi : untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu terbang melintas kemudian kupu-kupu itu menjulurkan sebuah rangting ke arah semut .
“Semut peganglah erat-erat ranting itu ,nanti aku akan mengangkat ranting itu ” Lalu si semut memegang erat-erat rangting itu ,dengan sekuat tenaga kupu-kupu mengankat ranting itu ,lalu kupu-kupu menurunkanya di tempat yang aman .Semut berterimakasih kepada kupu-kupu karena telah menolong nyawanya.
“aku adalah kepompong yang pernah kau ejek “,kata si kupu-kupu.

Entri yang Diunggulkan

Alhamdulilah, Istri Bupati Barru Sembuh dari Korona

Pasca menjalani isolasi mandiri selama 14 hari karena terkonfirmasi covid. Hj Hasnah Syam, Istri bupati Barru dinyatakan sembuh dari virus ...