Skip to main content

Eksplorasi Kuliner Thailand di Thai Alley

1430962596292430159
Mural dan Suasana yang Santai
Thailand bukan hanya memiliki Tom Yam sebagai masakan khasnya. Negeri gajah putih ini memiliki beragam sajian yang mampu menggelitik lidah. Mulai dari hidangan pembuka seperti Poh Pia Tod, diikuti dengan Tom Yam Goong untuk membangkitkan selera, ayam rempah alias Gai Tod, dan ditutup dengan singkong manis berbalut saus santan kental atau Man Cham. Semua hidangan lezat ini tersaji cuma-cuma di Thai Alley saat merayakan hari jadinya ketiga
Semarak HUT ke-3 Thai Alley ini terlihat di padatnya antrian pengunjung yang ingin menikmati sajian lezat kuliner Thailand tanpa dipungut biaya. Program Thay Alley Eat for Free ini digelar di tiga gerai Thai Alley, di Puri Indah, Pacific Place, dan Gandaria City pada waktu yang ditentukan.
Di Gandaria City acara santap malam gratis ini berlangsung pukul 18.00-19.00 WIB. Ada 15 menu sajian populer khas Thailand yang bisa dipilih, dari hidangan pembuka, makanan utama, hingga hidangan penutup. Tak heran jika pengunjung membludak. Namun, meski pengunjungnya berjibun, tidak nampak aksi serobot. Semua pengunjung mengantri dengan tertib dan sabar.
Oleh karena saya mendapat undangan special, maka saya dan pasangan disambut oleh pihak manajemen Thai Alley dan diantar di meja yang telah disiapkan. Dan saya bisa pesan makanan sepuasnya tanpa antrian. Ada 15 menu dan display-nya nampak menggoda selera.
1430962494407740145
15 Menu Thai Alley Eat for Free
Oleh karena beberapa menu tampak asing, saya menanyakannya ke Pak Nico yang siap mencatat pesanan. Dengan sabar, ia menjelaskan secara ringkas masakan tersebut dari segi bahan utama dan cara memasaknya. Dan ia mendorong kami untuk memesan berbagai menu. Tawaran yang menyenangkan, tapi melihat porsi tiap menunya yang besar maka kami pun mempertimbangkan daya muat perut kami.
Kami kemudian memesan ikon Thailand, Tom Yam Goong; dan beberapa masakan lainnya seperti Gai Tod, Poh Pia Tod, dan Pad Prik Pao Talay. Sebagai hidangan penutup, kami memilih Man Cham. Sebagai penyegar, kami penasaran akan Thai Green Latte dan Thai Coffee.
Suasana Resto yang Santai
Sambil menunggu pesanan diantar ke meja, kami memperhatikan detail restoran. Thai Alley menyebut restoran mereka berkonsep seperti gang (alley) atau street food. Penyebutan street food ini dikarenakan mereka menyajikan makanan yang populer dan mudah dijumpai di pinggir jalan Thailand, yang kemudian dikemas dengan lebih menarik.
Konsep street food dan alley ini mereka tuangkan lewat mural di dinding resto, standessert yang dikemas seperti stan makanan pinggir jalan, serta pemilihan meja makan dan bangku pengunjung. Adanya mural serta pemilihan meja kursi yang dominan terbuat dari kayu dan dicat warna-warni ini membuat suasana lebih santai dan banyak disukai pengunjung dari berbagai kalangan usia di Thai Alley. Di rak sudut dekat kasir, terdapat dua patung gajah untuk memperkental nuansa khas Thailand.
1430962772775359626
Stan Dessert Seperti Gerobak Makanan Pinggir Jalan
143096287529720447
Ornamen Gajah Perkental Nuansa Khas Thailand
Yuk Mulai Berpetualang Rasa
Salah satu syarat untuk mencicipi masakan negeri tetangga adalah berani membuka diri dan siap-siap menerima kejutan. Dan hidangan pertama yang hadir di meja membuat saya tersenyum cerah. Inilah lumpia khas Thailand atau Poh Pia Tod (Thai Fried Spring Rolls).
14309629611889140662
Pod PiaTod: Lumpia ala Thailand
1430962310271186306
Kuliner Thailand di Thai Alley
Dari segi fisiknya, bentuknya mirip lumpia dengan kulit yang tipis dan renyah. Ukurannya mungil dan isiannya padat. Tidak ada teman berupa cabe rawit ataupun saus. Lumpia ini hadir dengan penuh rasa percaya diri.
Satu gigitan dan rasa lezat Poh Pia Tod terasa menyeruak. Rasanya gurih dengan rasa manis samar-samar. Rasa gurih ini merupakan hasil kerja sama yang baik antara kulit tipis dan isiannya yang terdiri dari sayuran dan ayam cincang.
Jika melihat namanya yang berawalan Poh, saya teringat akan Vietnam. Dan setelah saya telusuri, kudapan ini terpengaruh oleh kuliner Vietnam karena lokasi dua negara tersebut yang berdekatan.
Sepotong Poh Pia Tod membuat saya sumringah dan menyambut hangat hidangan berikutnya, Gai Tod, yang berupa potongan ayam goreng berempah dan daun basil yang sekilas mirip dengan hidangan ayam tangkap khas Aceh. Baru saja Gai Tod ditaruh di meja, ikon Thailand, Tom Yam Goong pun hadir, membuat saya memilih untuk mencicipinya terlebih dahulu dibandingkan Gai Tod.
14309631202084713122
Tom Yam Goong yang Menggoda
Tom Yam Goong ini disajikan dalam mangkok dengan uap yang masih mengepul. Dua buah udang berukuran besar yang utuh mengapung di permukaan kuah kemerahan dengan penuh keanggunan. Saya pun tergoda untuk segera menghirup kuahnya. Hemmm inilah awal kejutan yang saya tunggu.
Kuahnya tidak begitu pedas, aroma dan rasa asam segarnya yang lebih ditekankan. Aroma jeruk nipis berpadu dengan serai begitu kompak menghadirkan sensasi rasa asam segar yang menghentak. Rasa minyak yang melekat setelah menyantap lumpia, langsung menghilang. Sensasi asam segar ini memenuhi lidah dan kerongkongan.
Rasa asam segar ini berpadu dengan rasa gurih dan manis dari udang dan baso ikan. Selain udang, Tom Yam Goong ini berisi potongan tomat yang semakin menguatkan rasa asam segarnya.
Cita rasa Tom Yam ala Thai Alley ini mengingatkan saya pada pengalaman saya ketika berkunjung ke Bangkok. Bedanya, saat itu kuahnya lebih pedas, namun kesegaran dan keasamannya sangat mirip. Tak heran jika Thai Alley mengakui masakan mereka meskipun termasuk jenis street food dikemas seotentik mungkin dengan negeri asalnya.
1430963200420022180
Pad Prik Pao Talay yang Nikmat
Berbeda halnya dengan Pad Prik Pao Talay, meskipun sama-sama seafood, yaitu terdiri atas bahan utama udang, cumi-cumi, dan ikan, rasanya lebih dominan dengan rasa gurih dengan adanya tambahan pasta kedelai pada kuah kentalnya. Rasa segar di masakan ini diperoleh dari sayurannya. Sehat dan nikmat.
Sedangkan Gai Tod, seperti yang saya sebutkan di awal, penyajian dan rasanya mirip-mirip kuliner khas Aceh. Saya berpikir-pikir, Aceh adalah wilayah Indonesia di ujung timur laut, di mana lokasinya paling dekat dengan Semenanjung Melayu, jadi bisa jadi ada kemiripan kuliner di antara dua daerah tersebut.
14309632901928163974
Gai Tod: Ayam Goreng Berempah ala Thailand
Gai Tod terdiri atas potongan sayap ayam berempah yang digoreng garing dan kemudian disajikan dengan daun basil yang juga bisa disantap. Rasanya gurih dan karena potongan ayamnya kecil-kecil maka mudah disantap.
Sudah berbagai hidangan saya cicipi dan saya merasa puas. Di antara masakan tadi, Tom Yam Goong dan Pad Prik Pao Talay saya pilih sebagai juaranya. Satunya asam segar dan lainnya gurih nikmat.
Penyegar dan Pencuci Mulut sebagai Pamungkas Eksplorasi
Dua jenis minuman ini kami pilih karena menggunakan kata Thai sebagai nama minumannya. Saya belum pernah mencobai kedua minuman ini, dan kagum ketika melihat penampilannya yang cantik.
1430963353721859959
Thai Green Latte yang Unik
Green Tea Latte disajikan di gelas berukuran medium dengan perpaduan warna hijau dan putih yang melambangkan teh hijau dan putih latte serta busa di permukaannya. Setelah saya aduk dan saya reguk, saya tertegun sejenak. Cita rasa teh hijaunya begitu kental, dari segi aroma dan rasanya yang khas. Rasa green teaini lebih lembut berkat tambahan latte. Minuman ini tidak terlalu manis sehingga cocok bagi mereka yang kurang menyukai minuman manis.
1430963409375158319
Thai Iced Coffee dengan Aroma Khas
Sementara Thai Iced Coffee tampil lebih sederhana dengan mengandalkan perpaduan kopi Thailand dan susu. Minuman ini bisa disajikan dingin atau hangat. Begitu saya sesap, saya merasakan ada sensasi rasa yang berbeda, yaitu adanya kapulaga (cardamom). Pasangan saya menyukainya karena aroma dan rasanya khas. Sementara saya lebih menyukai Thai Green Latte.
Perjalanan eksplorasi kuliner Thailand di Thai Alley hampir berakhir ketika saya beralih ke menu hidangan penutup. Ada Man Cham yang berupa potongan singkong dengan rasa manis. Tatanan singkong ini permukaannya diguyur oleh santan kental yang gurih.
1430963490859434517
Man Cham: Penutup Mulut yang Lembut
Singkong sebenarnya tergolong makanan sederhana dan mudah dijumpai. Ketika singkong direbus dengan gula dan kemudian ditata cantik bersama saus santan, maka penampilannya pun menjadi naik kelas. Rasanya lembut, perpaduan manis singkong dan gurihnya santan yang serasi.
Eksplorasi kuliner Thailand di Thai Alley pun berakhir. Satu per satu pengunjung telah meninggalkan meja. Kami masih enggan meninggalkan meja jika tak melihat jarum jam yang telah bergeser dari angka delapan. Kegiatan eksplorasi masakan Thailand yang memuaskan dan meninggalkan kesan menyenangkan. Petugas restoran pun berucap terima kasih atas kunjungan para tamu, “Khob Khun Kha”.

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo