Skip to main content

PERCOBAAN PEMBUKTIAN HUKUM ARCHIMEDES

Karena massa jenis air asin lebih tinggi (kan sudah bercampur garam) dibanding air biasa, sehingga gaya apung air garam lebih besar dibanding air murni (rumus gaya apung Fa = ρVg, dgn ρ=massa jenis fluida, V=volum benda yang tercelup dalam fluida dan g=percepatan gravitasi Bumi). Dengan sudut pandang lain, bisa dianggap air garam lebih kental dibanding air murni sehingga lebih sulit untuk “didesak” dibanding air murni.
Kadang-kadang ukuran item bisa menipu tentang berat karena kepadatan. Kepadatan adalah berapa banyak volume tertentu suatu zat berat.Padat, cair, dan gas semua memiliki kerapatan(massa jenis). Sebagai contoh, air memiliki kerapatan jauh lebih tinggi daripada udara karena lebih berat. Meskipun bola golf dan bola pingpong sekitar ukuran yang sama, bola golf lebih berat, dan karena itu memiliki kerapatan yang lebih tinggi. Contoh lain akan diisi dua kontainer yang tepat dengan jumlah yang sama air dan minyak. Wadah dengan air akan berat lebih dari satu dengan minyak, karena air lebih padat daripada minyak.
Apakah item akan tenggelam atau mengapung dalam cairan tergantung pada kerapatan objek dan cairan yang Anda gunakan. Apabila sebuah benda lebih padat daripada cairan, itu akan tenggelam. Apabila sebuah benda kurang padat, maka akan mengapung. Dalam gelas dengan air biasa, Anda melihat telur tenggelam. Hal ini karena telur lebih padat daripada air. Dalam kaca dengan air garam, telur melayang, yang berarti bahwa air garam memiliki kepadatan lebih tinggi dari telur. (Catatan:. Jika telur Anda mengapung dalam air biasa, itu bukan telur segar) Jika air biasa adalah lapis ke air garam, telur akan mengapung di-antara dua lapisan, karena telur lebih ringan atau kurang padat dari air garam tetapi lebih berat daripada air biasa.
Pada bagian terakhir dari kegiatan tersebut, bahwa sejumlah besar garam dapat larut ke dalam gelas sudah penuh air, tanpa membuat tumpah keluar dari kaca. Bila melarutkan garam atau zat lain dalam cairan, molekul garam dapat “cocok” di-antara atau obligasi kepada molekul air. Oleh karena itu, tingkat air tidak harus naik untuk menahan garam. Hal ini meningkatkan berat air, tanpa mengubah volume air, dan karena itu meningkatkan densitas. Jika terus menambahkan garam, akhirnya akan mencapai titik ketika tidak ada lebih banyak garam akan larut, dan akan memiliki solusi jenuh. Setelah itu, jika lebih banyak garam yang ditambahkan, tingkat air harus naik untuk membuat lebih banyak ruang untuk itu.
kita akan mengamati air yang di berikan berbagai macam zat.Percobaannya di lakukan dengan alat dan bahan yang sederhana kok.Yang di perlukan untuk melakukan percobann ini hanyalah air, garam,gula,vetsin atau MSG,merica bubuk,gula jawa, asam kamal dan minyak goreng. Alat penunjang lainnya adalah gelas yang biasa dipakai untuk jamu dan telur yang sudah direbus dan belum di rebus.Nanti setiap zat yang sudah dilarutkan dalam air, di masukkan telur rebus dan telur yang belum di rebus. Ingat, perbandingan air dan zat yang mau kita larutkan harus sama, biar nanti tidak ada berat sebelah dalam mengamati. Ngerti ajakan maksud Yunita? Kalau sudah di larutkan, Kita amati deh, apa yang terjadi dengan telur rebus dan telur yang belum di rebus itu. Apakah hasilnya sama? Maksudnya sama-sama tenggelam atau sama-sama mengapung atau mungkin malah sama –sama melayang?  Tapi silahkan lihat gambar-gambar di bawah ini.
1. Air saja ke adaan telur yang belum di rebus….


2. Air di campur garam, keadaan ke dua telur…


3. Air di campur dengan gula, keadaan ke dua telur...


4. Air dicampur dengan MSG, keadaan ke dua telur....


5. Air dicampur dengan merica bubuk, keadaan ke dua telur.


6. Air di campur dengan gula jawa, keadaan ke dua telur..



7. Air di campur dengan asam kamal, keadaanke dua telur….



8. Air bercampur dengan minyak goreng, ke adaan kedua telur….


Kesimpulanya :  adanya hukum Archimedes tentang daya apung juga massa jenis makanya telur yang tidak dimasak sama yang sudah dimasak bisa Nampak tenggelam dan mengapung.

Jenis air
telur mentah
telur rebus
Air biasa
melayang
tenggelam
Air + garam
melayang
tenggelam
Air + gula
tenggelam
tenggelam
Air + vetsin
tenggelam
tenggelam
Air + merica
tenggelam
tenggelam
Air + gula merah
tenggelam
tenggelam
Air +  minyak goring
tenggelam
tenggelam

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo