Skip to main content

BUKU PANDUAN GURU IPA KELAS VII

Buku Panduan Guru Untuk Mata Pelajaran IPA disusun untuk
mempermudah dan memperjelas penggunaan buku bagi peserta didik yang
diterbitkan oleh Pemerintah. Buku ini terdiri atas dua bagian. Bagian pertama
berisi tentang petunjuk umum pembelajaran IPA, keterampilan proses dalam
pembelajaran IPA, serta penilaian dalam pembelajaran IPA. Bagian kedua
menguraikan strategi pembelajaran IPA tiap topik, sesuai Kurikulum 2013 dan
buku peserta didik. Uraian setiap topik disajikan untuk setiap rencana tatap
muka. Pada setiap tatap muka berisi materi pengayaan untuk guru beserta
potensi miskonsepsi pada peserta didik pada topik itu, pembelajarannya, serta
alternatif penilaiannya.
Dengan model pengorganisasian seperti ini, diharapkan guru mendapatkan
kemudahan dalam pemahaman lebih dalam terhadap materi ajar, cara
pembelajarannya, serta cara penilaiannya. Juga, guru mendapatkan gambaran
terhadap rumusan indikator pencapaian kompetensi dasar (terutama untuk
KD pada KI III dan KI IV). Sebagai muaranya, panduan pembelajaran IPA
ini diharapkan dapat membantu guru dalam memberikan kesempatan peserta
didik untuk belajar secara optimal, sehingga peserta didik mampu mencapai
Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pada satuan pendidikan tertentu.
B. Pendekatan dan Metode Pembelajaran IPA
IPA pada hakikatnya meliputi empat unsur utama yaitu: (1) sikap: rasa
ingin tahu tentang benda, fenomena alam, makhluk hidup, serta hubungan
sebab akibat yang menimbulkan masalah baru yang dapat dipecahkan
2 Buku Guru Kelas VII SMP/MTs
melalui prosedur yang benar; IPA bersifat open ended; (2) proses: prosedur
pemecahan masalah melalui metode ilmiah; metode ilmiah meliputi
penyusunan hipotesis, perancangan eksperimen atau percobaan, evaluasi,
pengukuran, dan penarikan kesimpulan; (3) produk: berupa fakta, prinsip,
teori, dan hukum; dan (4) aplikasi: penerapan metode ilmiah dan konsep IPA
dalam kehidupan sehari-hari. Empat unsur utama IPA ini seharusnya muncul
dalam pembelajaran IPA.
Pembelajaran IPA sebaiknya menggunakan metode discovery, metode
pembelajaran yang menekankan pola dasar: melakukan pengamatan,
menginferensi, dan mengomunikasikan/menyajikan. Pola dasar ini dapat
dirinci dengan melakukan pengamatan lanjutan (mengumpulkan data),
menganalisis data, dan menarik kesimpulan.
Di dalam pembelajaran IPA, peserta didik didorong untuk menemukan
sendiri dan mentransformasikan informasi kompleks, mengecek informasi
baru dengan aturan-aturan lama di dalam pikirannya, dan merevisinya apabila
aturan-aturan itu tidak lagi sesuai. Pandangan dasar tentang pembelajaran
adalah bahwa pengetahuan tidak dapat dipindahkan begitu saja dari guru ke
peserta didik. Peserta didik harus didorong untuk mengonstruksi pengetahuan
di dalam pikirannya. Agar benar-benar memahami dan dapat menerapkan
pengetahuan, peserta didik perlu didorong untuk bekerja memecahkan
masalah, menemukan segala sesuatu untuk dirinya, dan bersusah payah
dengan ide-idenya.
Guru dapat memberikan kemudahan untuk proses ini, dengan memberi
kesempatan peserta didik untuk menemukan atau menerapkan ide-ide
mereka sendiri, dan mengajar peserta didik menjadi sadar dan secara sadar
menggunakan strategi mereka sendiri untuk belajar. Guru dapat memberi
peserta didik anak tangga yang membawa mereka ke pemahaman yang lebih
tinggi, dengan catatan peserta didik sendiri yang harus memanjat anak tangga
tersebut. Bagi peserta didik, pembelajaran harus bergeser dari “diberi tahu”
menjadi “aktif mencari tahu”. Peserta didik harus didorong sebagai “penemu
dan pemilik” ilmu, bukan sekedar pengguna atau penghafal pengetahuan.
Di dalam pembelajaran IPA, peserta didik membangun pengetahuan
bagi dirinya. Bagi peserta didik, pengetahuan yang ada di benaknya bersifat
dinamis, berkembang dari sederhana menuju kompleks, dari ruang lingkup
Ilmu Pengetahuan Alam 3
dirinya dan di sekitarnya menuju ruang lingkup yang lebih luas, dan dari yang
bersifat konkrit menuju abstrak. Sebagai manusia yang sedang berkembang,
peserta didik telah, sedang, dan akan mengalami empat tahap perkembangan
intelektual, yakni sensori motor, pra-operasional, operasional konkrit, dan
operasional formal. Untuk peserta didik SMP, umumnya berada pada fase
peralihan dari operasional konkrit menuju operasional formal. Ini berarti,
peserta didik SMP telah dapat diajak berpikir secara abstrak, misalnya
melakukan analisis, inferensi, menyimpulkan, menggunakan penalaran
deduktif dan induktif, dan lain-lain, namun seharusnya berangkat/dimulai dari
situasi yang nyata dulu. Oleh karena itu, kegiatan pengamatan dan percobaan
memegang peran penting dalam pembelajaran IPA, agar pembelajaran IPA
tidak sekedar pembelajaran hafalan.
Fungsi mental yang lebih tinggi pada umumnya muncul dalam percakapan
atau kerja sama antarindividu sebelum fungsi mental yang lebih tinggi itu
terserap ke dalam individu tersebut. Jadi, pembelajaran terjadi apabila peserta
didik bekerja atau belajar menangani tugas-tugas yang belum dipelajari
namun tugas-tugas itu masih berada dalam jangkauan kemampuannya.
Peran guru dalam pembelajaran adalah memberikan tugas menantang
berupa permasalahan yang harus dipecahkan peserta didik. Pada saat tugas
itu diberikan, peserta didik belum menguasai cara pemecahannya, namun
dengan berdiskusi dengan temannya dan bantuan guru, tugas tersebut dapat
diselesaikan. Dengan menyelesaikan tugas tersebut, kemampuan-kemampuan
dasar untuk menyelesaikan tugas itu akan dikuasai peserta didik.
Guru IPA harus memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk berdiskusi
dan berbagai bentuk kerja sama lainnya untuk menyelesaikan tugas itu. Selain
itu, guru memberikan sejumlah besar bantuan kepada peserta didik selama
tahap-tahap awal pembelajaran. Selanjutnya peserta didik mengambil alih
tanggung-jawab yang semakin besar segera setelah ia dapat melakukannya.
Bantuan yang diberikan guru tersebut dapat berupa petunjuk, peringatan,
dorongan, menguraikan masalah ke dalam langkah-langkah pemecahan,
memberikan contoh, atau apapun yang lain yang memungkinkan peserta didik
tumbuh mandiri. Sekali lagi, bantuan tersebut tidak bersifat “memberitahu
secara langsung” tetapi “mendorong peserta didik untuk mencari tahu”.
4 Buku Guru Kelas VII SMP/MTs
Di dalam pembelajaran IPA, peserta didik didorong untuk belajar melalui
keterlibatan aktif dengan keterampilan-keterampilan, konsep-konsep,
dan prinsip-prinsip. Guru mendorong peserta didik untuk mendapatkan
pengalaman dengan melakukan kegiatan yang memungkinkan mereka
menemukan konsep dan prinsip-prinsip untuk diri mereka sendiri. Dengan
kata lain, pembelajaran terjadi apabila peserta didik terlibat secara aktif dalam
menggunakan proses mentalnya agar mereka memperoleh pengalaman,
sehingga memungkinkan mereka untuk menemukan beberapa konsep atau
prinsip tersebut. Proses-proses mental itu misalnya mengamati, menanya
dan merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, merancang eksperimen,
melaksanakan eksperimen, mengumpulkan dan menganalisis data, menarik
kesimpulan, serta menyajikan hasil kerjanya. Guru IPA harus mampu
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif atau kolaboratif
sehingga peserta didik mampu bekerjasama untuk menyelesaikan suatu tugas
atau memecahkan masalah tanpa takut salah.
Media dan sumber belajar lainnya digunakan guru untuk memberi bantuan
peserta didik melakukan eksplorasi dalam bentuk mengamati (observing),
menghubung-hubungkan fenomena (associating), menanya atau merumuskan
masalah (questioning), dan melakukan percobaan (experimenting) atau
pengamatan lanjutan. Guru IPA seharusnya mampu membantu peserta didik
untuk menyiapkan penyajian pengetahuan dengan bantuan TIK.
Pembelajaran IPA untuk tiap materi pokok tertentu seharusnya diakhiri
dengan tugas proyek. Guru IPA seharusnya mendorong, membesarkan
hati, memberi bantuan secukupnya, dan memfasilitasi peserta didik untuk
mampu melakukan tugas proyeknya, serta membuat laporan secara tertulis.
Selanjutnya, guru memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja
individual maupun kelompok dalam bentuk presentasi lisan atau tertulis,
pameran, turnamen, festival, atau ragam penyajian lainnya yang dapat
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya
diri peserta didik.
Perlu diketahui, bahwa KD IPA diorganisasikan ke dalam empat Kompetensi
Inti (KI). Kompetensi Inti (KI) 1 berkaitan dengan sikap diri terhadap
Tuhan Yang Maha Esa. Kompetensi Inti (KI) 2 berkaitan dengan karakter
diri dan sikap sosial. Kompetensi Inti (KI) 3 berisi KD tentang pengetahuan
terhadap materi ajar, sedangkan Kompetensi Inti (KI) 4 berisi KD tentang
Ilmu Pengetahuan Alam 5
penyajian pengetahuan. Kompetensi Inti (KI) 1, Kompetensi Inti (KI) 2, dan
Kompetensi Inti (KI) 4 harus dikembangkan dan ditumbuhkan melalui proses
pembelajaran setiap materi pokok yang tercantum dalam Kompetensi Inti (KI)
3. Kompetensi Inti (KI) 1 dan Kompetensi Inti (KI) 2 tidak diajarkan langsung
(direct teaching), tetapi indirect teaching pada setiap kegiatan pembelajaran.
Keterpaduan IPA SMP/MTs dalam pembelajaran diwujudkan dengan
berbagai cara:
1. Kompetensi Dasar (KD) IPA telah mengarah pada pemaduan. Guru dapat
mengimplementasikan pemaduan lebih lanjut di kelas.
2. Di dalam Buku pegangan bagi peserta didik, pemaduan IPA dilakukan
dengan merumuskan tema-tema besar yang menjadi tempat pemaduan
topik/subtopik IPA. Tema-tema tersebut adalah: materi, sistem, perubahan,
dan interaksi.
3. Pemaduan antar konsep dalam tema besar dilakukan secara connected, yakni
suatu konsep atau prinsip yang dibahas selanjutnya “menggandeng” prinsip,
konsep, atau contoh dalam bidang lain. Misalnya, saat mempelajari suhu,
suhu tidak hanya berkaitan dengan benda-benda fisik, namun dikaitkan
dengan perilaku hewan terkait suhu.
Terakhir, seorang guru IPA yang baik adalah:
1. Menguasai bahan, terutama konsep-konsep yang akan diajarkan. Dalam hal
ini guru harus dapat mengembangkan diri dan mengikuti perkembangan
IPA yang terjadi.
2. Bersikap kreatif dan aktif. Guru diharapkan selalu mengembangkan
kreativitas secara aktif dalam pelaksanaan pembelajaran, sehingga situasi
belajar tidak membosankan dan monoton.
3. Rajin belajar dan dapat membangkitkan semangat belajar peserta didik.
C. Keterampilan Proses
Tiga langkah kunci dalam proses pengembangan IPA (metode ilmiah)
adalah melakukan pengamatan, menginferensi (merumuskan penjelasan
berdasarkan pengamatan, termasuk menemukan pola-pola, hubunganhubungan,
serta membuat prediksi), dan mengomunikasikan. Pengamatan
untuk mengumpulkan data dan informasi, dengan panca indra dan/atau
alat ukur yang sesuai. Kegiatan inferensi meliputi merumuskan penjelasan
6 Buku Guru Kelas VII SMP/MTs
berdasarkan pengamatan, untuk menemukan pola-pola, hubungan-hubungan,
serta membuat prediksi. Hasil dan temuan dikomunikasian kepada teman
sejawat, baik lisan maupun tulisan. Hal-hal yang dikomunikasikan juga
dapat mencakup data yang disajikan dalam bentuk tabel, grafik, bagan, dan
gambar yang relevan. Tiga keterampilan kunci yaitu melakukan pengamatan,
menginferensi, dan mengomunikasikan inilah yang harus dilatihkan secara
terus-menerus dalam pembelajaran IPA kelas VII.
Secara rinci, keterampilan proses IPA dibedakan menjadi 2 kelompok
yaitu keterampilan proses dasar (basic skills) dan keterampilan proses
terintegrasi (integrated skills). Keterampilan proses dasar terdiri atas
mengamati, menggolongkan/mengklasifikasi, mengukur, mengomunikasikan,
menginterpretasi data, memprediksi, menggunakan alat, melakukan
percobaan, dan menyimpulkan. Sedangkan jenis-jenis keterampilan proses
IPA terintegrasi meliputi merumuskan masalah, mengidentifikasi variabel,
mendeskripsikan hubungan antarvariabel, mengendalikan variabel,
mendefinisikan variabel secara operasional, memperoleh dan menyajikan
data, menganalisis data, merumuskan hipotesis, merancang penelitian,
dan melakukan penyelidikan/percobaan. Pembelajaran IPA kelas VII SMP
melatihkan keterampilan proses dasar, serta mulai melatihkan keterampilan
proses terintegrasi.
D. Pembiasaan Sikap
Sikap (KD pada KI I dan KI II) dikembangkan melalui pembiasaan
dalam pembelajaran IPA dan keteladanan. Sikap-sikap seperti kejujuran,
ketekunan, kemauan untuk bekerja sama, dan lain-lain dikembangkan melalui
pembelajaran IPA. Keteladanan ini merupakan perilaku, sikap guru, tenaga
kependidikan, dan peserta didik dalam memberikan contoh melalui tindakantindakan
yang baik sehingga diharapkan menjadi panutan bagi peserta didik
lain.
E. Penilaian dalam Pembelajaran IPA
Penilaian dalam pembelajaran IPA menggunakan prinsip bahwa penilaian
adalah bagian dari pembelajaran, digunakan untuk membantu peserta didik
Ilmu Pengetahuan Alam 7
mencapai tujuan belajarnya. Oleh karena itu, penilaian dilakukan seiring
dengan pembelajaran, baik saat proses maupun di akhir proses.
Pada saat proses pembelajaran guru dapat menilai sikap peserta didik
untuk mendapatkan profile sikap peserta didik serta memberikan bantuan
untuk mengubah sikap yang negatif (misalnya apatis, pasif, menyerahkan
sepenuhnya pada anggota kelompok lain, dan lain-lain) menjadi positif. Selain
itu, saat pembelajaran, guru dapat menilai keterampilan peserta didik, baik
keterampilan berpikir maupun keterampilan psikomotorik.
Penilaian di akhir proses pembelajaran (suatu materi pokok tertentu) dapat
menggunakan teknik tes. Kegiatan ini dapat dilakukan beberapa kali sesuai
banyaknya dan kedalaman materi bab itu. Penilaian dapat dilakukan dengan
cara lisan, tugas, kegiatan, ulangan harian, ulangan mid semester, ulangan
akhir semester, sampai ujian nasional. Bentuk soal dapat merupakan pilihan
ganda, essay biasa, essay berstruktur, penelitian dan sebagainya. Mengingat
penilaian adalah bagian dari pembelajaran, apapun bentuk penilaian yang
dilaksanakan, sebaiknya dilakukan analisis hasil penilaian.
Tindak lanjut hasil penilaian dalam pembelajaran IPA meliputi pemberian
bantuan (scaffolding), remedial, dan pengayaan. Pemberian scaffolding
dilakukan guru berkenaan dengan penilaian proses. Misalnya, peserta didik
tidak dapat menimbang massa (berdasarkan observasi guru saat kegiatan
pembelajaran), maka guru memberikan bantuan seperlunya dan secara
berangsur bantuan itu dikurangi. Remedial dilakukan jika setelah mengikuti
ulangan, nilai peserta didik (KD-KD pada KI III dan KI IV), peserta didik
belum mencapai ketuntasan minimal yang ditetapkan satuan pendidikan.
Pengayaan dilakukan, jika setelah mengikuti ulangan, nilai peserta didik (KDKD
pada KI III dan KI IV), peserta didik telah di atas ketuntasan minimal
sedangkan peserta didik lain yang belum mencapai ketuntasan minimal
melakukan proses remedial. Pengayaan berupa tugas yang menyenangkan,
namun menantang. Untuk pengayaan, sebaiknya dihindari tugas-tugas yang
membosankan (misalnya mengerjakan soal hafalan), agar tidak dipersepsikan
peserta didik sebagai hukuman buat dia atas keberhasilannya.

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo