RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (6.1)
Sekolah : SMPN 1 Mallusetasi
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/2
Materi Pokok : Menyimpulkan ciri unsur cerita fabel pada teks yang dibaca/didengar
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Kompetensi Inti :
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menghargaidan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan serangkaian kegiatan pembelajaran melalui pendekatan saintifik, peserta didik dapat:
- Menyebutkan arti fabel dengan benar.
- Menyebutkan unsur cerita fabel dengan lengkap.
- Menjelaskan karakter penokohan dalam cerita fabel dengan cermat.
- Menjelaskan hal yang bisa dicontoh dari cerita fabel dengan cermat.
- Menjelaskan rangkaian peristiwa dari cerita fabel dengan cermat.
- Menyebutkan latar yang digunakan dalam cerita fabel dengan benar.
- Menjelaskan konflik fabel yang dibaca dengan benar.
- Menjelaskan pesan yang disampaikan dari cerita fabel yang dibaca dengan benar.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.11 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/ legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar.
Indikator
- Menyimpulkan ciri unsur cerita fabel pada teks yang dibaca/didengar.
Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
- Pengertian cerita fabel
- Jenis cerita fabel
- Tujuan komunikasi cerita fabel
- Pola pengembangan isi pada cerita fabel
Keterampilan
- Praktik memahami isi cerita fabel (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian
- Praktik menentukan pola pengembangan isi teks (menggambarkan alur cerita
Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
- Pengertian cerita fabel
- Jenis cerita fabel
- Tujuan komunikasi cerita fabel
- Pola pengembangan isi pada cerita fabel
Keterampilan
- Praktik memahami isi cerita fabel (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian
- Praktik menentukan pola pengembangan isi teks (menggambarkan alur cerita
Sikap utama yang ditumbuhkan : peduli, santun, jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama , proaktif, kritis, dan kreatif.
Metode Pembelajaran
Tanya jawab
Diskusi
Penugasan
Latihan
Media Pembelajaran
Infokus
Contoh cerita fabel
Sumber Belajar
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 209 s.d 234.
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 95 s.d 96.
- Lingkungan sekitar
- http://kecilnyaaku.com
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
- Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar dan mengabsen siswa.
- Guru bertanya-jawab tentang bentuk cerita fabel dalam kehidupan sehari-hari. Pada bagian awal ini siswa disadarkan adanya cerita fabel dalam komunikasi nyata (pada majalah perjalanan, pada novel, dan ragam komunikasi yang lain).Ini bertujuan agar siswa lebih menyadari manfaat praktis untuk berkontribusi dalam masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari, berbagai jenis teks digunakan secara bersamaan atau sendiri-sendiri. Setiap jenis teks memiliki fungsi yang saling berkaitan.
- Dibuka dengan contoh judul-judul cerita fabel yang pernah dibaca siswa
- Bertanya jawab tentang fungsi fabel dalam dunia modern saat ini
- Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai
- Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang pada KD 2
Kegiatan Inti
Bagian A : Dekonstruksi
Mengamati :
Peserta didik membaca cerita fabel baik bersama-sama atau ditunjuk bergiliran.
Menanya :
Setelah mencermati beberapa cerita fabel, peserta didik diarahkan untuk berpikir tentang ciri unsur cerita fabel pada teks yang dibaca/didengar.
Mengumpulkan Informasi:
- Peserta didik berdiskusi kelompok untuk membahas pertanyaan-pertanyaan yang muncul berkaitan dengan hasil pengamatan peserta didik terhadap ciri unsur cerita fabel pada teks yang dibaca/didengar.
- Peserta didik diarahkan untuk berpikir tentang menyimpulkan ciri unsur cerita fabel pada teks yang dibaca/didengar.
Mengasosiasi:
- Peserta didik membandingkan hasil analisis terhadap ciri unsur cerita fabel pada teks yang dibaca/didengar.
- Peserta didik menelaah kembali ciri unsur cerita fabel pada teks yang dibaca/didengar.
- Peserta didik mendiskusikan arti fabel dan unsur pembangunnya.
- Peserta didik menuliskan karakter penokohan dalam cerita fabel.
- Peserta didik membaca dan mendiskusikan hal yang bisa dicontoh dari cerita fabel.
- Peserta didik dalam kelompoknya menyusun rangkaian peristiwa dari cerita fabel.
- Peserta didik berdiskusi tentang latar, konflik, dan pesan yang disampaikan dari cerita fabel
Mengomunikasikan.
- Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang karakteristik bagian-bagian struktur cerita fabel.
- Peserta didik membacakan rangkuman tentang karakteristik bagian-bagian struktur cerita fabel.
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi:
- Seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
- Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok; dan
- Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian Pengetahuan
Teknik : Tes tulis dan penugasan.
Bentuk : Isian dan tugas yang dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan cerita fabel
- Sebutkan arti fabel dengan benar!
- Sebutkan unsur cerita fabel dengan lengkap!
- Jelaskan karakter penokohan dalam cerita fabel dengan cermat!
- Jelaskan hal yang bisa dicontoh dari cerita fabel dengan cermat!
- Jelaskan rangkaian peristiwa dari cerita fabel dengan cermat!
- Sebutkan latar yang digunakan dalam cerita fabel dengan benar!
- Jelaskan konflik fabel yang dibaca dengan benar!
- Jelaskan pesan yang disampaikan dari cerita fabel yang dibaca dengan benar!
Penilaian Keterampilan
Teknik : Produk.
Bentuk : Tugas yang dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
- Praktik memahami isi cerita fabel (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian
- Praktik menentukan pola pengembangan isi teks (menggambarkan alur cerita
Pembelajaran Remedial
Aktivitas kegiatan pembelajaran remedial, yang dapat berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pedoman Penskoran :
Aspek | Skor | |||||||||||||||||||||||||
· Jawaban sempurna | 5 | |||||||||||||||||||||||||
· Jawaban kurang sempurna | 3 | |||||||||||||||||||||||||
· Jawaban tidak sempurna | 1 | |||||||||||||||||||||||||
Skor maksimal | 40 | |||||||||||||||||||||||||
|