Monday, January 2, 2017

Alasan Mendikbud Izinkan Siswa Bisa Pilih Mata Pelajaran untuk UN

Pada Ujian Nasional (UN) di 2017, selain tiga mata pelajaran wajib yang akan diujikan, para siswa SMA bisa memilih satu mata pelajaran sesuai permintaan yang akan diujiankan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menjelaskan, hal itu dilakukan agar siswa lebih fokus pada pendalaman materi di mata pelajaran perminataan.

"Pilihan mata pelajaran kita ingin fokus ke pendalaman materi. Kalau anak memilih maka materi akan lebih dalam, sehingga nanti hasilnya jadi luas dan mendalam. Kalau hanya tiga mata pelajaran saja nanti siswa hanya luas saja, tidak menguasai secara dalam," ujar Muhadjir dalam acara evaluasi akhir tahun di Kemdikbu Jakarta, Jumat (30/16/2016).

Sebab menurutnya, tujuan dari pelaksanaan Ujian Nasional sebagai peta dalam pemerataan pendidikan. Dengan demikian diharapkan peta pendidikan semakin baik dari tahun ke tahun.

Selain itu, ia juga ingin membuat Ujian Nasional menjadi simple, salah satunya mengurangi mata pelajaran dan meminimalisir hal-hal negatif yang sering terjadi pada Ujian Nasional dengan menyelenggaran Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

"Meskipun siswa memilih satu mata pelajaran, tapi semua mata pelajaran khas jurusan itu diujikan di USBN, itu justru menentukan kelulusan dan lebih luas serta mendalam," paparnya.

Entri yang Diunggulkan

Alhamdulilah, Istri Bupati Barru Sembuh dari Korona

Pasca menjalani isolasi mandiri selama 14 hari karena terkonfirmasi covid. Hj Hasnah Syam, Istri bupati Barru dinyatakan sembuh dari virus ...