Tuesday, June 5, 2018

PSM 1 Vs Persipura 1, Gol Abdul Rahman Bawa PSM Puncaki Klasemen

PSM hanya memberi waktu lima menit bagi Persipura unggul dalam laga pekan ke-12, Senin (4/6) malam. Gol Marcel Sacramento di menit ke-81 segera dibalas bek PSM Abdul Rahman di menit ke-86.

Hasil imbang di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, mengantar PSM ke puncak klasemen sementara Liga 1 2018 dengan 21 poin.

CEO PT Persaudaraan Sepakbola Makassar (P PSM), Munafri Arifuddin, puas dengan hasil imbang itu.


“Ini pencapaian yang sudah sangat bagus. Tadi sebenarnya kita sempat ada beberapa kesempatan untuk membuat gol, namun belum rezeki saja saya pikir,” ujar Appi, sapaan Munafri.

Pelatih Robert Rene Alberts menyebut hasil imbang sudah sesuai harapkan. Dia sadar, reputasi Persipura yang sangat bagus, memang tidak mudah dikalahkan, apalagi di kandang.

Tapi, andai skuad PSM sedikit lebih tenang, tiga poin bisa mereka bawa pulang dari Papua.


“Kalau pemain sedikit lebih tajam (insting gol) pasti kita bisa memimpin sejak babak pertama. Dan pada babak kedua tim lebih bermain terbuka,”kata Robert.

Jalannya Pertandingan

Laskar Pinisi menggempur pertahanan Mutiara Hitam sejak menit pertama. Kerja sama sayap muda PSM, Saldy, dengan Guy Junior nyaris membobol gawang Persipura di menit ke-13.

Saldy yang berhasil mengecoh kiper Dede Sulaiman kirim umpan matang ke Guy. Sayang, Guy gagal memanfaatkan peluang emas. Tendangannya melenceng dari gawang Persipura.

Dua belas menit kemudian, giliran Rasyid Bakri yang mengancam gawang tuan rumah Persipura Jayapura.


Lolos dari perangkap offside dan tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Persipura, tendangan Sang Pangeran menerobos samping gawang Dede.



Enam menit di babak kedua, pergerakan Saldy lagi-lagi merepotkan barisan pertahanan Persipura.

Menerima umpan dari Wiljan Pluim, Saldy leluasa mengarahkan tembakan ke gawang di menit ke-51. Sayang, bola membentur tiang gawang.


Serangan bertubi-tubi dari pemain muda Laskar Pinisi membuat Mutiara Hitam ubah komposisi pemain.


Dua pemain senior dimasukkan, Immanuel Wanggai dan Boaz Saloosa. Kehadiran dua pemain gaek ini membuat permainan tim Mutiara Hitam lebih hidup.



Tempo 10 Menit

Dalam tempo permainan benar-benar mendebarkan di 10 menit akhir pertandingan. Kedua tim saling menekan. Dimulai ketika Persipura mampu mencetak gol pada menit ke-81.


Umpan terobosan memakai dada dari Hilton Moreira berhasil dijangkau penyerang asing Marcel Sacramento.

Dengan sekali berkelit, mengecoh bek Steven Paulle, striker asal Brasil itu berhasil menjebol gawang PSM. 1-0 untuk keunggulan Persipura.

Baca: 2 Anak Indonesia Terpilih di Football for Friendship, Ikut Pembukaan Piala Dunia 2018, Siapa ya?

Ketika pertandingan sepertinya akan berakhir untuk kemenangan Persipura, PSM mendapat kesempatan emas melalui sepak pojok.


Eksekusi sepak pojok diambil Rasyid Bakri. Abdul Rahman yang lepas dari pengawalan, mampu menyambutnya dengan sundulan terarah.

Kiper Persipura, Dede Sulaiman, tidak mampu menjangkau bola. Bobolah gawang Persipura. Skor menjadi imbang 1-1 dan bertahan sampai pertandingan selesai.



Bagi Abdul Rahman, golnya ke gawang Persipura adalah yang keduanya di kompetisi Liga 1 2018. Setelah sebelumnya ia membuat gol pertama di gawang PS Tira beberapa waktu lalu.(mik)


Susunan Pemain

Persipura Jayapura (4-3-3): Dede Sulaiman; Andri Ibo, David Rumakiek, Ricardo Salampessy, Yohannis Tjoe; Yustinus Pae, Ian Kabes, Ginansar Mandowen; Prisca Womsiwor, Hilton Moreira, Marcel Sacramento.

Pelatih: Peter Butler

PSM Makassar (4-4-1-1): Rivky Mokodompit; Hasim Kipuw, Abdul Rahman, Steven Paulle, Reva Adi Utama; Muh Arfan, Rasyid Bakri, Rizky Pellu, Saldi; Wiljan Pluim; Guy Junior




Entri yang Diunggulkan

Alhamdulilah, Istri Bupati Barru Sembuh dari Korona

Pasca menjalani isolasi mandiri selama 14 hari karena terkonfirmasi covid. Hj Hasnah Syam, Istri bupati Barru dinyatakan sembuh dari virus ...