Skip to main content

In Memoriam, Drs.H. M. Natsir R Pomalingo M.HI

Awal tahun 2017, Provinsi Gorontalo kehilangan salah satu putra terbaik, adalah Drs.H. M. Natsir R Pomalingo M.HI, pria yang tercatat sebagai hakim tinggi pengadilan Agama ini, tutup usia pada Selasa (2/1) pukul 20.25 wita di RSAS, Kota Gorontalo.
KABAR duka wafatnya M. Natsir R Pomalingo seketika menyebar melalui media sosial.
Sejumlah grup whatsapp ramai menyampaikan dukacita meninggalnya sang hakim tinggi pengadilan agama ini. M.Natsir Pomalingo, meninggal dunia diusia 69 tahun.
Nama M.Natsir Pomalingo tak asing bagi insan pengadilan di tanah air. Pria lulusan jurusan Syariah IAIN Alaudin Makassar 1974 ini telah malang melintang pada dunia peradilan, khususnya pengadilan agama.
Begitu terbentuknya provinsi Gorontalo, almarhum berupaya agar pengadilan tinggi Agama berdiri di daerahnya. Tak heran, ia disebut sebagai perintis berdirinya Pengadilan Tinggi Agama Provinsi Gorontalo.
Almarhum juga tercatat sebagai ketua PT Agama pertama di Gorontalo (2006). Pada tahun 1998 ia pernah menjabat Ketua PT Agama Ambon, Provinsi Maluku, kemudian pada tahun 2001 menjabat sebagai ketua PT Agama Manado, Sulawesi Utara.
Setelah menjabat ketua PT Agama Gorontalo, almarhum M.Natsir Pomalingo menjabat sebagai ketua PA Agama Maluku Utara. Suami Hj Aisyah Djafar ini juga pernah menjabat sebagai ketua PA Gorontalo (1979) dan ketua PA Kotamobagu (1981).
Wafatnya M.Natsir Pomalingo tak saja meninggalkan duka bagi keluarga besar Pomalingo-Djafar, tetapi keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama dan jajarannya, merasa kehilangan dengan sosok sederhana ini.
Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo Drs H Mohamad Munawar mengatakan, almarhum adalah sosok senior dan juga guru di kalangan pengadilan tinggi agama, orang yang selalu bersahaja, sederhana namun juga disiplin dan tegas.
“Beliau selalu menjadi panutan kami, sikapnya yang tegas dan disiplin namun tetap sederhana menjadikan almarhum punya tempat tersendiri dihati kami para rekan kerja beliau” ungkap Mohamad Munawar.
Munawar juga menambahkan, karena kegigihannya pun akhirnya Provinsi Gorontalo berhasil mendirikan kantor Pengadilan Tinggi Agama Provinsi Gorontalo, dimana sebelumnya Provinsi Gorontalo ini hanya memliki kantor pengadilan agama Kabupaten/Kota.
“Namun karena ketekunan dan loyalitasnya selama tiga puluh tahun mengabdi mampu mendirikan Pegadilann Tinggi Agama Provinsi Gorontalo,” jelas Munawar.
Hal yang sama disampaikan Jailani Husain, alumni HMICabang Manado ini mengenal betul sosok almarhum yang sederhana itu.
“Urusan ke kantor, almarhum gunakan mobil dinas. Jika urusan pribadi, menunggunakan angkutan umum mikrolet,”katanya.
Kendati seorang pejabat dan hakim tinggi, namun almarhum menurut Jailani tidak menampakkanya. Banyak kenangan almarhum bersama para aktivis HMI Cabang Manado saat masih bertugas di Manado. Makanya semua merasa kehilangan atas kepergiannya.
Mantan Ketua Umum HMI Cabang Manado, Djunaedi Husen mengakui kesedrhanaan almarhum.
“Kita sungguh-sungguh kehilangan sosok yang kritis nan cerdas namun sangat low profile. Patut sekali menjadi teladan bagi kita semua, semoga jannah tempat beliau, Aamiin,” kata anggota DPRD Provinsi Maluku Utara itu.
Terpisah, anak sulung almarhum Zia Ul Haqq Abriyanto Pomalingo SE.Ak, mengatakan, sosok almarhum adalah sosok panutan di lingkungan keluarga.
Sifatnya yang tegas, blak-blakan dan selalu menekankan kejujuran dan amanah pada anak cucunya memang sangat terasa, bahkan almarhum mampu membawa anak-anaknya pada sebuah kesuksesan dalam dunia pendidikan dan pekerjaan.
“Yang pasti kami sangat kehilangan almarhum yang biasa disebut dengan panggilan Aba Natsir itu, memang sudah ketiga kali dengan ini almarhum diserang stroke. Semua ikhtiar sudha kami lakukan, tetapi Allah lebih sayang almarhum,” ungkap Abri biasa ia disapa.
Abri juga menambahkan, ungkapan almarhum yang mengingatkan agar selalu rukun dan terus menjaga kerukunan keluarga menjadi salah satu pesan terakhir almarhum sebelum menutup usianya.
“Kami atas nama keluarga memintakan maaf jika memang ada khilaf dan salah yang dilakukan almarhum semasa hidupnya dan jika memang ada pembicaraan almarhum yang belum terselesaikan, diharapkan bisa menghubungi keluarga yang ditinggalkan,” tandas Abri.
Almarhum dimakamkan di pekuburuan keluarga di Desa Dehuwalolo Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo, Selasa (3/12) pukul 11.00 Wita.
Nampak hadir dalam pemakaman Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dan jajarannya, para pejabat di lingkungan Kemenag se Provinsi Gorontalo, sanak saudara dan juga teman-teman almarhum.
Sedangkan di rumah duka di Kelurahan Wumialo Kecamatan Kota Utara, Kota Gorontalo, Walikota Gorontalo Marthen Taha juga menghadiri pemberangkatan almarhum ke tempat peristirahatan sementara.

SUMBER BACAAN : http://hargo.co.id/baca.berita.in-memoriam-drs-h-m-natsir-r-pomalingo-m-hi/2

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo