Monday, January 2, 2017

Guru Kunci Kualitas Pendidikan

Pendidikan di Indonesia memang masih perlu untuk diperbaiki, mulai dari sarana prasarana yang disediakan sampai sistem pendidikan yang ada. Namun dari itu semua, terdapat satu hal yang mempengaruhi kualitas pendidikan di Indonesia.

“Pengaruh terbesar sekitar 30 persen terhadap kualitas pendidikan sekolah terletak pada guru,” ungkap Pengamat Pendidikan, M Abduhzen kepada Okezone, belum lama ini.

Sehingga perbaikan kualitas pendidikan semestinya dilakukan pada peningkatan kualitas guru itu sendiri. “Pemerintah seharusnya berfokus pada peningkatan motivasi dan kinerja guru,” ucapnya.

Evaluasi terhadap guru adalah untuk peningkatan serta perbaikan kualitas pembelajaran dan mutu. Sementara itu, pada pendidikan nasional yang berlangsung dalam suatu sistem yang bertujuan, maka tujuan diderivasi ke dalam kurikulum.

“Dalam standar isi, dalam standar kompetensi kelulusan yang juga menjadi acuan bagi sekolah dan guru dalam bekerja,” katanya.

Ia menambahkan alternatif yang perlu dilakukan jika UN dihapus yakni cukup dengan evaluasi yang dilakukan oleh guru.

“Maka dari itu, guru harus diperbaiki kualitasnya karena mereka adalah kunci,” tambahnya.

Entri yang Diunggulkan

Alhamdulilah, Istri Bupati Barru Sembuh dari Korona

Pasca menjalani isolasi mandiri selama 14 hari karena terkonfirmasi covid. Hj Hasnah Syam, Istri bupati Barru dinyatakan sembuh dari virus ...