Skip to main content

Tunjangan Guru Tak Juga Lancar


 Pembayaran tunjangan profesi guru bagi guru bersertifikat untuk triwulan pertama tahun 2013 hingga Jumat (10/5) dilaporkan tidak juga lancar di sejumlah daerah. Pembayaran tunjangan profesi guru swasta yang diambil alih pemerintah tetap terlambat dari yang dijanjikan.
Maret lalu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, pembayaran tunjangan profesi guru (TPG) nonpegawai negeri sipil akan disamakan dengan biaya operasional sekolah (BOS), yakni untuk triwulan pertama pada 9-16 April 2013. Hingga pertengahan Mei ini, banyak guru yang tak kunjung menerima TPG.
Dede Permana, Koordinator Forum Guru Swasta Jawa Barat, mengatakan, kucuran TPG guru non-PNS di Kota Cirebon hingga Jumat kemarin belum ada. Ketentuannya, para guru seharusnya sudah mendapat pembayaran TPG April lalu untuk Januari- Maret 2013.
”Pembayaran TPG guru non-PNS atau swasta tahun lalu disalurkan provinsi. Tahun ini, diambil alih Kemdikbud, tetapi malah terlambat. Tak seperti dijanjikan. Pembayaran TPG tak pernah beres, baik pemerintah daerah maupun pusat,” kata dia menjelaskan.
Nuh mengatakan, pengambilalihan pembayaran TPG sebagian guru ke pusat untuk melihat keefektifan penyaluran. Mengacu kasus BOS, penyaluran lebih tepat waktu oleh pemerintah pusat. Namun, dalam kasus penyaluran TPG guru swasta, nyatanya tetap molor dari ketentuan Kementerian Keuangan.
Wijaya Kusumah, guru SMP Labschool Jakarta, mengatakan, pembayaran TPG juga belum diterima banyak guru di Ibu Kota. ”Tidak jelas kenapa guru yang bersertifikat di sekolah saya dan sekolah lain di Jakarta belum menerima,” kata dia.
Beda realitas
Menurut Wijaya, yang juga pengurus Ikatan Guru Indonesia, pendataan guru daring (online) lewat Data Pokok Pendidikan (Dapodik) merugikan banyak guru. Padahal, pemenuhan ketentuan 24 jam mengajar tiap guru sebagai syarat memperoleh tunjangan terpenuhi, tetapi sistem tak mengakui realitas di lapangan.
”Soal sertifikasi guru selalu bermasalah, beda dengan dosen yang lebih lancar. Padahal, para guru ini selalu siap memenuhi berkas yang diminta,” ujar dia menjelaskan.
Di Indragiri Hilir, Riau, Muhamad Fadli, guru SDN, mengeluhkan pembayaran TPG yang terhambat akibat banyak guru yang datanya tidak terverifikasi di sistem daring Dapodik. Di sana, hanya 500 guru dari 2.000 guru bersertifikat yang datanya terverifikasi.
”Kami kecewa karena pembayaran TPG guru yang sudah terverifikasi tidak bisa dilakukan dinas pendidikan di sini. Padahal, kami sudah mendapat SK pembayaran dari Kemdikbud dan memenuhi berkas yang diminta. Kenapa hak kami mendapatkan TPG di triwulan pertama tetap terlambat?” kata Fadli, yang juga Sekretaris DPC Federasi Guru Independen Indonesia (FGII) Kabupaten Indragiri Hilir.
Menurut dia, para guru tidak pernah dibuat tenang soal pembayaran TPG. Tahun lalu, para guru bahkan terpaksa mendatangi DPRD karena pembayaran TPG tertahan enam bulan.
”Untuk guru PNS, pembayaran oleh dinas pendidikan daerah. Kondisinya parah, tidak pernah ada perbaikan, justru tambah buruk,” kata dia.
Sementara itu, Tati Nurmilawati, pengurus FGII Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, mengatakan, pembayaran TPG untuk guru swasta SMA/SMK lebih lambat dibandingkan dengan guru di SD-SMP. Para guru sekolah menengah baru menerima TPG pada hari Jumat.
”Namun, ada juga guru yang tidak dibayarkan TPG-nya karena pendataan di Dapodik yang tidak terverifikasi. Kami minta supaya pemerintah mempermudah guru untuk mendapat haknya,” ujar Tati.

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo