RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (8.3)
Sekolah : SMPN 1 Mallusetasi
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/2
Materi Pokok : Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Kompetensi Inti :
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menghargaidan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Tujuan Pembelajaran
Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah, peserta didik diharapkan dapat:
- Melakukan telaah unsur buku fiksi yang bisa dikomentari dengan cermat.
- Memberikan pujian terhadap isi buku fiksi dengan tepat.
- Melakukan telaah unsur buku nonfiksi yang bisa dikomentari dengan cermat.
- Memberikan komentar terhadap kekurangan tampilan buku nonfiksi dengan tepat.
- Menentukan persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi dengan tepat.
Kompetetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.16 Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi.
Indikator
- Menelaah unsur buku fiksi yang bisa dikomentari.
- Menelaah unsur buku nonfiksi yang bisa dikomentari.
- Menentukan persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi.
Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
- Contoh unsur-unsur buku fiksi
- Contoh unsur-unsur buku nonfiksi
- Contoh persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi
Keterampilan
- Praktik merangkum dalam bentuk pemetaan
- Praktik merangkum dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku
- Praktik merangkum membedakan unsur buku fiksi dengan buku nonfiksi
Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
- Contoh unsur-unsur buku fiksi
- Contoh unsur-unsur buku nonfiksi
- Contoh persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi
Keterampilan
- Praktik merangkum dalam bentuk pemetaan
- Praktik merangkum dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku
- Praktik merangkum membedakan unsur buku fiksi dengan buku nonfiksi
Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
- Contoh unsur-unsur buku fiksi
- Contoh unsur-unsur buku nonfiksi
- Contoh persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi
Keterampilan
- Praktik merangkum dalam bentuk pemetaan
- Praktik merangkum dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku
- Praktik merangkum membedakan unsur buku fiksi dengan buku nonfiksi
Sikap utama yang ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.
Metode Pembelajaran
Tanya jawab
Diskusi
Penugasan
Latihan
Media Pembelajaran
Infokus
Buku Fiksi
Buku Nonfiksi
Sumber Belajar
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 275 s.d 294.
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 133 s.d 138.
- Lingkungan sekitar
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
Mengucapkan salam dan berdo’a.
Sesuai Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016, dalam kegiatan pendahuluan, guru wajib:
- Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
- Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan jenjang peserta didik;
- Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
- Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
- Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
Kegiatan Inti
Tahap 1: Orientasi terhadap masalah
Guru menyajikan masalah nyata kepada peserta didik tentang menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi.
Tahap 2: Organisasi belajar
- Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah nyata tentang telaah unsur buku fiksi yang bisa dikomentari.
- Peserta didik mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang perlu mereka ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menelaah unsur buku nonfiksi yang bisa dikomentari.
- Peserta didik berbagi peran/tugas untuk menentukan persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi.
Tahap 3: Penyelidikan individual maupun kelompok
Guru membimbing peserta didik melakukan pengumpulan data/informasi (pengetahuan, konsep, teori) melalui berbagai macam cara untuk menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi.
Tahap 4: Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah
- Guru membimbing peserta didik untuk menentukan penyelesaian masalah yang paling tepat dari berbagai alternatif pemecahan masalah tentang menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi yang mereka temukan.
- Peserta didik menyusun laporan hasil penyelesaian masalah dalam menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi, misalnya dalam bentuk gagasan, model, bagan, atau Power Point slides.
Tahap 5: Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah
Guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap proses penyelesaian masalah dalam menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi.
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi:
- Seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
- Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok; dan
- Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian Pengetahuan
Teknik : Penugasan.
Bentuk : Tugas yang dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
- Telaahlah unsur buku fiksi yang bisa dikomentari dengan cermat!
- Berikankan pujian terhadap isi buku fiksi dengan tepat!
- Lakukan telaah unsur buku nonfiksi yang bisa dikomentari dengan cermat!
- Berikan komentar terhadap kekurangan tampilan buku nonfiksi dengan tepat!
- Tentukan persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi dengan tepat!
Penilaian Keterampilan
Teknik : Produk
Bentuk : Tugas yang dikerjakan secara individu.
Pembelajaran Remedial
Aktivitas kegiatan pembelajaran remedial, yang dapat berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
|