Skip to main content

PRAKTEK IPA KELAS 6 SD (MEMBUAT RANGKAIAN SERI PARAREL)



Assalamu'alikum, salam hangat kepada para pembaca semua, semoga Allah memberikan rahmat kepada kita semua.


Ujian praktek SD sudah di depan mata, guru pengampu mata pelajaran yang akan diujikan tentu sudah bersiap untuk mempersiapka anak-anaknya demikian pula tentu dengan segala macam tetek bengek peralatannya juga harus dipersiapkan dengan matang. Salah satu uji praktek yang dilaksanakan di tingkat SD adalah membuat atau merangakai rangkaian seri dan pararel. Bagi teman-teman guru yang membutuhkan cara pembuatan rangkaian seri dan parel silakan disimak hasil tulisan dari Sudamar Nursebagai berikut:


Rangkaian Seri adalah salah satu rangkaian listrik yang disusun secara sejajar (seri). Baterai dalam senter umumnya disusun dalam rangkaian seri.
Rangkaian Paralel adalah salah satu rangkaian listrik yang disusun secara berderet (paralel). Lampu yang dipasang di rumah umumnya merupakan rangkaian paralel. Rangakain listrik paralel adalah suatu rangkaian listrik, di mana semua input komponen berasal dari sumber yang sama. Semua komponen satu sama lain tersusun paralel. Hal inilah yang menyebabkan susunan paralel dalam rangkaian listrik menghabiskan biaya yang lebih banyak (kabel penghubung yang diperlukan lebih banyak). Selain kelemahan tersebut, susunan paralel memiliki kelebihan tertentu dibandingkan susunan seri. Adapun kelebihannya adalah jika salah satu komponen dicabut atau rusak, maka komponen yang lain tetap berfungsi sebagaimana mestinya
Gabungan antara rangkaian seri dan rangkaian paralel disebut rangkaian seri-paralel (kadang disebut sebagai rangkaian campuran atau rangkaian kombinasi).
Bahan-bahan yang diperlukan:
  1. Papan Kayu
  2. Soldier + Tenol
  3. Steroform
  4. Lem Steroform
  5. Lem Alteco
  6. Pasah Kayu
  7. Bor Listrik
  8. Cutter
  9. Penggaring
  10. Jack Banana male + Female
  11. Piting lampu
  12. Lampu 1,5 volt (6 buah)
  13. Baterai 1,5 volt AA (2 buah)
  14. Baterai 9 volt (1 buah)
  15. Kertas dan Pena untuk menulis keterangan
  16. Pemotong kayu (geraji)
  17. Pensil
  18. Pemotong Steroform
Cara Membuat Media Pembelajaran:
Rangkaian listrik seri dan paralel ini masuk dalam pembelajaran Sekolah Dasar, dikenalkan pada kelas 6 dan selalu keluar di dalam setiap ujian. Bagaimana cara membuat media sederhana untuk anak SD. Mari kita ulas bersama.
1. Siapkan bahan dan alat-alat yang diperlukan.
2. Papan kayu sebagai dasar dibuat sketsa untuk tempat yang akan dibor sebagai rangkaian.
3. Borlah papan kayu sesuai dengan gambar dan hati-hati agar papan jangan sampai pecah.
4. Setelah bor selesai lubangilah papan kayu dengan menggunakan pahat (tatah) untuk membuat tempat saklar.
5. Setelah semua dilubangi, potonglah papan dengan menggunakan geraji.
6. Pasahlah kayu menggunakan pasah listrik supaya permukaan papan menjadi halus dan atur tebal papan agar jack banana dapat terpasang dengan baik.
7. Pasanglah socket banana female pada lubang yang telah dibor tadi.
8. Setelah socket banana terpasang, menggunakan soldier dan tenol sambunglah socket tersebut menjadi satu rangkaian.
9. Siapkan kabel dan pasangkan dengan jack banana.
10. Pada piting lampu, berilah lem supaya kuat agar pada saat pemasangan dan pelepasan lampu tidak goyang sehingga menyebabkan rangkaian putus atau tidak menyambung.
11. pasangkan jack banana dengan socket banana sesuai dengan rangkaian paralel atau rangkaian seri dan pasang baterai.
12. Ukurlah steroform dan potong sesuai dengan papan menggunakan cutter steroform agar hasil lebih rapi.
13. Lem steroform dengan papan kayu menggunakan lem khusus steroform agar hasil lebih baik dan steroform tidak kalah dengan lem sehingga meleleh, tunggu beberapa menit lalu rekatkan.
14. Rangkaian diteliti kembali dan cobalah.
15. Setelah rangkaian bekerja, tinggal pasang label keterangan agar memudahkan siswa dan belajar.
16. Rangkaian paralel dan ragkaian seri sederhana untuk pembelajaran anak Sekolah Dasar sudah jadi.
Semoga dengan pembahasan ini guru, calon guru, semua kalangan dapat menerapkan pada sekolah anda mengajar sehingga siswa akan mampu memahami lebih dalam tentang rangkaian yang masuk dalam pembelajaran IPA ini, dan biaya yang dibutuhkan sekitar 130 ribu untuk seluruh pembelian bahan dan alat, menurut saya cukup murah dan kreatifitas kita terasah daripada kita harus membeli jadi alat praktek tersebut.







Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo