Wednesday, February 14, 2018

Jarang Terekspose, Ini Sosok Suami Sri Mulyani

Orang bilang, di balik kesuksesan seorang suami, pasti di belakangnya ada peran sangat besar dari sang istri di rumah.

Artinya, sebenarnya sang istri tak kalah hebat dari sang suami yang berkarier cemerlang.

Tapi sosok Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ini kebalikan dari fenomena kebanyakan.


Dari jabatan mentereng sebagai Menteri Keuangan di era Presiden Yudhoyono sampai Direktur Pelaksana Bank Dunia hingga dinobatkan sebagai Menkeu Terbaik Sedunia, sosok sang suami jarang terekspose.

Suami Sri Mulyani bernama Tonny Sumartono.

Tentu, di balik prestasi Sri Mulyani yang mendunia, tak lepas dari peran sang suami.

Tapi bagaimana keseharian sang suami sendiri?

Sebuah sumber menyebut, saking tenar dan cemerlangnya karier Sri Mulyani, sosok suaminya jadi nyaris tak pernah terdengar.

Dalam sebuah kesempatan, Sri Mulyani sendiri pernah mengakui kalau suaminya sampai dipanggil orang dengan panggilan "Pak Sri Mulyani."

Nah, seperti apa profil dan keseharian Tonny Sumartono, suami dari Kartini Zaman Now -nya Indonesia itu?

Anak Dosen dari Semarang Mendunia!

Sepak terjangnya di dunia ekonomi tanah air dan dunia sudah tak diragukan lagi, namun banyak yang tak tahu tentang sosok suami dari Sri Mulyani, siapakah dia?

Mendengar namanya mungkin sudah tak asing lagi ya bagi kalian.


Sri Mulyani, anak seorang dosen di kota Semarang itu merupakan Menteri Keuangan di era Jokowi sukses membuat banyak gebrakan baru demi perekonomian tanah air.

Tonny selalu menjadi pendukung pertama dari Sri Mulyani.

Dirinya memang jarang sekali terekspose oleh media.

Kemunculannya memang tak jauh-jauh dari sang istri.

Keberhasilan Sri Mulyani mencatat beberapa prestasi memukau tak lepas dari dukungan Tonny Sumartono ini.

Sri Mulyani dan rekan hidupnya ini telah menikah sejak tahun 1970.

Dikutip dari salah satu sumber, keduanya bertemu selepas Sri Mulyani pulang menyelesaikan pendidikan master di University of Illinois, Amerika Serikat.

Saat itu Sri Mulyani yang juga kerap disapa dengan “Mbak Ani” bekerja sebagai staf pengajar di Universitas Indonesia sementara Tonny adalah pegawai bank.

Tonny sudah berkorban untuk Sri dari awal mereka menikah.

Sri yang saat itu kembali mendapat beasiswa untuk menempuh pendidikan doktor di Amerika tidak mendapat ijin pergi jika tanpa didampingi suami. 


Tonny pun mengalah, ia yang baru saja mulai bekerja di bank mengajukan cuti tanpa tanggungan agar bisa mengikuti Mbak Ani hijrah ke negeri Paman Sam.

Tonny mengambil program Master Manajemen Keuangan.

Karena itu Tonny harus menjual mobil dan rumah agar bisa membiayai biaya kuliahnya.

Tonny dan Sri pun harus rela menguras seluruh tabungan untuk digunakan sebagai biaya hidup selama mereka menyelesaikan studi di Amerika Serikat.

Pernikahan Sri Mulyani dan Tonny hingga kini telah dikarunia tiga orang anak.


Seperti yang diketahui, belum lama ini, Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati, mendapatkan Penghargaan Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) di World Government Summit yang diselenggarakan di Dubai, Uni Arab Emirates.
Berdasarkan keterangan resmi dari Kementerian, Minggu (11/2/2018), penghargaan tersebut diserahkan oleh pemimpin Dubai, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum.

Proses seleksi dalam menentukan predikat Menteri Terbaik dilakukan oleh lembaga independen Ernst & Young dan diselenggarakan oleh World Government Summit.

"Penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas kerja kolektif pemerintah di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo, khususnya di bidang ekonomi," kata Sri Mulyani yang kerap disapa Ani dalam kata sambutannya, seperti yang dikutip dari Kompas.com.

Entri yang Diunggulkan

Alhamdulilah, Istri Bupati Barru Sembuh dari Korona

Pasca menjalani isolasi mandiri selama 14 hari karena terkonfirmasi covid. Hj Hasnah Syam, Istri bupati Barru dinyatakan sembuh dari virus ...