Skip to main content

STRUKTUR GINJAL PADA MANUSIA

Apakah Anda tahu bahwa batu ginjal melanda bahkan Mesir kuno [sumber: NKUDIC]? Atau bahwa 26 juta orang Amerika memiliki penyakit ginjal kronis [Sumber: National Kidney Foundation]? Ratusan ribu orang menderita gagal ginjal setiap tahun dan menjalani dialisis atau menunggu transplantasi ginjal.
Tapi apa yang ginjal Anda lakukan? Mengapa mereka begitu penting? Bukankah mereka hanya memproduksi urin? Pada artikel ini, kita akan melihat dari dekat ginjal kita dan mencari tahu persis apa yang mereka lakukan.
Ginjal Anda adalah dua organ berbentuk kacang, masing-masing seukuran kepalan tangan Anda. Mereka berada di tengah-tengah punggung, tepat di bawah tulang rusuk Anda, di kedua sisi tulang belakang Anda. Ginjal Anda memiliki berat sekitar 0,5 persen dari total berat badan Anda. Meskipun ginjal adalah organ memiliki berat yang kecil, mereka menerima sejumlah besar (sekitar 20 persen) dari darah yang dipompa oleh jantung. Pasokan darah yang besar untuk ginjal Anda memungkinkan mereka untuk melakukan tugas-tugas berikut:
  • Mengatur komposisi darah: Menjaga konsentrasi berbagai ion dan zat penting lainnya tetap konstan, menjaga volume air dalam tubuh Anda tetap konstan, membersihkan limbah dari tubuh Anda (urea, amonia, obat-obatan, zat beracun); menjauhkan asam / basa dengan konsentrasi konstan darah Anda
  • Membantu mengatur tekanan darah Anda
  • Merangsang pembuatan sel darah merah
  • Menjaga kadar kalsium tubuh Anda
Ginjal Anda menerima darah dari arteri ginjal, proses itu, mengembalikan darah yang diproses untuk tubuh melalui vena ginjal dan menghapus limbah dan zat yang tidak diinginkan lainnya dalam urin. Urin mengalir dari ginjal melalui ureter menuju kandung kemih. Dalam kandung kemih, urin disimpan sampai dikeluarkan dari tubuh melalui uretra.

Sekarang mari kita melihat ke dalam ginjal

Ginjal merupakan organ penting dalam sistem renalis tubuh. Beberapa komponen yang lebih besar dalam anatomi ginjal termasuk renal pelvis, medula renalis, dan korteks renalis. Salah satu fungsi ginjal adalah Membantu dalam menyaring racun dan menjaga keseimbangan cairan. Selain fungsi tersebut, ginjal memainkan peran penting lainnya dalam menjaga kesehatan.
Manusia biasanya memiliki dua ginjal. Ginjal manusia dewasa seukuran kepalan tangan dan berbetuk seperti kacang. Ginjal terletak di bawah tulang rusuk, satu di kedua sisi tulang belakang, dan mereka berada di dekat bagian belakang tubuh. Ginjal memiliki bagian cekung yang menghadapi lebih dekat dengan tulang belakang. Sebuah lelukan pada bagian anatomi ginjal memegang sinus renalis, dan ureter, darah dan pembuluh limfatik, saraf, dan ureter masuk ke sini.
Bagian atas ureter memasuki ginjal dan membentuk renal pelvis, yang dibagi menjadi dua atau tiga tabung yang disebut calyces mayot. Calyces mayor dibagi lagi menjadi calyces minor. Seiring dengan pelvis renalis, ginjal berisi dua divisi utama lainnya. Salah satunya adalah medula renalis, yang memegang piramida renalis. Bagian-bagian dari ginjal adalah koleksi jaringan berbentuk kerucut, yang memiliki tubulus yang menggerakkan urin dari bagian terluar dalam anatomi ginjal ke bagian dalam dari calyces.
Struktur Ginjal Manusia
Struktur Ginjal Manusia. Credit: Piotr Michał Jaworski
1. Piramida ginjal • 2. Arteri interlobular • 3. • arteri ginjal 4. vena Ginjal 5. Hilus ginjal • 6. Pelvis ginjal • 7. Ureter • 8. Kelopak kecil • 9. Kapsul ginjal • 10. Kapsul ginjal Inferior • 11. kapsul ginjal Superior • 12. Vena interlobular • 13. Nefron • 14. Kelopak kecil • 15. Kelopak utama • 16. Papilla ginjal • 17. kolom ginjal
Struktur utama lain dalam anatomi ginjal adalah korteks renalis. Suatu korteks renalis membungkus medula ginjal, dan mengisi ruang antara piramida renalis. Daerah-daerah yang berkikir dikenal sebagai kolom renalis. Korteks ini juga memegang bagian dari nefron.
Nefron adalah unit fungsional dari anatomi ginjal, dan sebagian besar pekerjaan ginjal dilakukan oleh bagian nefron dalam struktur ginjal. Ada sekitar satu juta nefron di setiap ginjal. Mereka mengandung sel-sel renalis, terdiri dari kelompok kapiler darah yang disebut glomerulus.
Glomerulus membantu dalam penyaringan cairan, langkah awal dalam pembentukan urin. Kapsul glomerular (juga dikenal sebagai kapsul Bowman) menyelubungi glomerulus. Nefron juga mengandung tubulus ginjal, yang merupakan tubulus yang mengalirkan cairan yang melewati saat meninggalkan tubuh. Glomerulus adalah jaringan gabungkan kapiler yang meningkatkan luas permukaan darah yang bersentuhan pada dinding pembuluh darah.

Suplai Darah

  1. Cabang arteri ginjal langsung dari aorta perut dan masuk ke ginjal melalui hilus ginjal.
  2. Di dalam ginjal kita, arteri ginjal menyimpang ke dalam arteriol aferen kecil dari ginjal.
  3. Setiap arteriol aferen membawa darah ke korteks ginjal, di mana ia memisahkan ke dalam bundel kapiler yang dikenal sebagai glomerulus.
  4. Dari glomerulus, darah dikumpulkan kembali ke arteriol eferen kecil yang turun ke medula ginjal.
  5. Arteriol eferen terpisah menjadi kapiler peritubular yang mengelilingi tubulus ginjal.
  6. Selanjutnya, kapiler peritubular bergabung dan membentuk vena yang bergabung lagi untuk membentuk vena renalis besar.
  7. Akhirnya, vena renalis keluar ginjal dan bergabung dengan vena kava inferior, yang membawa darah kembali ke jantung.
Salah satu fungsi utama dari ginjal adalah untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Fungsi penting lainnya adalah untuk menghilangkan limbah yang dihasilkan melalui proses metabolisme. Ginjal juga Membantu dalam mengontrol produksi sel darah merah dengan mengeluarkan hormon yang disebut dengan eritropoietin. Seiring dengan mendukung produksi sel darah merah, mereka juga membantu dalam merangsang vitamin D. Ginjal memainkan peran penting dalam menjaga tekanan darah dan volume darah.

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo